Bagi Kamu Pengguna Handphone Android Lawas Versi ini Siap-siap, Layanan Gmail dan YouTube Tak Bisa Lagi Diakses Mulai 27 September Mendatang

Kamis, 05 Agustus 2021 | 20:15
pixabay

Ada beberapa keuntungan saat kita menggunakan fitur root android

GridHype.ID - Apakah kamu salah satu pengguna handphone android?

Pengguna sistem operasi android bisa dibilang besar di dunia.

Jumlahpengguna android ini sendiri mencapai 3 miliar.

Kendati demikian, sistem pengguna android versi ini bakal tidak bisa mengakses layanan Google dan YouTube.

Ya, melansir dari Kompas.com, masih banyak yang belum tahu,segera ganti ponsel android lama anda jika tak ingin hal ini terjadi setelah tanggal 27 September.

Terlebih jika kamu masih menggunakan ponsel android lama lebih baik segera ganti.

Menurut Google, versi Android lama ini kemungkinan memiliki kerentanan dan dapat membahayakan akun.

Pasalnya, ponsel Android lama akan segera mendapat masalah yang cukup merugikan penggunaannya.

Google memaksa pemilik ponsel dengan sistem operasi (OS) Android lawas untuk meng-upgrade ponselnya.

Baca Juga: Cara Perbaiki Eror 'Google Terus Berhenti' di Handphone Android, Mulai dari Restart Ponsel Hingga Hapus Cache

Hal ini setidaknya terlihat dari e-mail yang dikirimkan ke pengguna yang masih menjalankan OS Android jadul, baru-baru ini.

Outlet media 91mobiles melaporkan, dalam e-mail tersebut, Google mengumumkan bahwa, ponsel Android versi 2.3.7 atau yang lebih lawas, tidak akan lagi didukung untuk melakukan proses login ke akun Google, mulai Jumat 27 September.

"Untuk tetap bisa menggunakan aplikasi Google di ponsel ini (Android lawas), update ponsel ke Android versi 3.0 Honeycomb, atau lebih baru," tulis Google dalam e-mail perusahaan, baru-baru ini.

Adapun pengguna Android yang terdampak dengan kebijakan Google ini di antaranya adalah pemilik ponsel yang masih menjalankan OS Android versi:

- 1.0, 1.1, 1.5 Cupcake

- 1.6 Donut

- 2.0 Eclair

-2.2 Froyo

-2.3 Gingerbread

Baca Juga: Tak Hanya Update OS Terbaru, Rutin Bersihkan Cache Handphone Android Bisa Bikin Ponselmu Nggak Mudah Lemot dan Lelet

Karena tak bisa login/sign in ke akun Google, artinya pengguna Android yang terdampak juga tak bisa lagi login ke aplikasi Gmail, YouTube, Drive, Maps, dan Google Play Store, setelah 27 September.

Langkah penghentian dukungan sign in pada Android lawas ini dilakukan Google dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan pengguna.

Kendati demikian, menurut Google, pengguna Android lawas masih bisa menggunakan layanan Google seperti Search, Drive, dan Gmail melalui borwser web bawaan ponsel Android, atau browser web lain.

Sebagai informasi, pada sistem operasi Android lawas, browser web bawaan ponsel saat itu belum Google Chrome buatan Google.

Dihimpun KompasTekno dari 91mobiles, Senin (2/8/2021), kebijakan Google soal Android lawas ini agaknya hanya akan berdampak pada sebagian kecil pengguna.

Mengingat, Android versi 2.3.7 Gingerbread sendiri pertama kali dirilis lebih dari satu dekade yang lalu, atau tepatnya pada 2010. Dan pada 2021 ini, Google sendiri sudah merilis versi beta dari Android 12.

Baca Juga: Beberapa Aplikasi Android di Handphone-mu Tiba-tiba Eror atau Crash, Coba Praktikkan Cara ini untuk Atasi Masalah

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Kompas Tekno, KOMPAS.com

Baca Lainnya