5 Negara Dinobatkan Majalah Global Finance Sebagai Terkaya di Dunia, Salah Satunya Surga Pajak Perusahaan Terbesar

Selasa, 27 Juli 2021 | 12:00
needpix.com

Qatar, salah satu negara terkaya di dunia.

GridHype.ID - Ada 5 negara yang dinobatkan sebagai negara terkaya di dunia.

5 negara ini dinobatkan sebagai negara terkaya seperti yang dikutip Global Finance.

Melansir dari berbagai sumber, negara terkaya ini juga berasal dari Asia Tenggara juga ternyata.

Meski Indonesia tidak masuk sebagai sebagai salah satunya, negara tetangga masuk dalam daftar.

Adalah Negara kecil seperti Singapura dan Brunei Darussalam mendapatkan keuntungan.

Beberapa negara kecil tetapi kaya mendapatkan keuntungan karena memiliki sektor keuangan dan rezim pajak yang canggih untuk menarik investasi asing dan pekerja profesional masuk ke wilayahnya.

Melansir dari berbagai sumber, dari daftar 5 negara terkaya di dunia, tiga negara di antaranya berada di Asia.

Sementara dua negara dari daftar tersebut berada di kawasan Asia Tenggara.

Ada beberapa hal yang membuat suatu negara diberi julukan sebagai negara terkaya di dunia, misalnya dari pendapatan per kapita para warga negaranya hingga besarnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Dilansir dari Kontan.co.id, dirangkum dari Global Finance, berikut daftar 5 negara terkaya di dunia:

1. Qatar

Negara di Timur Tengah ini menjadi negara terkaya pertama di dunia dengan PDB-PPP mencapai US$ 132.886.

Melansir dari Kompas.com, sumber kekayaan negara Qatar berasal dari cadangan minyak, gas, dan petrokimianya yang besar.

Sumber kekayaan Qatar adalah cadangan minyak, gas, dan petrokimia negara itu begitu besar, arsitektur ultramoderen, pusat perbelanjaan mewah, dan kuliner yang mampu menarik investor maupun turis mancanegara berkunjung ke negara tersebut.

Baca Juga: 10 Negara di Dunia yang Ternyata Kebal Terhadap Covid-19, Masih Nol Kasus Sejak Awal Pandemi Merebak

Sementara jumlah penduduknya sangat kecil yakni hanya mencapai 2,8 juta orang. Hal ini membuat Qatar berhasil menduduki puncak daftar negara terkaya di dunia selama 20 tahun.

Meski demikian, Qatar juga termasuk salah satu negara yang terdampak pandemi corona dengan lebih dari 100.000 kasus positif terkonfirmasi.

Namun, yang mengejutkan, perekonomian diproyeksikan akan terus tumbuh dalam jangka menengah di tengah peningkatan produksi gas dan investasi menjelang Piala Dunia 2022.

2. Luksemburg

Luksemburg adalah negara terkaya kedua di dunia. Negara kecil di Eropa ini selama ini dikenal sebagai negara yang memiliki kastil, pemandangan pedesaan, dan festival budaya maupun gastronomi.

Namun, negara dengan penduduk sebanyak 600.000 orang ini ternyata memiliki jauh lebih banyak hal yang bisa ditawarkan baik kepada wisatawan mancanegara maupun warganya.

Dilansir dari Kompas Tv, Luksemburg sendiri menggunakan sebagian besar kekayaannya untuk menghadirkan perumahan, perawatan, kesehatan, dan pendidikan yang lebih baik bagi masyarakatnya.

Tak salah jika negara ini sejauh ini menikmati standar hidup tertinggi di wilayah Eropa.

Namun, wabah virus corona memaksa banyak bisnis tutup dan pekerja kehilangan pekerjaan.

Statec, layanan statistik pemerintah nasional, telah menyatakan bahwa mereka memperkirakan resesi akan berlangsung sesingkat mungkin, dan bahwa pada tahun 2021 PDB negara tersebut akan pulih sebesar 7% dari -6% tahun ini.

3. Singapura

Singapura menjadi surga fiskal dan dividen bebas pajak bagi sejumlah perusahaan kelas dunia.

Sejumlah orang terkaya di dunia pun lebih memilih untuk hidup negeri kecil tersebut.

Sebut saja Zhang Yong, salah satu orang terkaya di dunia dengan perkiraan kekayaan bersih US$ 16 miliar yang memilih tinggal di Singapura.

Selain itu, ada juga salah satu pendiri Facebook, Eduardo Saverin dengan perkiraan kekayaan bersih US$ 14 miliar yang juga memilih tinggal di Singapura.

Baca Juga: Rencana Indah Pernikahan Rizky Billar dan Lesty Kejora Harus Ditunda, Sosok ini Sebutkan Tujuan Negara yang Jadi Incaran Bulan Madu

Ketika negara kota itu merdeka pada tahun 1965, setengah dari populasinya buta huruf. Dengan hampir tidak ada sumber daya alam, Singapura berhasil bangkit melalui kerja keras dan kebijakan cerdas, menjadi salah satu tempat paling ramah bisnis di dunia.

Saat ini, Singapura adalah pusat perdagangan, manufaktur, dan keuangan yang berkembang pesat (bahkan yang terpenting 97% dari populasi orang dewasa sekarang melek huruf).

Namun, bukan berarti bahwa Singapura telah kebal dari efek pandemi global.

Pada kuartal kedua tahun ini ekonomi Singapura anjlok 41%, membuat negara tersebut terperosok dalam resesi untuk pertama kalinya dalam satu dekade.

4. Brunei Darussalam

Selain Singapura, negara di kawasan Asia Tenggara yang masuk dalam daftar 5 negara terkaya di dunia adalah Brunei Darussalam.

Negara yang dipimpin Sultan Hassanal Bolkiah ini memiliki kekayaan yang luar biasa yakni sekitar 28 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 392 triliun. Nilai tersebut 50 kali lipat kekayaan Ratu Elizabeth di Inggris,

Bahkan, kekayaan tersebut lebih dari 50 kali kekayaan Ratu Elizabeth di Inggris. Kekayaan Brunei Darussalam berasal dari cadangan minyak dan gas alam.

Sementara Sultan Hassanal Bolkiah tinggal di dalam istana dengan 1.788 kamar, termasuk 257 kamar mandi, ruang perjamuan yang dapat menampung hingga 5.000 tamu, masjid untuk 1.500 orang, kandang ber-AC untuk 200 kuda polo, 5 kolam renang dan 18 lift.

Baca Juga: Heboh WHO Tetapkan Indonesia Sebagai Negara Berisiko Tinggi Penularan Covid-19, Kemenkes Langsung Beri Klarifikasi ini

5. Irlandia

Di posisi terakhir dalam daftar 5 negara terkaya di dunia adalah Irlandia.

Pertumbuhan ekonomi negara di kawasan Eropa ini sepertinya tidak terbendung.

Melansir dari Kompas TV, Pada 2019, Irlandia meningkat lebih dari 5,5 persen mengkonsolidasikan perannya sebagai negara dengan pertumbuhan tercepat di benua tersebut.

Sementara seluruh Eropa menghadapi semua jenis ketidakpastian seperti Brexit, ketegangan perdagangan dengan AS, krisis pengungsi dan migran, ekonomi Irlandia terus meningkat.

Irlandia memiliki PDB-PPP sebesar 83.399 dollar AS atau setara dengan Rp 1,1 miliar dan jumlah penduduk kurang dari 5 juta jiwa.

Selain itu, Irlandia adalah salah satu surga pajak perusahaan terbesar di dunia.

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Kompas TV, Kontan.co.id

Baca Lainnya