Tidak Perlu Harus Online, Fitur Terbaru WhatsApp ini Ternyata Bisa Digunakan di 4 Perangkat Secara Bersamaan loh, Begini Cara Menggunakannya

Kamis, 15 Juli 2021 | 12:07
Photo by Anton from Pexels

menyadap WhatsApp menggunakan nomor hape atau email di iphone

GridHype.ID - Aplikasi berbagi pesan atau chat paling populer dan banyak digunakan adalah WhatsApp.

Apalagi banyak sekali informasi yang mencantumkan nomor WhatsApp sebagai media komunikasinya.

Bahkan mulai jual beli barang, informasi toko, hingga pmesanan bisa melalui nomor WhatsApp yang bisa dihubungi.

Baca Juga: Kamera WhatsApp Ngzoom Sendiri, Ternyata Hanya dengan Lakukan Hal ini Bisa Atasi Masalah Tersebut, Mudah Banget!

Melansir dari Nextren, agar bisa saling berkirim pesan, syarat yang harus dipenuhi adalah pengguna harus menyimpan nomor orang yang ingin dihubungi di daftar kontak.

Asyiknya, ternyata hal itu bisa dilakukan lewat fitur bernama "Click to Chat".

Lewat fitur "Click to Chat" ini kalian bisa memulai chat tanpa harus menyimpan nomor telepon tujuan ke daftar kontak.

Baca Juga: Jarang Digunakan oleh Masyarakat Negara Paman Sam, Kenapa Orang Amerika Tak Pakai WhatsApp?

Selain itu, siapa sangka WhatsApp akan menggulirkan fitr terbaru.

Salah satunya memungkinkan satu akun dapat terhubung ke beberapa perangkat sekaligus tanpa bergantung pada ponsel dengan nomor telepon yang terdaftar.

Melansir dari Kompas.com, fitur ini sudah ditunggu-tunggu pengguna karena cara kerjanya mirip akun media sosial/e-mail yang bisa "login" di mana pun.

Baca Juga: Tak Perlu Buru-buru Hapus Kontak, Pakai Fitur Baru WhatsApp Memungkinkan Kamu untuk Sembunyikan Chat

Pengguna ibarat bisa "login" WhatsApp di laptop, komputer, dan tablet, tanpa ponsel dengan WhatsApp yang online.

Fitur dukungan multi-perangkat ini sudah tersedia bagi pengguna WhatsApp versi Beta di Android/iOS dan WhatsApp Business versi Beta.

Adapun jumlah perangkat yang bisa terhubung sekaligus mencapai empat perangkat, baik dari smartphone, tablet, atau PC (desktop/laptop).

Baca Juga: Biar Kantong Nggak Cepat Jebol Gara-gara Kuota Boros, Pakai Cara ini untuk Hemat Pemakaian Data di Aplikasi WhatsApp

Yang menarik, fitur ini tetap bisa digunakan meski ponsel, dengan nomor telepon yang terdaftar WhatsApp, tidak terhubung dengan internet. Misalnya, ketika ponsel pengguna tiba-tiba mati karena kehabisan baterai atau memiliki koneksi internet yang buruk.

WhatsApp mengklaim bahwa percakapan pribadi masih menggunakan sistem enkripsi secara end-to-end.

Artinya, pihak lain bahkan pihak WhatsApp sendiri tidak dapat mengaksesnya.

Baca Juga: WhatsApp Keluarkan Sanksi Bagi Penggunanya yang Masih Bandel Tak Setujui Kebijakan Baru, Salah Satunya Tak Bisa Membaca Pesan WA

"Setiap pesan dienkripsi secara individual menggunakan sesi enkripsi yang berlaku di setiap perangkat. Pesan pribadi Anda juga tidak akan disimpan di server kami setelah pesan itu dikirim," tulis WhatsApp.

Sebagai informasi, pengguna WhatsApp selama ini memang bisa menggunakan smartphone dan WhatsApp Web atau desktop secara bersamaan.

Namun, untuk menggunakan WhatsApp Web atau aplikasi di komputer, WhatsApp harus terhubung dengan ponsel, sebagai perangkat utama, dengan akses internet yang selalu aktif.

Baca Juga: Kelewat Sultan, Terbongkar Isi Chat WhatsApp Raffi Ahmad ke Nagita Slavina Bahas Sofa Harga Fantastis Capai Rp 1 Miliar

Dengan hadirnya dukungan multi-perangkat ini, pemakaian WhatsApp di beberapa perangkat berbeda seperti desktop, laptop, dan ponsel lain bakal lebih mudah.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Washington Post, Kamis (15/7/2021), WhatsApp belum memastikan kapan fitur ini diluncurkan secara resmi kepada seluruh penggunanya.

Bagi pengguna WhatsApp Beta yang sudah kedapatan fitur ini, mereka bisa menjajal dukungan multi-perangkat dengan cara berikut:

Baca Juga: Ada 6 Bantuan yang Dipastikan Cair Bulan Mei 2021, Segera Cek Daftar Penerimanya Untuk BLT Rp 300 Ribu dan PKH

1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu (Android/iOS).

2. Lalu, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas untuk membuka menu pengaturan (Opsi Lainnya). Selanjutnya, pilih "Tautkan Perangkat" dan ikuti petunjuk yang ditampilkan.

3. Selanjutnya, pilih "Tautkan Perangkat" dan ikuti petunjuk yang ditampilkan.

4. Android: Jika perangkat Anda tidak mengaktifkan autentikasi biometrik, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN yang digunakan untuk membuka layar kunci. iOS: Setelah memilih opsi "Tautkan Perangkat", kamu bisa langsung mengeklik "Oke".

Baca Juga: Isi Grup WhatsApp Keluarga Terkuak, Tabiat Putri Delina Pada Nathalie Holscher Akhirnya Terbongkar, Sule: Kalau Saya Berpikiran Positif Lah

Di iOS 14 atau yang lebih baru, gunakan Touch ID atau Face ID untuk membuka layar kunci.

Jika tidak mengaktifkan autentikasi biometrik, kamu akan diminta untuk memasukkan PIN yang digunakan untuk membuka layar kunci.

5. Klik centang pada opsi "Tetap Masuk" di layar yang menampilkan kode QR Anda baik di perangkat PC (desktop/laptop) atau tablet agar tetap terhubung dengan akun WhatsApp di ponsel Anda (perangkat utama).

Baca Juga: Beredar Ini Chat WhatsApp Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Isinya Bahas Mobil dan Sofa Mewah Bak Beli Kacang Rebus

6. Nantinya,kamu diminta untuk memindai kode QR pada komputer atau perangkat lain yang ingin Anda hubungkan dengan ponsel Anda (perangkat utama).

7. Jika sudah,kamu cukup menekan tombol "Selesai".

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Kompas.com, nextren.grid.id

Baca Lainnya