Sederet Pengobatan Ini Disebut Paling Efektif Sembuhkan Pasien Kanker Payudara Stadium Dini, Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya!

Senin, 05 Juli 2021 | 19:00
Freepik.com

Ilustrasi Kanker Payudara

GridHype.ID - Seperit diketahui, kanker payudara masih menjadi penyakit kronis yang ditakuti banyak orang, terutama para wanita.

Pasalnya, kanker payudara bisa merenggut nyawa pasiennya apabila sudah memasuki stadium lanjut.

Karena itulah, ada baiknya kamu segera melakukan pemeriksaan ke dokter apabila merasakan gejala awal kanker payudara.

Melansir dari Kompas.com, kanker payudara adalah kondisi ketika sel payudara tumbuh di luar kendali dan membentuk tumor ganas di payudara.

Baca Juga: Gejala Awal Sering Diabaikan, Kasus Kanker Payudara Tahap Lanjut Masih Tinggi di Indonesia

Sama seperti jenis penyakit kanker lainnya, seberapa parah kanker payudara dapat dilihat berdasarkan stadiumnya.

Stadium menunjukkan seberapa banyak sel kanker di payudara dan bagaimana penyebarannya.

Masing-masing stadium dapat memunculkan gejala kanker payudara yang berbeda, sehingga cenderung membutuhkan penanganan yang berbeda pula.

Kanker payudara stadium 4 merupakan tingkatan kanker payudara paling parah atau paling akhir.

Baca Juga: Muncul Benjolan Asing di Payudara? Waspada Jadi Salah Satu Ciri Kanker Payudara

Kanker payudara stadium 4 berarti bahwa sel kanker yang pertama kali muncul di payudara telah bermetastasis atau menyebar ke area lain di tubuh.

Sementara itu, apabila kamu masih berada pada stadium dini, ada baiknya segera melakukan pengobatan.

Melansir dari Tribunnews.com, Spesialis Bedah Onkologi dr Sonar Soni Panigoro mengatakan pengobatan kanker payudara stadium dini sangat dibutuhkan untuk kesembuhan pasien.

Melalui penyembuhan, menurutnya, pasien dapat kembali produktif menjalani kehidupannya.

Baca Juga: Kasus Kanker Payudara Tahap Lanjut Masih Tinggi, Hal Inilah Penyebab

Hal tersebut diungkapkan oleh Sonar pada Webinar Akses Penanganan Kanker Payudara HER2 Positif, Tantangan dan Harapan.

“Tujuan pengobatan kanker payudara pada stadium dini tidak hanya untuk mengontrol penyakit tetapi juga kuratif atau mencapai kesembuhan, sehingga pasien dapat kembali menjalani kehidupannya secara produktif," ujar Sonar melalui keterangan tertulis, Rabu (17/3/2021).

Sonar mengungkapkan terapi target dengan trastuzumab dan kemoterapi sangat dibutuhkan untuk para pasien kanker payudara stadium dini.

Terapi ini terbukti efektif pada kanker payudara HER2-positif stadium dini.

Baca Juga: Studi Penelitian Sebut Manfaat Tahu untuk Mengurangi Resiko Kanker Payudara, Tapi Jangan Dimakan Berlebihan Jika Tidak ingin Hal ini Terjadi

"Dengan trastuzumab dan kemoterapi yang dapat meningkatkan angka kesintasan dan menurunkan risiko kekambuhan pasien," ujar Sonar.

Pengobatan yang optimal pada kanker payudara stadium dini, menurut Sonar, akan berpotensi untuk meringankan beban pasien, keluarga pasien, sekaligus membantu sistem kesehatan negara ini.

"Kehadiran JKN telah mempermudah akses terhadap diagnosis, namun perlu diikuti dengan penanganan kanker payudara HER2-positif yang komprehensif untuk meningkatkan hasil pengobatan," tutur Sonar.

Baca Juga: Jangan sampai Tertipu! Ini Dia Sederet Mitos soal Kanker Payudara yang Wajib Kamu Ketahui

Sementara itu, Ketua Umum Indonesian Cancer Information and Support Center (CISC) Aryanthi Baramuli Putri meminta akses penanganan kanker payudara stadium dini maupun stadium metastasis menjadi perhatian bagi pemerintah.

"Penting bagi kita semua untuk terus mendorong terciptanya kesetaraan akses kesehatan dasar bagi semua perempuan di Indonesia, terutama untuk pasien kanker payudara HER2 stadium dini," ucap Aryanthi.

Seperti diketahui, berdasarkan riset Kementerian Kesehatan sebanyak 90 persen pasien kanker payudara di Indonesia berusia produktif antara 25-55 tahun.

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya