Bibir dan Mulut Terasa Gatal Bahkan Perih Saat Makan Nanas? Ternyata Ini Penyebabnya

Rabu, 30 Juni 2021 | 14:15
freepik.com

Nanas terkadang membuat lidah dan mulut terasa gatal bahkan perih

GridHype.id- Nanas adalah salah satu buah yang banyak digandrungi masyarakat.

Selain rasa disukai, buah ini juga dapat dengan mudah diperoleh di pasaran.

Namun tak jarang juga sejumlah orang menghindari nanas karena kerap membuat mulut dan bibir terasa gatal, perih, bahkan mengalami sensasi terbakar.

Bahkan mengonsumsi nanas sesekali dapat membuat mulut dan bibir terasa seperti terbakar.

Dikutip dari Kompas.com (29/6/2021), rasa perih dan gatal tersebut disebabkan oleh enzim bromelain yang terkandung di dalamnya.

Sebuah situs milik University of Melbourne menyatakan bahwa enzim tersebut dapat sedikit merusak lapisan mulut kita sehingga menimbulkan rasa perih bahkan terbakar.

Baca Juga: Sedang Ramai Dibicarakan Lantaran Harga yang Dinilai Tak Wajar, Ketahui Kandungan Gizi Pecel Lele dan Harga yang Direkomendasikan Berikut ini

Enzim bromelain tersebut sebenarnya berfungsi untuk memecah protein.

Meski demikian, asam yang ada dalam perut mampu memecah bromelain sehingga nanas tidak menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan.

Selain enzim tersebut, rupanya nanas juga memiliki asam dengan tingkat pH antara 3,20 hingga 4,00 yang dapat membuat area mulut dan lidah terasa perih.

Menurut Cleveland Clinic dilansir dari Kompas.com, makanan asam seperti nanas mampu memicu sariawan bahkan memperburuk sariawan yang sudah diderita sebelumnya.

Makanan asam juga mampu menyebabkan heartburn.

Dikutip dari alodokter.com (17/3/2021), heartburn merupakan sensasi perih dan panas seperti terbakar di dada, namun kondisi ini masih termasuk normal dan umum terjadi.

Baca Juga: Mematikan Lampu Saat Tidur Rupanya Mampu Tingkatkan Kesehatan Reproduksi, Berikut Penjelasannya

Meski bromelain pada nanas mampu menyebabkan rasa perih yang mengganggu, rupanya enzim ini juga mampu mengurangi peradangan hidup dan menghilangkan kulit mati dari luka bakar.

Hal tersebut disampaikan oleh National Center of Complementary and Integrative Health (NCCIH).

Mencegah Sensasi Terbakar

Meski konsumsi nanas dapat menimbulkan rasa tidak enak di area mulut, namun hal itu dapat dicegah dengan melakukan beberapa hal.

Salah satunya adalah dengan cara merendam nanas di air garam selama semalaman sebelum dimakan.

Baca Juga: Bak Pisau Bermata Dua, Rupanya Kedelai Mampu Mencegah Namun Juga Bisa Memperparah Kanker Payudara, Berikut Faktanya

Ada pula cara lain yang disinyalir lebih efektif menghilangkan senyawa bromelain penyebab rasa perih tersebut, yaitu dengan cara memanaskan nanas.

Cara ini dapat diterapkan dengan mengolah nanas menjadi menu makanan lain.

Apabila dua cara tersebut sudah dilakukan dan masih merasakan gatal atau perih, kemungkinan Anda memiliki alergi yang disebut dengan sindrom alergi oral.

American Academi of Allergy, Asthma and Immunilogy mengatakan bahwa sindrom alergi oral dapat terjadi ketika seseorang mengalami alergi terhadap serbuk sari sehingga merasakan gatal atau bahkan bengkak di dalam mulut setelah mengonsumsi suatu makanan.

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, alodokter.com

Baca Lainnya