Biasa Ada di Resep Makanan, 5 Manfaat Daun Kari yang Ternyata Bisa Melawan Kanker Payudara

Rabu, 23 Juni 2021 | 11:45
SPICEography

Daun Kari untuk uban

GridHype.ID - Daun kari atau Murraya koenigii adalah daun yang berasal dari pohon kari.

Pohon kari sendiri diketahui banyak ditemukan di India.

Biasanya daun kari dimanfaatkan untuk pengobatan herbal atau jadi bahan campuran resep makanan.

Baca Juga: Pemakaian Deodoran Bisa Picu Kanker Payudara, Fakta atau Mitos Semata?

Daun kari memiliki aroma dan rasa yang kuat sehingga cocok untuk menambahkan rasa dan aroma khas pada berbagai hidangan, terutama masakan India dan Timur Tengah.

Selain digunakan memperkuat rasa pada makanan, daun kari juga menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Melansir dari Healthline, Kamis (10/6/2021), berikut ini beragam manfaat daun kari untuk kesehatan.

Mengandung senyawa kuat

Daun kari kaya akan zat pelindung seperti alkaloid, glikosida, dan senyawa fenolik yang memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, penelitian menyebut bahwa daun kari juga mengandung banyak senyawa lainnya seperti linalool, alpha-terpinene, myrcene, mahanimbine, caryophyllene, murrayanol, dan alpha-pinene.

Baca Juga: Pertambahan Usia Ternyata Berpengaruh pada Risiko Munculnya Kanker Payudara, Ini Penjelasannya

Senyawa tersebut berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh sehingga terbebas dari radikal bebas dan penyakit berbahaya lainnya.

Meningkatkan kesehatan sistem saraf dan otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kari dapat membantu melindungi kesehatan sistem saraf dan otak sehingga mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer, yakni penyakit otak progresif yang ditandai dengan hilangnya neuron dan tanda-tanda stres oksidatif.

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa pengobatan oral dengan ekstrak daun kari dosis tinggi dapat meningkatkan kadar antioksidan pelindung otak, termasuk glutathione peroxidase (GPx), glutathione reductase (GRD), dan superoxide dismutase (SOD), dalam sel otak.

Antikanker

Daun kari mengandung senyawa yang memiliki efek antikanker, termasuk menghambat pertumbuhan jenis kanker payudara yang agresif.

Studi menggunakan tabung reaksi menemukan bahwa ekstrak daun kari mengubah pertumbuhan dua jenis sel kanker payudara serta penurunan viabilitas sel hingga sel kanker payudara.

Selain itu, ekstrak daun kari telah terbukti beracun bagi sel kanker serviks.

Baca Juga: Mulai Sekarang, Hindari Memasak Ikan dengan Cara Ini Jika Ingin Terhindar dari Kanker Payudara!

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa senyawa alkaloid dalam daun kari, yakni girinimbine, dapat menginduksi kematian sel kanker usus besar.

Menurunkan gula darah

Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun kari membantu menurunkan kadar gula darah tinggi dan melindungi tubuh terhadap gejala yang berhubungan dengan diabetes, termasuk nyeri saraf dan kerusakan ginjal.

Efek antiinflamasi

Daun kari mengandung berbagai senyawa antiinflamasi. Sebuah pnelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun kari dapat membantu mengurangi gen dan protein terkait dengan peradangan atau inflamasi.

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Healthline, kompas

Baca Lainnya