Pemerintah Tak Hanya Bagikan Bansos Berupa Uang Tunai, Bantuan Sembako Juga Disalurkan Kemensos Pada 18,8 Juta KPM, Begini Cara Cek Penerimanya

Jumat, 04 Juni 2021 | 15:30
Tribunnews.com

Foto ilustrasi warga dapat bantuan pangan non tunai atau BPNT

GridHype.ID - Hingga Juni 2021, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) masih menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa uang tunai dan bantuan sembako pada masyarakat terdampak covid-19.

Kemensos membagikan tiga bantuan sosialyaitu bansos tunai Rp200 ribu, PKH, dan BPNT alias bantuan sembako.

Melansir kompas.com,pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 42,5 triliun dan menyasar 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia untuk program bantuan sembako.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: 6 Posisi Tidur Ini Bisa Bongkar Seperti Apa Kepribadianmu, Meski Harta Kekayaannya Seolah Tak Habis sampai Dinanti-nanti Bansos Tunai Rp300 Ribu Cair

Lantas, siapa saja yang menjadi penerima bansos ini?

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos Asep Sasa Purnama mengatakan, bansos sembako diberikan untuk keluarga miskin dan rentan, yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Ini harus terdaftar di DTKS, karena mekanismenya berbeda dengan yang kemarin. Ini penyalurannya melalui Himbara ke rekening masing-masing, tidak berupa barang," kata Asep saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/1/2021).

Baca Juga: Segera Meluncur ke Laman Resmi Kemensos untuk Cek 3 Bantuan Sosial ini, Apakah Namamu Jadi Salah Satu Penerima

Asep mengatakan, bansos sembako diberikan setiap bulan selama setahun, mulai Januari hingga Desember 2021.

Sementara mengutip tribunnews.com, bantuan sembako senilai Rp 200 ribu atau yang dikenal dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) juga masih akan cair pada Juni 2021.

Adapun penyaluran BPNT melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerja sama dengan bank.

Baca Juga: Masih Ada 3 Bantuan dari Kemensos yang Cair Juni 2021, Apakah Kamu Termasuk Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu, PKH dan Bantuan Sembako?

Setiap Kepala Keluarga (KK) akan menerima bantuan senilai Rp 200.000 per bulan.

Bantuan ini diwujudkan dalam bentuk kebutuhan pangan, misalnya beras 15 kg, telur 1 kg, kacang hijau 1/2 kg, atau buah jeruk.

Untukdapat mengecek apakah kamu termasuk penerima BPNT bisa kunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Dinanti-nanti, Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair Bulan Juni 2021, Coba Cek Daftar Penerima Bantuannya Lewat Langkah Ini

Cara Cek Penerima BansosSembako

1. Pertama, buka laman cekbansos.kemensos.go.id.

2. Kemudian, masukkan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan.

3. Lalu, masukkan nama lengkap sesuai KTP.

4. Setelah, itu masukkan kode pada kolom.

6. Terakhir, klik tombol "cari".

Baca Juga: Berikut Bantuan yang Cair Bulan Juni 2021, Ada Bansos Tunai Rp 300 Ribu, BLT UMKM sampai Bantuan Sembako

Nantinya akan muncul hasil pada data pencarian, berupa alamat penerima, periode bansos, dan identitas penerima.

Sistem akan mencocokkan nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan wilayah yang diinput dan membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya