Jajaki Fase Pertumbuhan Baru dari Gojek dan Tokopedia, Nama GoTo Ternyata Punya Arti yang Mendalam

Rabu, 19 Mei 2021 | 09:15
kompas.com

Gojek dan Tokopedia Merger

GridHype.ID- Dua perusahaan raksasa yang namanya begitu familiar di Indonesia, Gojek dan Tokopedia telah resmi merger.

Perusahaan yang berpusat pada pelayanan online ini bergabung membentuk perusahaan induk baru yang dinamakan GoTo.

Bergabungnya perusahaan yang bersatatus decacorn dan unicorn itu didukung oleh banyak investor seperti Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google, hingga Tencent.

Saat ini, GoTo menjadi kolaborasi usaha terbesar perusahaan internet dan layanan media di Asia.

CEO Grup ini kini dipegang oleh Andre Soelistyo yang merupakan Co-CEO Gojek, sedangkan presiden Grup GoTo diduduki oleh Patrik Cao dari dari Tokopedia.

Baca Juga: Tokopedia dan Gojek Resmi Bersatu Menjadi GoTo, Lalu Bagaimana dengan Nasib OVO? Begini Prediksinya

Penamaan GoTo yang dijadikan induk perusahaan ini tak hanya lantaran penggabungan nama Gojek dan Tokopedia.

Namun nama yang dipilih tersebut memiliki makna yang mendalam bagi berlangsungnya kinerja perusahaan ini dan juga perkembangan bangsa Indonesia.

“(Arti GoTo) merupakan semangat di balik persatuan ini,” ungkap Wiliam Tanuwijaya CEO Tokopedia dilansir dari Kompas.com (18/5/2021).

Dirinya juga menyatakan bersatunya dua perusahaan hijau itu dapat menghasilkan perusahaan gabungan yang lebih kuat.

GoTo digadang-gadang akan menjadi perusahaan yang bervisi misi kuat serta mampu mengantar bangsa menuju kemajuannya.

Kombinasi model bisnis dari Gojek dan Tokopedia akan memperluas jenis layanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Bagi Konsumen, Grup GoTo akan hadir semakin dekat untuk memberikan lebih banyak solusi dan kemudahan dalam keseharian mereka,” ujar Andre.

Baca Juga: Ramai Di Media Sosial Soal Gojek-Tokopedia Merger Jadi GoTo, Lalu Seperti Apa Model Bisnisnya?

Penamaan GoTo sekaligus melambangkan semangat gotong royong yang melandasai penggabungan kedua perusahaan raksasa itu.

Landasan gotong royong milik kehidupan masyarakat Indonesia membawa inspirasi bagi terbentuknya GoTo.

Hal tersebut secara resmi tersirat pada video perkenalan GoTo yang diunggah di masing-masing kanal youtube Gojek dan Tokopedia.

“Dari gotong-royong, semangat Indonesia dalam bekerja bersama, demi memperluas kesempatan hidup yang lebih baik,” dikutip dari kanal Youtube Gojek (17/5/2021).

Dengan demikian diharapkan bersatunya dua perusahaan tersebut dapat memberikan pelayanan yang memadai bagi masyarakat Indonesia melalui berbagai sektor yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

(*)

Tag

Editor : Nailul Iffah

Sumber Kompas.com, Youtube.com