20 Tahun Sukses Akali Hukum dan Tinggal Gratis di Rumah Orang, Simak Kasus Penghuni Liar Asal Amerika Serikat Ini

Jumat, 07 Mei 2021 | 13:45
(BRIGITTE STELZER via DAILY MAIL)

Guramrit Hanspal penghuni liar rumah yang membelinya pada 1998, tapi hanya membayar satu kali pembayaran hipotek dan tidak pernah berhasil digusur.

GridHype.ID - Pria ini berhasil puluhan tahun lolos dari hukum.

Diketahui pria asal Amerika Serikat (AS) memanfaatkan celah hukum pengadilan, sehingga menjadi penghuni liar rumah yang bukan miliknya selama 23 tahun secara gratis.

Adalah Guramrit Hanspal, ia dilaporkan hanya pernah mengangsur pembayaran hipotek satu kali, sebesar 1.602 dollar AS (RP 23 juta) sebelum gagal bayar.

Rumah seluas 2.081 kaki persegi itu sejatinya dia “beli” seharga 290.000 dollar AS (Rp 4,2 miliar) pada 1998.

Baca Juga: Cuma Modal Garam hingga Plastik, Ini Nih Cara Gampang untuk Usir Lalat dari Dalam Rumah

Untuk menghindari penggusuran dari rumah di East Meadow - Long Island tersebut, pria 52 tahun itu telah mengajukan empat tuntutan hukum dan mengklaim bangkrut tujuh kali.

Sejauh ini, itu tipu dayanya berhasil.

Dua bank berbeda dan sebuah perusahaan real estat telah menyita rumah dengan tiga kamar tidur dan 2,5 kamar mandi sejak tahun 2000.

Tapi Hanspal tetap tinggal. Menurut New York Post, Hanspal bukan satu-satunya penghuni rumah yang memanfaatkan aturan "tinggal otomatis" menurut Undang-undang Kebangkrutan AS.

Aturan tersebut memberikan penangguhan hukuman sementara, kepada debitur dari semua upaya penagihan, pelecehan, dan penyitaan jika dinyatakan bangkrut.

Setidaknya tiga orang lain mendaftarkan rumah di 2468 Kenmore St. sebagai alamat mereka. Itu dilakukan setelah mereka mengajukan kebangkrutan di pengadilan federal Brooklyn, dan memenangkan aturan "tinggal otomatis."

Tapi beda nasib dengan Hanspal, catatan pengadilan menunjukkan bahwa klaim mereka akhirnya ditolak.

“Ini benar-benar sekelompok orang yang lebih dari bersedia untuk menggunakan pengadilan dan menyalahgunakan pengadilan sejauh yang mereka butuhkan, untuk memperpanjang hunian ilegal mereka,” kata pengacara Jordan Katz, yang mewakili pemilik properti Diamond Ridge Partners saat ini.

Baca Juga: Gempar Kasus Sate Beracun, Ini Kata Ahli Forensik Soal Kalium Sianida yang Sempat Digunakan Dalam Industri Pertambangan: Berefek pada Kerusakan Organ Vital

Sejarah litigasi Hanspal "sangat panjang dan kotor," kata Katz.

Menurutnya, meskipun pernah melihat penghuni yang tinggal di rumah sitaan sebelumnya,

"tidak ada yang pernah mendekati lama waktu tinggal seperti dilakukan Hanspal." "Dia tidak menempati properti itu secara resmi. Itu adalah penghinaan," kata Katz.

Pada Mei 2000, Bank Washington Mutual berhasil menyita rumah tersebut, dan Hanspal "selamanya dilarang" dari klaim apa pun atas properti tersebut, menurut keputusan penyitaan.

Tapi Hanspal tidak pernah pergi. Pada Januari 2001, dia mengajukan klaim kebangkrutan pertamanya.

(ZILLOW )
(ZILLOW )

Rumah Long Island terlihat relatif rapi dari luar, tetapi tidak dalam kondisi bagus di dalam dengan Mercedes model terbaru terparkir di depan rumah bersama dengan mobil Volkswagen.

Dia melanjutkan ke arsip lain pada November 2001, dua pada 2002 dan satu pada 2003. Jika pengajuan kebangkrutan tidak berhasil, Hanspal pergi ke pengadilan negara bagian untuk meminta bantuan.

Terkadang dia bertindak sebagai pengacara untuk dirinya sendiri, menurut perintah pengadilan pada Agustus 2005 dari Hakim Wilayah Nassau Burton S. Joseph.

Sementara itu, pada 2004, Hanspal mentransfer akta rumah tersebut kepada seorang teman, Rajender Pal.

Padahal dia tidak memiliki hak hukum untuk melakukannya, menurut surat pengadilan. Pal, kemudian menggunakan alamat rumah tersebut untuk mengajukan kebangkrutan pada 2005, dan mencegah penggusuran lagi.

Baca Juga: Beredar Foto Nani Apriani Pakai Daster Kuning di Balik Jeruji Besi, Kapolsek Bantul Bongkar Kejadian di Balik Viralnya Potret Tersangka Kasus Sate Beracun Sianida

Hakim Joseph pada 2005, mengancam sanksi kepada dua pelaku tersebut. Mereka dinyatakan telah berperilaku sembrono dan “memanfaatkan” sistem pengadilan dan kebangkrutan sebagai perisai.

Dengan modus untuk keluar dari jeratan hutang.

Tapi kemudian pada 2008, bank Washington Mutual bangkrut, terdampak krisis finansial terbesar dalam sejarah Amerika.

Asetnya akhirnya diambil alih oleh JP Morgan Chase.

Tapi otoritas bank baru itu, juga tidak dapat menggusur Hanspal, dan justru terkunci dalam litigasi dengannya selama bertahun-tahun.

Hanspal diketahui mengajukan setidaknya tiga tuntutan hukum terhadap JP Morgan Chase di Mahkamah Agung Nassau.

Kedua belah pihak juga sedang dalam pertarungan hukum di pengadilan federal Brooklyn.

Hanspal mengklaim di surat pengadilan itu bahwa Chase melakukan "penipuan terang-terangan" pada 2010, dengan mencoba mengusirnya ketika tidak memiliki hak atas rumah yang layak, dan menuduh bank menahan dana "surplus" dari lelang properti sebelumnya.

Chase mengecam Hanspal karena "menyumbat berkas pengadilan" dengan klaim "yang sangat sembrono".

Baca Juga: Nikmat Disantap, Berikut 4 Makanan Penyebab Kanker Payudara, Mulai Dikurangi Ya!

Pada Mei 2018, Chase menurunkan properti itu ke Diamond Ridge, yang menawarkan Hanspal 20.000 dollar AS (Rp 288 juta) untuk pergi.

Tapi pria itu tidak mengambil kesepakatan itu, dan sebaliknya, mengajukan pailit lagi pada 2019 dan 2020.

Penghuni rumah lainnya, Boss Chawla, mengajukan kebangkrutan empat kali pada 2019, seperti yang dilakukan warga lain - yang diduga bernama John Smith - yang mengajukan satu kali.

"Sepertinya selalu ada penghuni baru yang muncul di saat-saat terakhir," kata pengacara Diamond Ridge, Katz. Tapi mereka kata dia, tidak pernah muncul di pengadilan.

Setidaknya satu hakim berpikir sudah waktunya Hanspal pergi.

"Sejarah kasus ini yang berlangsung selama sekitar 20 tahun harus segera berakhir," tulis Hakim Distrik Nassau Scott Fairgrieve dalam persidangan pengadilan perumahan pada Desember 2019.

Diamond Ridge telah menghabiskan 150.000 dollar AS (Rp 2,1 miliar) untuk biaya hukum dan membayar 50.000 dollar AS (Rp 721 juta) pajak properti sejak membeli rumah, kata anggota Max Sold.

Baca Juga: Pemerintah Alokasikan Anggaran Rp4,66 Triliun Untuk Stimulus Listrik Periode April - Juni 2021, Begini Syarat dan Cara Terima Subsidi Listrik

Dia menambahkan bahwa "sampai tulisan ini diterbitkan pada Selasa (4/5/2021), pihaknya masih belum melihat ada jalan akhir terlihat untuk kasus ini."

Katz mengatakan, pandemi ini dapat memberi Hanspal penangguhan hukuman lagi.

Pasalnya, akibat Covid-19, pengadilan perumahan New York telah mencegah mereka mengejar upaya penggusuran.

Hanspal tidak membalas pesan. Seorang wanita yang menjawab bel di Kenmore Street dan mengidentifikasi dirinya sebagai penyewa mengatakan Hanspal tidak ada di rumah, yang menampilkan setidaknya tiga mobil tanpa pelat nomor di jalan masuk.

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Kompas

Baca Lainnya