Deddy Corbuzier dan Luna Maya Cibir Habis-habisan Peserta INTM yang Alami Eating Disorder, Netizen: Lulusan Psikologi Bisa Ngomong Gitu?

Rabu, 24 Maret 2021 | 14:45
tribunnews.com

Deddy Corbuzier dan Luna Maya dikecam Netizen

GridHype.ID - Deddy Corbuzier dan Luna Maya kembali mendapat sorotan.

Kali ini dua juri dari Indonesia's Next Top Model (INTM) itu dicibir netizen lantaran dianggap tak peka pada penderita eating disorder.

Pernyataan Deddy Corbuzier dan Luna Maya terhadap salah satu kontestan yakni Ilene, dinilai tidak menghargai perihal kesehatan mental yang dialaminya.

Baca Juga: BERITA POPULER: Deddy Corbuzier Ingin Sang Anak Ikuti Jejaknya Jadi Mualaf Hingga Nikita Mirzani yang Sebut Penghasilannya Capai Rp1,2 Triliun dalam Setahun

Ilene yang masuk top 5 INTM menceritakan tentang salah satu konsep fotonya di tepi pantai, dimana dia sekarang berhasil melawan depresi dan menerima dirinya apa adanya. "Dulu pernah depresi tapi udah lewatin itu dan sekarang udah tahu siapa diri aku, aku kayak menghargai siapa aku sekarang," ujar Ilene, dikutip dari YouTube Indonesia's Next Top Models, Selasa (23/3/2021).

Deddy langsung memotong penjelasan Ilene dan mengaku heran kenapa bisa depresi, karena Ilene memiliki wajah cantik, tubuh tinggi.

Ilene menjelaskan kalau dia juga awalnya tidak tahu itu gangguan mental, dan baru tahu setelah mengunjungi psikolog.

"Diagnosanya eating disorder, kayak pernah dua kali. Yang pertama jadi pengin makan terus yang kedua enggak pengin makan apa-apa," kata Ilene.

Luna Maya kemudian menanggapi ucapan Ilene dengan menyebut dirinya juga eating disorder karena banyak makan.

"Saya suka banget makan, jadinya saya eating disorder kali ya," ucap Luna.

Baca Juga: Jadi Juri Ajang Pencarian Bergengsi, Luna Maya dan Deddy Corbuzier Malah Banjir Hujatan, Disebut Tak Peduli Kesehatan Mental Kontestannya

"Anda memang mental health," imbuh Deddy tertawa.

"Oh gitu ya," sambung Luna.

Kemudian Luna menanggapi ucapan Ilene dengan mengucap rasa tidak percayanya,"hah serius?" dan Ilene hanya bisa tersenyum.

Ilene menceritakan bagaimana eating disorder itu pertama terjadi, dimana dia merasa tekanan di dunia model, bully dan body shaming membuatnya menjadi seperti itu.

Kemudian Deddy merespons dengan mengatakan itu sebagai hal yang wajar jika ada tuntutan di dunia kerja.

Youtube Indonesia's Next Top Model

Deddy Corbuzier dan Luna Maya dikritik oleh netizen setelah dianggap mengejek peserta Indonesia Next Top Model, Ilene, ketika menceritakan eating disorder yang pernah dialaminya.

"Memang ketika menentukan sebuah profesi, tuntutannya jadi seperti itu, jadi saya tidak merasa itu sebagai body shaming kalau saya," ujar Deddy.

"Mungkin aku aja kurang kuat pada waktu itu," jawab Ilene.

Video Ilene itu rupanya menimbulkan keprihatinan warganet.

Baca Juga: Charly van Houten Didapuk Jadi Saksi Nikah, Vicky Prasetyo Sah Nikahi Mantan Istri Deddy Corbuzier, Ibunda Kalina Ocktaranny Tak Kuasa Bendung Air Mata Sambil Berikan Pesan Ini

Mereka tak menyangka Deddy dan Luna bisa bicara seperti itu pada orang yang pernah mengalami gangguan mental, eating disorder.

"Kaget lulusan psikologi bisa ngomong gitu," kata akun @distusyalpas.

"Kok masnya gitu sih, nangis nih, pen peluk mbak Ilene nya, mana masuk tv nasional pulak," tulis akun @vnderstvd.

"Sejak kapan orang cantik tidak bisa depresi," tulis akun @casdeservesbees.

"Deddy Corbuzier dan Luna Maya, kalian berdua sebagai orang dewasa saya yakin tahu kalau kesehatan mental bukan sesuatu yang bisa dijadikan lelucon," tulis akun @TUANIENN.

Melansir dari Alodokter.com, gangguan makan apabila tak segera ditangani bisa berdampak fatal salah satunya akan menimbulkan berbagai komplikasi.

Semakin parah dan lama gangguan makan yang dialami, makin besar risiko terjadinya kompllikasi. Komplikasi yang dapat terjadi akibat gangguan makan adalah:

Baca Juga: Gagal Nikah karena Terhalang Restu Orangtua Akibat Konflik, Kalina Ocktaranny Terang-terangan Sebut Hubungannya dengan Sang Gladiator Settingan

  • Pertumbuhan terhambat.
  • Gangguan mental, seperti depresi dan kecemasan, bahkan sampai muncul
  • keinginan bunuh diri.
  • Penurunan prestasi di sekolah atau kualitas kerja.
  • Terganggunya hubungan sosial.
  • Gangguan fungsi organ tubuh.
(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : kompas, alodokter.com

Baca Lainnya