Jadi Juri Ajang Pencarian Bergengsi, Luna Maya dan Deddy Corbuzier Malah Banjir Hujatan, Disebut Tak Peduli Kesehatan Mental Kontestannya

Rabu, 24 Maret 2021 | 08:30
Kolase YouTube Luna Maya/ INTM/ Instagram mastercorbuzier

Luna Maya dan Deddy Corbuzier isebut Menghina Model yang Pernah Alami Gangguan Jiwa

GridHype.ID - Belum lama ini ajang pencarian bakat model, Indonesias's Next Top Model (INTM) mencuri perhatian publik.

Hal ini lantaran sikap para juri yang dianggap tidak menghargai soal kesehatan mental yang dialami salah satu kontestannya.

Ya, Deddy Corbuzier dan Luna Maya yang didapuk sebagai juri INTM mendapat serangan netizen usai menganggap gangguan mental Ilene sebagai bahan candaan.

Melansir dari kompas.com,Ilene yang masuk top 5 INTM menceritakan tentang salah satu konsep fotonya di tepi pantai, dimana dia sekarang berhasil melawan depresi dan menerima dirinya apa adanya.

Baca Juga: 5 Tahun Pacari Luna Maya tapi Malah Nikahi Sahabatnya, Rupanya Reino Barack Punya Kekesalan Tingkat Dewa pada Sang Mantan Kekasih sampai Nyerah Hadapi Tabiatnya

"Dulu pernah depresi tapi udah lewatin itu dan sekarang udah tahu siapa diri aku, aku kayak menghargai siapa aku sekarang," ujar Ilene, dikutip dari YouTube Indonesia's Next Top Models, Rabu (24/3/2021).

Deddy langsung memotong penjelasan Ilene dan mengaku heran kenapa bisa depresi, karena Ilene memiliki wajah cantik dan tubuh tinggi.

Ilene menjelaskan kalau dia juga awalnya tidak tahu itu gangguan mental, dan baru tahu setelah mengunjungi psikolog.

Baca Juga: Ariel NOAH dan BCL Duet Mesra di Atas Panggung Sampai Bikin Ruben Onsu Tanya Hal Ini pada Luna Maya, Mantan Kekasih Reino Barack Justru Bongkar Inisial Lelaki Idamannya

"Diagnosanya eating disorder, kayak pernah dua kali. Yang pertama jadi pengin makan terus yang kedua enggak pengin makan apa-apa," kata Ilene.

Mengutip dari healthline.com, eating disorder atau gangguan makan adalah serangkaian kondisi psikologis yang menyebabkan berkembangnya kebiasaan makan yang tidak sehat.

Mereka mungkin mulai dengan obsesi pada makanan, berat badan, atau bentuk tubuh.

Dalam kasus yang parah, gangguan makan dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius dan bahkan dapat mengakibatkan kematian jika tidak ditangani.

Mereka yang mengalami gangguan makan dapat mengalami berbagai gejala.

Namun, sebagian besar termasuk pembatasan makanan yang parah, makan berlebihan, atau perilaku buang air kecil seperti muntah atau olahraga berlebihan.

Baca Juga: Langsung Nikahi Syahrini, Reino Barack Punya Alasan Kenapa Tinggalkan Luna Maya yang 5 Tahun Dipacarinya: Enggak Usah Galak-galak Amat

Gangguan makan dapat menyerang siapa saja tetapi paling umum di antara wanita muda.

Beberapa faktor penyebab munculnya gangguan makan termasuk genetika, biologi otak, ciri-ciri kepribadian, dan cita-cita budaya.

Seperti yang diwartakan kompas.com, Luna Maya pun kemudian menanggapi ucapan Ilene dengan menyebut dirinya juga eating disorder karena banyak makan.

Baca Juga: Ariel NOAH dan Bunga Citra Lestari Mesra saat Berduet di Atas Panggung, Luna Maya Malah Bongkar Inisial Sang Kekasih

"Saya suka banget makan, jadinya saya eating disorder kali ya," ucap Luna.

"Anda memang mental health," imbuh Deddy tertawa.

"Oh gitu ya," sambung Luna.

Kemudian Luna menanggapi ucapan Ilene dengan mengucap rasa tidak percayanya, "hah serius?" dan Ilene hanya bisa tersenyum.

Ilene menceritakan bagaimana eating disorder itu pertama terjadi, dimana dia merasa tekanan di dunia model, bully dan body shaming membuatnya menjadi seperti itu.

Kemudian Deddy merespons dengan mengatakan itu sebagai hal yang wajar jika ada tuntutan di dunia kerja.

"Memang ketika menentukan sebuah profesi, tuntutannya jadi seperti itu, jadi saya tidak merasa itu sebagai body shaming kalau saya," ujar Deddy.

Baca Juga: Beri Tas Mewah Ratusan Juta Rupiah hingga Berani Peluk Mesra Luna Maya saat Hadiri Kondangan Bersama, Ternyata Sosok Ini Bukan Orang Sembarangan

"Mungkin aku aja kurang kuat pada waktu itu," jawab Ilene.

Video Ilene itu rupanya menimbulkan keprihatinan netizen.

Mereka tak menyangka Deddy dan Luna bisa bicara seperti itu pada orang yang pernah mengalami gangguan mental, eating disorder.

Baca Juga: Kecantikan Luna Maya Makin Terpancar dalam Balutan Saree, Bos TV yang Dulu Pernah Pepet Ayu Ting Ting Kini Kepergok Peluk Mesra Mantan Kekasih Ariel NOAH di Acara Pernikahan Produser Film India

"Kaget lulusan psikologi bisa ngomong gitu," kata akun @distusyalpas.

"Kok masnya gitu sih, nangis nih, pen peluk mbak Ilene nya, mana masuk tv nasional pulak," tulis akun @vnderstvd.

"Sejak kapan orang cantik tidak bisa depresi," tulis akun @casdeservesbees.

"Deddy Corbuzier dan Luna Maya, kalian berdua sebagai orang dewasa saya yakin tahu kalau kesehatan mental bukan sesuatu yang bisa dijadikan lelucon," tulis akun @TUANIENN.

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com, healthline.com

Baca Lainnya