Bela Habis-habisan Mark Sungkar yang Terseret Kasus Korupsi, Zaskia Sungkar Ungkap Jika Nominal Uang yang Dikorupsi Tak Seberapa: Enggak Susah Dicari secara Halal

Jumat, 12 Maret 2021 | 14:15
Kolase Instagram/@santiasokamala/Wartakota

Zaskia/Shireen Sungkar - Mark Sungkar

GridHype.ID - Sekian lama bungkam soal kabar Mark Sungkar yang terlibat korupsi, Zaskia dan Shireen Sungkar akhirnya angkat suara.

Dua kakak-beradik itu benar-benar tak percaya sang ayah terlibat atas tindakan tersebut.

Zaskia Sungkar bahkan menegaskan, jika sampai hari ini ayahnya, Mark Sungkar, tidak pernah kekurangan uang.

Baca Juga: Nyaris Sebulan Tidur di Balik Dinginnya Jeruji Besi, Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar Tak Kunjung Berbalas Rindu dengan Sang Ayah, Pengacara Bongkar Kondisi Mark Sungkar

Menurut Zaskia Sungkar, uang senilai Rp 399,7 juta merupakan nominal yang mudah untuk didapatkan keluarganya dengan cara yang benar.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam tayangan video di kanal YouTube The Sungkars Family berjudul "TANGGAPAN KITA TENTANG PAPA" yang diunggah pada 10 Maret 2021.

Pernyataan Zaskia Sungkar ini merupakan bentuk pembelaan untuk Mark Sungkar yang didakwa memperkaya diri sebesar Rp 399,7 juta terkait kasus dugaan laporan keuangan fiktif dana kegiatan Pelatihan Asian Games 2018 di Bandung, Jawa Barat.

"Ini masalahnya, kita syoknya tuh, 'hah, Rp 300 juta-an?'.

Maaf banget, maksudnya uang segitu bukan suatu hal yang susah untuk dicari buat kita secara halal.

Kenapa harus ambil yang haram gitu kan" kata Zaskia seperti dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube The Sungkars Family, Kamis (11/3/2021).

Oleh karena itu, Zaskia dan adiknya, Shireen Sungkar, menyarankan sang ayah untuk mengembalikan uang tersebut kepada negara.

Baca Juga: Didakwa Rugikan Negara Rp694 Juta, Hunian Megah Bak Istana hingga Perkawinannya dengan Perempuan 45 tahun Lebih Muda darinya Jadi Sorotan

Padahal, Zaskia menyebut uang tersebut merupakan hak Mark Sungkar dan para atlet yang tergabung dalam Pelatnas Asian Games 2018 di Bandung, Jawa Barat.

Istri artis peran Irwansyah itu yakin Mark Sungkar tidak melakukan hal yang melanggar hukum dan orang yang anti dengan korupsi.

"Papa juga berpikiran bahwasannya sudah selesai karena sudah dikembalikan.

Makanya pas difitnahnya segitu, ya kita juga bingung. Enggak ada untungnya juga papa ambil segitu, enggak ada untungnya.

(Tangkapan layar YouTube KH INFOTAINMENT)

Aktor senior Mark Sungkar

Enggak mungkin papa memperkaya diri sendiri dengan segitu," tegas Zaskia.

Adapun, Mark Sungkar yang juga mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PPFTI) terjerat kasus korupsi.

Ayah Shireen dan Zaskia Sungkar ini didakwa memperkaya diri Rp 399,7 juta atas laporan keuangan fiktif kegiatan dana Pelatnas Asian Games 2018 di Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Demi Perkaya Diri, Ayah Shireen Sungkar Tega Gondol Uang Negara Sebesar Rp 694 Juta Atas Laporan Keuangan Fiktif Dana Pelatnas

Dalam dakwaannya, Mark Sungkar disebut tidak segera mengembalikan dana sisa kegiatan ke kas negara yang ditransfer pihak The Cipaku Garden Hotel.

Diketahui pada 2017, Mark Sungkar mengajukan proposal kegiatan bertajuk "Era Baru Triathlon Indonesia" ke Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) senilai Rp 5,072 miliar.

Namun, sisa uang Rp 399,7 juta dari kegiatan tersebut diduga digunakan untuk memperkaya diri sendiri.

Mark Sungkar juga diduga memperkaya orang lain, di antaranya Andi Ameera Sayaka sebesar Rp 20,65 juta, Wahyu Hidayat Rp 41,3 juta, Eva Desiana sebesar Rp 41,3 juta, Jauhari Johan Rp 41,3 juta, atau pihak korporasi The Cipaku Garden Hotel atas nama Luciana Wibowo Rp 150,65 juta.

Atas perbuatannya, Mark Sungkar didakwa melanggar Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b Undang-undang Tipikor subsider Pasal 3 Jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b UU Tipikor, lebih subsider Pasal 9 Jo Pasal 18 Ayat (1) huruf b UU Tipikor.

Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar menyebut kejadian ini merupakan cobaan dari Sang Ilahi.

Baca Juga: Nekat Nikahi Duda 45 Tahun Lebih Tua darinya, Curhatan Istri Muda Mark Sungkar yang Sempat Ingin Pulang ke Rumah Orang Tuanya, Kenapa?

"Awal pasti kaget, sedih, cuman balik lagi yang penting kita lebih tahu papah seperti apa. Kita tahu betul ayah kita gak pernah melakukan hal itu (yang dituduhkan)," tutur Zaskia Sungkar dikutip TribunJakarta.com (grup Banjarmasinpost.co.id), Rabu (10/3/2021).

Lanjutnya, Zaskia Sungkar mengungkap sang ayah merupakan sosok yang paling anti dalam hal korupsi.

"Beliau orang yang paling anti sama hal itu yang lagi difitnah ke beliau," ujarnya.

"Sebagai anak kita akan terus mensupport walau sekarang semua orang lagi melihat sepihak aja. Kebenaran akan terungkap," sambungnya.

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Kompas, Banjarmasin Post

Baca Lainnya