Namanya Terseret dalam Kasus Aliran Dana Bansos Kemensos, Cita Citata Ogah Kembalikan Honor Nyanyinya ke Negara

Rabu, 10 Maret 2021 | 13:45
Tribunnews

Cita Citata.

GridHype.ID - Nama Cita Citata tetiba terseret dalam aliran dana korupsi di Kemensos.

Pedangdut yang tenar berkat tembang 'Sakitnya Tuh Disini' ini menegaskan dirinya bukan diundang langsung oleh pihak Kementerian Sosial dalam acara rapat yang digelar di Labuan Bajo.

Melansir dari Kompas.com, acara tersebut diduga masuk dalam aliran dana fee bansos yang memakan biaya mencapai Rp 14,7 miliar.

Cita Citata menjelaskan dirinya diundang pihak Event Organizer (EO) untuk tampil dan menghibur di acara Kemensos di Labuan Bajo.

Baca Juga: Nama Cita Citata Disebut-sebut dalam Sidang Kasus Korupsi Bansos Covid-19, Sang Pedangdut Mengaku Ogah Bila Dimintai Keterangan Hingga Tak Mau Kembalikan Uang Bayaran

"Cita yang ngundang itu EO, pihak EO. Jadi bukan dari pihak Kemensos. Jadi Kemensos minta ke EO, EO baru panggil kita. Jadi kita enggak tahu-menahu soal itu," kata Cita saat dihubungi awak media, Senin (8/3/2021).

Pelantun lagu "Goyang Dumang" ini bahkan kaget ketika akhirnya mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara ditangkap KPK atas kasus dugaan korupsi dana bansos.

Pasalnya, Cita Citata tak merasa ada kejanggalan dalam acara yang dihadirinya.

Acara tersebut layaknya undangan manggung normal yang biasa diterimanya.

"Karena kami merasa di sana tidak ada kejanggalan, jadi ya sudah biasa aja.

Kalau memang Cita tidak dipanggil dari pihak si Batubara," ucapnya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Kementerian Sosial Matheus Joko Santoso membeberkan rincian penggunaan uang Rp 14,7 miliar yang berasal dari fee perusahaan penyedia bantuan sosial (bansos) Covid-19.

Baca Juga: Dibayar Pakai Uang Suap, Cita Citata Terseret Kasus Dugaan Korupsi Dana Bansos Covid-19 yang Menjerat Juliari Batubara

Hal itu diungkapkan Joko saat bersaksi untuk dua terdakwa penyuap mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, yakni Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (8/3/2021).

Nama Cita Citata masuk sebagai penghibur dalam acara rapat di Labuan Bajo yang menghabiskan dana Rp 150 juta.

Cita Citata enggan kembalikan honor dari kemensos

Penyanyi dangdut Cita Citata mengaku bahwa dia tidak akan mengembalikan honor menyanyi dari Kementerian Sosial ke negara.

Alasan Cita Citata, dia tidak terlibat dalam kasus korupsi bantuan sosial atas tersangka mantan Menteri Sosial Juliari P Batubara.

Cita Citata juga menolak jika Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) memintanya untuk mengembalikan honor manggung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Dia mengatakan, sejauh ini belum ada panggilan dari KPK untuk memberikan kesaksian terkait kasus korupsi Jualiari P Batubaru.

Baca Juga: Bak Anak SD, Netizen Heboh Saat Lihat Ukuran Tubuh Cita Citata yang Kelewat Mini

"Nggak sih, nggak ada (dipanggil KPK)," kata Cita Citata saat dihubungi awak media, Senin (8/3/2021).

Dia menolak mengembalikan honor yang sudah diterimanya karena dia sudah bekerja profesional.

Selain itu, Cita Citata juga perhatian terhadap timnya yang sudah menemaninya pergi ke Labuan Bajo untuk tampil dalam acara Kementrian Sosial saat itu.

"Kalau disuruh balikin, balikin juga dong uang kecapekan kita, tim segala macam. Kita kan pergi ke sana, bukan kerja yang di Jakarta dekat segala macam," ujar Cita Citata.

"Terus kita juga profesional kerja, jadi bayarannya pun harus profesional," katanya.

Menurut Cita Citata, dirinya tak pernah berhubungan langsung dengan Kementerian Sosial.

Baca Juga: Diduga Sindir Ayu Ting Ting, Unggahan Cita Citata Jadi Sorotan, Umi Kalsum: Karena kan Ramai juga Masalah Itu

Dia hanya mendapat pekerjaan menyanyi dari penyelenggara acara dan agensi yang mengurus acara tersebut.

Selain dirinya, ada beberapa artis yang juga tampil dalam acara Kementerian Sosial di Labuan Bajo.

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Wartakota, Kompas

Baca Lainnya