Longsoran Gletser Himalaya Sebabkan Banjir di India, Benarkah karena Ledakan Perangkat Nuklir?

Senin, 22 Februari 2021 | 20:45
Wikimedia Commons

Pegunungan Himalaya dari udara

GridHype.ID - Beberapa generasi penduduk desa di Himalaya India percaya bahwa perangkat nuklir terkubur di bawah salju dan bebatuan di pegunungan yang menjulang tinggi.

Ketika desa Raini dilanda banjir besar pada awal Februari, penduduk desa panik dan desas-desus bermunculan bahwa perangkat telah "meledak" serta memicu banjir.

Namun, melansir dari BBC.com, para ilmuwan yakin, pecahan gletsermenjadi pemicu atas banjir di negara bagian Uttarakhand di Himalaya, yang menewaskan lebih dari 50 orang.

Namun penduduk desa Raini tidak begitu mempercayainya.

Baca Juga: Tak Pandang Bulu, Banjir Jakarta Sulap Kawasan Elite Kemang Berubah Bak Sungai Berwarna Cokelat Kumuh

"Kami pikir perangkat itu bisa berperan. Bagaimana gletser bisa lepas begitu saja di musim dingin? Kami pikir pemerintah harus menyelidiki dan menemukan perangkat itu," ujar Sangram Singh Rawat, kepala desa Raini.

Inti dari ketakutan mereka adalah kisah menarik tentang spionase ketinggian, yang melibatkan beberapa pendaki top dunia, bahan radioaktif untuk menjalankan sistem mata-mata elektronik, dan hantu.

Ini adalah cerita tentang bagaimana AS bekerja sama dengan India pada 1960-an untuk menempatkan perangkat pemantauan bertenaga nuklir di Himalaya untuk memata-matai uji coba nuklir dan penembakan rudal China.

Baca Juga: Jadi Korban 'Langganan' Banjir Jakarta, Rhoma Irama Ikut Mengungsi Saat Rumah Mewahnya Terendam Air Setinggi Lutut Orang Dewasa

China telah meledakkan perangkat nuklir pertamanya pada tahun 1964.

"Paranoia Perang Dingin mencapai puncaknya. Tidak ada rencana yang terlalu aneh, tidak ada investasi yang terlalu besar, dan tidak ada cara yang tidak dapat dibenarkan," kata Pete Takeda, editor kontributor di Majalah Rock and Ice AS, yang telah banyak menulis tentang subjek tersebut.

Pada bulan Oktober 1965, sekelompok pendaki India dan Amerika membawa tujuh kapsul plutonium bersama dengan peralatan pengawasan dengan berat sekitar 57kg (125 pon) yang dimaksudkan untuk ditempatkan di atas Nanda Devi setinggi 7.816 meter (25.643 kaki), puncak tertinggi kedua India, dan dekat perbatasan timur laut India dengan Cina.

Badai salju memaksa para pendaki untuk meninggalkan pendakian jauh sebelum puncak.

Saat mereka berlari ke bawah, mereka meninggalkan perangkat berupa antena sepanjang enam kaki, dua perangkat komunikasi radio, paket daya, dan kapsul plutonium pada "platform".

Sebuah majalah melaporkan bahwa mereka ditinggalkan di "celah terlindung" di lereng gunung yang terlindung oleh angin.

Baca Juga: Banjir Lagi, Hujan Deras Sejak Jumat Malam Picu Banjir di Jakarta dan Sekitarnya, Berikut Ruas Jalan yang Tergenang

"Kami harus turun. Jika tidak, banyak pendaki yang akan terbunuh," kata Manmohan Singh Kohli, seorang pendaki terkenal yang bekerja untuk organisasi patroli perbatasan utama dan memimpin tim India.

Ketika pendaki kembali ke gunung pada musim semi berikutnya untuk mencari perangkat dan mengangkutnya kembali ke puncak, mereka telah menghilang.

Lebih dari setengah abad kemudian dan setelah sejumlah ekspedisi berburu ke Nanda Devi, tidak ada yang tahu apa yang terjadi dengan kapsul tersebut.

Baca Juga: Beda 180 Derajat dari Desa 'Pemborong Mobil' yang Viral, Warga Desa Ini Justru Hidup Terlunta-lunta Akibat 'Ulah' Lumpur Lapindo yang Kubur Seluruh Desanya

"Sampai hari ini, plutonium yang hilang kemungkinan besar terletak di gletser, mungkin hancur menjadi debu, merambat ke arah hulu Sungai Gangga," tulis Takeda.

Ini mungkin berlebihan, kata para ilmuwan.

Plutonium adalah bahan utama bom atom.

Tetapi baterai plutonium menggunakan isotop berbeda (varian unsur kimia) yang disebut plutonium-238, yang memiliki waktu paruh (jumlah waktu yang dibutuhkan untuk peluruhan setengah isotop radioaktif) selama 88 tahun.

Di sisi lain, perangkat nuklir yang hilang di Himalaya, tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada mereka.

"Ya, perangkat itu longsor dan terjebak di gletser dan Tuhan tahu efek apa yang akan terjadi," kata Jim McCarthy, salah satu pendaki Amerika, kepada Takeda.

Baca Juga: BMKG Peringatkan Peristiwa Alam yang Berdampak pada Cuaca Ekstrem, Waspadai 6 Wilayah Berpeluang Alami Gelombang Tinggi

Pendaki mengatakan sebuah stasiun kecil di Raini secara teratur menguji air dan pasir dari sungai untuk mengetahui radioaktivitas, tetapi tidak jelas apakah mereka mendapat bukti kontaminasi.

Sampai plutonium [sumber aktivitas radio di paket daya] memburuk, yang mungkin memakan waktu berabad-abad, perangkat tersebut akan tetap menjadi ancaman radioaktif yang dapat bocor ke salju Himalaya dan menyusup ke sistem sungai India melalui hulu Sungai Gangga.

Kapten Kohliperasaannya menjadi bagian dari ekspedisi yang akhirnya meninggalkan perangkat nuklir di Himalaya.

"Tidak ada penyesalan atau kebahagiaan. Saya hanya mengikuti perintah," ujarnya.

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : BBC.com

Baca Lainnya