Ketahui Bahaya yang Mengintai Saat Membiarkan Anak Tidur di Kamar yang Ber AC

Senin, 08 Februari 2021 | 15:15
iStockphoto

Gambar ilustrasi AC atau air conditioner

Gridhype.id- Penggunaan air conditoner (AC) di dalam kamar memang bisa membuat kamar menjadi sejuk dan tidak gerah saat tidur.

Namun jika kamu ingin memasang AC di kamar anak, sebaiknya harus dipikirkan lagi.

Sebabm anak yang tidur di dalam kamar ber-AC ternyata memiliki sisi negatif dan risiko tersendiri, lho!

Baca Juga: Setelah 3 Bulan Bungkam, Gading Marten Akhirnya Blak-Blakan Ucapkan Hal ini ke Gisel Saat Diterpa Skandal Video Dewasa

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Otago University, Selandia Baru menunjukkan bahwa anak yang tidur di kamar ber-AC akan membuatnya berisiko mengalami gangguan fungsi paru-paru atau pneumonia.

Pneumonia itu sendiri ditandai dengan demam, batuk, dan disertai sesak napas.

Penyebab pneumonia bisa bermacam-macam, salah satunya adalah kuman legionella pneumonia yang berasal dari AC sentral yang tidak dibersihkan.

Hal tersebut dikarenakan AC tidak memiliki fungsi sirkulasi udara.

Baca Juga: Makin Panas Bersitegang dengan Kartika Putri, dr Richard Lee Putuskan Berhenti Bahas Soal Krim Berbahaya: I Quit

Pexels/Studio 7042
Pexels/Studio 7042

Ilustrasi anak tidur

Saat AC menyala, maka ruangan akan serba tertutup dan udara di dalam kamar hanya akan berputar di dalam kamar saja sepanjang hari.

Selain itu, AC juga kerapkali menjadi sumber masalah kesehatan pada anak, terlebih lagi jika si kecil memiliki alergi, seperti rhinitis atau asma.

Bahkan, jika pada bayi dapat menyebabkan terjadinya kematian mendadak.

Tak hanya itu, Dr.H. Muljono Wirjodiarjo, Sp.A(K) dari RS Internasional Bintaro, Tangerang mengatakan bahwa pemaparan terhadap udara yang terlalu dingin dapat menyebabkan hiportemia yang dapat menimbulkan gangguan pada peredaran darah.

Baca Juga: Jangan Takut Masuk Angin, Tidur dengan Jendela yang Terbuka Terbukti Lebih Sehat Dibandingkan Memakai AC

Akan tetapi, Mama dan Papa tak perlu khawatir karena menuruh World Health Organization (WHO), menyatakan bahwa anak-anak tetap boleh tidur di kamar ber-AC asalkan suhunya tidak di bawah 20 derajat celcius. Bahkan sebaiknya Anda dapat menjaga agar suhu kamar si kecil tetap diantara 23 sampai 27 derajat Celcius.

Menurut psikolog anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo Psi, agar anak tidak "kecanduan" tidur di kamar ber-AC.

Orangtua bisa menyiasati dengan memberikan variasi, misalnya saat tidur siang, AC di kamar dapat dimatikan.

Sebaliknya, kipas angin dapat digunakan agar anak tidak merasa kepanasan saat tidur. Namun, perhatikan agar kipas angin tidak langsung memapar tubuh anak.

Agar penggunaan AC tak menimbulkan gangguan kesehatan pada anak, Mama dapat mensiasatinya dengan hanya menggunakan AC pada malam hari dan saat pagi hari, buka jendela kamar si kecil lebar-lebar agar ada pergantian udara. (*)

Artikel ini pernah tayang di Nakita.grid.id dengan judulHati-hati, ini Risikonya Anak Tidur di Kamar Ber-AC

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Nakita

Baca Lainnya