Update Terbaru Proses Evakuasi Korban Sriwijaya Air SJ182, Tim SAR Temukan 74 Kantong Jenazah dan Satu Penumpang Berhasil Diidentifikasi

Selasa, 12 Januari 2021 | 08:15
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY

Petugas DVI Polri membawa kantong jenazah yang diduga berisi potongan tubuh korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta - Pontianak yang hilang kontak di perairan Pulau Seribu, di Dermaga JICT, Jakarta, Minggu (10/1/2021).

Gridhype.id-Proses pencarian dan evakuasi korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182 masih terus berlangsung hingga kini Selasa (12/1/2021).

Memasuki hari ketiga pencarian korban Pesawat Sriwijaya Air Sj182 yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) telah mengevakuasi total 74 kantong jenazah.

Hal ini berdasarkan hasil operasi SAR (Search dan rescue) Basarnas hingga pukul 22.05 WIB senin kemarin.

Baca Juga:Menerka Penyebab Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182, Ada Dugaan Kuat Akibat Awan Berbahaya Cumulonimbus

Pihaknya mendapatkan 29 kantong jenazah yang diduga berisi bagian tubuh penumpang pesawat tersebut.

"Yang berarti kita sudah menemukan total sebanyak sampai 74 kantong jenazah" ujar Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito di dermaga JICT II Tanjung Priok, Jakarta Senin malam, seperti dikutip dari ANTARA.

Basarnas juga mendapat penemuan tambahan berupa 16 kantong puing kecil serta potongan besar pesawat sebanyak 24 kantong.

"Seperti yang saya katakan, fokus kita adalah kepada evakuasi korban. Adapun material tadi mendapatkan penambahan dua kantong," lanjutnya.

Saat ini, operasi SAR masih tetap berlangsung di area jatuhnya pesawat.

Sementara itu, Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri berhasil mengidentifikasi satu korban pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Baca Juga: Bak Siratkan Pesan Terakhir, Penumpang Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Faisal Rahman Unggah Story Salam Perpisahan

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas (Karopenmas Divhumas) Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, hasil ini berdasarkan pencocokkan antara data antemortem dan postmortem.

"Tim DVI dapat mengidentifikasi salah satu korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182, yaitu atas nama Oky Bisma," ujar Rusdi.

Sementara itu, Kapusifanis Polri Brigjen Pol Hudi Suryanto mengatakan, Oky Bisma berhasil diidentifikasi berkat pencocokkan antara sidik jari antemortem dan postmortem.

"Kami temukan berupa tangan kanan (korban) lengkap dengan jarinya. Ketika kami melakukan pengidentifikasian, kami bisa menyampaikan seperti ini," kata Hudi.

Baca Juga: Cerita Arie Untung yang Merupakan Adik Kelas dari Kapten Sriwijaya Air SJ182, Sebut Kapten Afwan Merupakan Sosok yang Baik dan Murah Hati

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hilang kontak di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, pada Sabtu sekitar pukul 14.40 WIB atau 4 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pesawat mengangkut 62 orang, yang terdiri dari enam kru, 46 penumpang dewasa, tujuh anak-anak, dan tiga bayi.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sempat keluar jalur penerbangan, yakni menuju arah barat laut pada pukul 14.40 WIB.

Pihak Air Traffic Controller (ATC) kemudian menanyakan pilot mengenai arah terbang pesawat.

Baca Juga: Cerita Arie Untung yang Merupakan Adik Kelas dari Kapten Sriwijaya Air SJ182, Sebut Kapten Afwan Merupakan Sosok yang Baik dan Murah Hati

Namun, dalam hitungan detik, pesawat dilaporkan hilang kontak hingga akhirnya jatuh.

Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Eko Wahyu menyebut, ada nelayan yang mendengar dentuman saat peristiwa itu terjadi.

Tak hanya suara, kata Eko, saat itu nelayan juga melihat air laut naik hingga 15 meter.

"Jadi dia lagi melaut mendengar dentuman suara kemudian air naik dia melihat airnya naik sekitar 10 sampai 15 meter," kata Eko.

Namun, Eko menegaskan bahwa nelayan tersebut tidak melihat pesawat yang terjatuh di perairan itu.

"Dia tidak melihat pesawat, dia mendengar suara dentuman terus melihat air naik, setelah itu dia langsung kembali, baru melapor ke kapospol, takut dia kirain kan musibah apa, karena saat itu kan hujan deras," sambungnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul, Hingga Senin Sore, Tim SAR Temukan 40 Kantong Jenazah Korban Kecelakaan Sriwijaya

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com, Antara

Baca Lainnya