Kembali Datang, Jutaan Vaksin Covid-19 Telah Mendarat di Indonesia

Jumat, 01 Januari 2021 | 08:30
Freepik

Ilustrasi vaksin virus corona

GridHype.ID- Sedikit angin segar di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Pasalnya, vaksin Covid-19 kembali datang di tanah air.

Ya, sebelumnyapemerintah mengumumkan bila vaksin Covid-19 nantinya akan dibagikan secara gratis.

Baca Juga: 1.8 Juta Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia, Jokowi Sebut Ada 3 Vaksin Lagi yang Sudah Diamankan

Kini, pemerintah Indonesia kembali menerima jutaan vaksin covid-19 Sinovac Biotech yang tiba di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) sekitar pukul 12.00 WIB.

Berdasarkan pantauan dari channel Youtube Sekretariat Presiden, sejumlah 1,8 juta vaksin pada tahap II ini didatangkan dari negara asalnya yakni Cina.

Dalam kedatangannya itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan jutaan vaksin tersebut langsung dibawa ke wilayah Bandung.

Baca Juga: Pertama Kali Disuntik Vaksin Virus Corona, Tenaga Medis Ini Alami Alergi Parah, Kok Bisa?

"Untuk selanjutnya vaksin ini akan dikirim ke Biofarma Bandung, Jawa Barat, untuk penyimpanan sesuai dengan protokol penyimpanan vaksin secara aman sesuai dengan standar WHO," ujar Retno dilansir pada cahnnel youtube tersebut, Kamis (31/12/2020).

Retno menuturkan kedatangan vaksin tahap II ini merupakan lanjutan dari pengadaan vaksin pada tahap I antara pemerintah Indonesia dengan otoritas pihak Cina.

Tibanya vaksin covid-19 tahap II ini mengartikan sudah terdapat 3 juta vaksin Sinovac Biotech yang diterima Pemerintah Indonesia melalui otoritas Cina.

Baca Juga: Tak Mau Ketinggalan, Korea Selatan Tandatangani Kesepakatan dengan Pfizer Inc dan Johnson & Johnsons's Datangkan Vaksin Covid-19 Penuhi Kebutuhan 16 Juta Warganya

"Sebelumnya pengiriman pertama sebanyak 1,2 juta dosis pada 6 Desember 2020. Dan dalam waktu dekat diharapkan sebanyak 15 juta dosis vaksin Sinovac yang kemudian akan manufaktur oleh Biofarma akan juga tiba di indonesia," jelasnya.

Vaksin kemudian akan diberangkatkan ke laboratorium PT Bio Farma (Persero) di Bandung, Jawa Barat untuk diamankan sementara dan diperkirakan akan tiba pada pukul 20.00 WIB.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Jutaan Vaksin Covid-19 Asal Cina Kembali Tiba di Indonesia

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Wartakotalive

Baca Lainnya