Mutasi Virus Corona Baru Terjadi di Inggris, Menkes Budi Gunadi Sadikin Langsung Bentuk Tim Khusus

Rabu, 30 Desember 2020 | 05:00
Pixabay.com

Ilustrasi virus corona

GridHype.ID - Mutasi virus corona memang bukan hal baru lantaranbisa sering terjadi dari waktu ke waktu.

Baru-baru ini, varian baru Virus Corona terjadi di Inggris.

Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban mengatakan, mutasi Virus Corona sudah terjadi dari waktu ke waktu.

Mulai dari varian Virus Corona D614G dan varian baru B117 yang ditemukan di Inggris semua sudah diprediksi.

Baca Juga: Usai Koar-koar Tuntut Bagian Harta Warisan Lina Jubaedah, Teddy Pardiyana Seolah Menghilang Bak Ditelan Bumi, Tetangga: Enggak Pernah Ngobrol

"Akibatnya menjadi lebih mudah menular. Ini bukan istimewa, yang dulu juga bermutasi tetapi tidak sebahaya sekarang," kata Zubairi dalam talk show BNPB, Selasa (29/12/2020).

Zubairi menilai, keadaan tersebut mirip dengan kasus virus influenza yang bermutasi di Amerika Serikat sehingga masyarakat di negara tersebut harus melakukan vaksinasi satu tahun sekali.

Menurut Zubairi, dengan terjadinya mutasi Virus Corona tersebut tak menutup kemungkinan vaksinasi Covid-19 juga dilakukan secara berkala.

Baca Juga: Nggak Mau Disebut Manfaatkan Reputasi Aurel Hermansyah, Atta Halilintar Bantah Berikan Harapan Palsu Soal Pernikahan

"Nah ini yang dikhawatirkan, kita akan menghadapi pola hidup mirip seperti influenza di Amerika. Artinya, ada kemungkinan kita membutuhkan banyak vaksinasinya menjadi berkala, tak cukup satu kali," ujarnya.

Lebih lanjut, Zubairi menekankan, vaksin bukan satu-satunya cara untuk mencegah terjadinya penularan Virus Corona.

Namun, harus disertai dengan dukungan seluruh pihak dan memperketat peraturan.

Baca Juga: Desainer Ternama Anne Avantie Rela Lakukan Hal ini Demi Puaskan Keinginan Ayu Ting Ting yang Tak Biasa Saat Fitting Baju

"Memang tidak cukup kita hanya mengerjakan satu hal saja. Jadi untuk pencegahan harus all out, total football, tetap harus ketat dan harus vaksinasi harus kita lakukan," pungkasnya.

Varian Baru

Varian baru Virus Corona yang lebih cepat menular ditemukan di Inggris dan sejumlah negara Eropa.

Untuk mendalami temuan ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin langsung membentuk tim khusus.

Baca Juga: Diterpa Isu Soal Hubungannya dengan Aurel Hermansyah yang Renggang, Atta Halilintar Jujur Akui: Enggak Ada Hubungan yang Mulus Terus

"Kami meminta para ahli di Kemenkes untuk mempelajari strain (virus corona) tersebut, karena ini kajian yang harus dilakukan secara scientific," ujar Budi dalam konferensi pers virtual Kemenkes, Jumat (25/12/2020).

Budi pun meminta semua pihak tidak terburu-buru menyimpulkan temuan tersebut. Sebab, kajian soal virus corona dan variannya harus betul-betul didalami secara ilmiah.

"Jangan terlalu terburu-buru kita menolak kebenaran berita ini, atau kita menerima kebenaran berita ini. Karena ini adalah hal yang sangat teknis, biologis, kedokteran sifatnya. Kita harus konsultasikan segera ke para ahli," tutur Budi.

Baca Juga: Pergi Liburan Mewah ke Dubai, Tatapan Tajam Aburizal Bakrie ke Arah Nia Ramadhani Jadi Sorotan Saat Berfoto Bersama

"Saya sudah minta ke teman-teman untuk segera berkonsultasi dengan ahli mikrobiologi kedokteran untuk bisa memastikan, apa sebenarnya yang terjadi," kata dia.

Senada dengan Budi, Wakil Menteri Kesehatan, dr Dante Saksono Harbuwono juga meminta masyarakat tetap tenang dan terus membangun komunikasi yang positif.

Selagi varian virus dikaji, Dante meminta semua orang tidak mengabaikan protokol 3M: mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker.

Baca Juga: Hidup Tak Tenang Lantaran Komentar Pedas, Atta Halilintar Sempat Tertekan hingga Ingin Mengakhiri Hidup: Mau Bunuh Diri, 2 Tahun Lalu

"Komunikasi positif dengan tidak menakut-nakuti orang, tapi membuat orang itu menjadi care terhadap 3M, itu jauh lebih penting dan lebih baik dibandingkan kita mengangkat issue ini," kata Dante.

"Tadi sudah disampaikan Pak Menteri, bahwa memang ada varian baru, sedang kita pelajari, dan kita akan membentuk tim untuk mempelajari kajian ini," ujarnya.

Varian baru Virus Corona yang diberi nama VUI-202012/01 pertama kali ditemukan di Inggris.

Baca Juga: Tanggapi Kedekatan Putranya dengan Karen Nijsen, ini Kata Roy Marten yang Berharap Gading Bisa Move On

Jenis varian baru itu kemudian juga ditemukan di Denmark, Italia, Afrika Selatan dan Belanda.

Akibat temuan itu, lebih dari 20 negara telah melarang penerbangan ke dan dari Inggris.

Menristek Bambang Brodjonegoro menyebut varian baru ini lebih cepat menular. Namun, belum ada bukti varian baru ini mengakibatkan tingkat keparahan lebih tinggi pada Covid-19.

Baca Juga: Sukses Bikin Penasaran Netizen, Agnez Mo Kepergok Saling Berbalas Unggahan dengan Bright Vachirawit

"Belum ada bukti varian ini menimbulkan tingkat keparahan lebih, jadi tidak membuat penyakit lebih berat dan tidak menambah tingkat kematian," kata Bambang dalam diskusi virtual pada Kamis (24/12/2020).

Bambang mengatakan para peneliti masih fokus terhadap kemudahan virus menyebar. Kendati demikian, Bambang mengimbau masyarakat tetap harus waspada terhadap mutasi ini.

Jangan sampai tertular kemudian menjadi orang tanpa gejala dan lalu malah menularkan kelompok rentan.

Baca Juga: Video Parodi Lagu Indonesia Raya Viral Hingga Dikecam, Berikut 4 Fakta Kasusnya yang Kini Tengah Diselidiki Polri, Salah Satunya Komentar Pemerintah Malaysia

Lebih lanjut, Bambang mengatakan sejauh ini belum ada laporan yang menyebutkan mutasi virus corona ini ditemukan di Indonesia.

"Tapi saat ini kalau kami simpulkan belum ada bukti yang menunjukkan varian ini sudah ada di Indonesia atau sudah menyebar di Indonesia meski harus diakui genomic dan molecular surveillance kita tak secanggih Inggris," kata Bambang.

Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menambahkan masyarakat dalam menyikapi varian baru ini harus tetap tenang dan tetap mengedepankan protokol kesehatan penularan wabah.

Baca Juga: Pendapatan Minim, Begini Caranya Mengatur Keuangan Agar Tetap Bisa Siapkan Dana Darurat di Saat Pandemi

"Itu cara paling murah dan efektif. Kita cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak," ucap Wiku.

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Bukan Hal Baru Varian Baru Virus Corona Jadi Lebih Mudah Menular, Mutasi Terjadi dari Waktu ke Waktu

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : Tribun Wow

Baca Lainnya