Penelitian Ungkap Tak Semua Orang Bisa Tertular Covid-19, Lakukan Cara ini Untuk Cari Tahu Kamu Termasuk yang Kebal Atau Bukan

Jumat, 20 November 2020 | 18:15
Freepik

Ini yang dokter lakukan untuk menyembuhkan pasien covid-19

Gridhype.id- Pandemi Covid-19 masih terus memakan korban jiwa setiap harinya.

Di Indonesia sendiri tercatat kasus kematian akibat Covid-19 telah mencapai 15.600 jiwa per Jumat (20/11/2020) pukul 12:30 WIB.

Tentunya angka ini membuat sebagian besar masyarakat Indonesia merasa khawatir dan cemas.

Terlepas dari rasa khawatir tersebut, mungkin kita bisa sedikit lega karena baru-baru ini ilmuwan memberikan bocoran tentang potensi kekebalan terhadap virus ini.'

Baca Juga: Waspada, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstreem Hujan Lebat Disertai Petir Hari ini, Jumat 20 November

Mengutip dari Daily Star pada Jumat(20/11/2020), Para Ilmuwan mengembangkan sebuah alat tes untuk mendeteksi kekebalan terhadap virus corona.

Peneliti dari New York berencana meluncurkan detektor antibodi ini dalam beberapa hari ke depan.

Artinya, ini mengisyaratkan bahwa tidak semua orang bisa terinfeksi virus corona hal itu tergantung imunitas seseorang.

Siapapun yang diverifikasi memiliki kekebalan tertentu akan diizinkan keluar dan melakukan kontak sosial penuh, demikian laporan tersebut disampaikan.

Baca Juga: Token Listrik Gratis Untuk Bulan November Masih Ada, Begini 2 Cara Kalimnya Melalui WhatsApp dan Website PLN

Dok. Shutterstock
Dok. Shutterstock

Ilustrasi vaksin covid-19.

Karena mereka dianggap tidak akan menularkan virus.

Antibodi dari memerangi virus corona disebut akan terbentuk setelah tujuh hari.

Tetapi ini masih terlalu dini untuk mengatakan berapa lama kekebalan ini akan bertahan, sementara wabah ini terus merajalela di mana-mana.

Pencipta alat uji ini Dr Florian Kramer mengatakan, bahwa tes ini mudah dan murah, untuk skala besar.

Dia mengatakan, "Orang mungkin bisa terinfeksi kembali setelah mereka meningkatkan respon imun yang baik dan meningkatkan antibodi."

Baca Juga: Miss V Keluarkan Aroma Tak Sedap, 7 Makanan Berikut ini Bisa Jadi Solusinya

"Begitu itu terjadi, orang-orang ini mungkin lebih aman untuk melakukan kegiatan normal, tanpa takut dengan risiko terinfeksi atau menginfeksi orang," katanya.

"Ini menjadi hal penting, terutama bagi mereka pekerja umum seperti perawat, dokter, pemadam kebakaran, polisi dan lainnya," jelasnya.

"Sangat senang mereka tidak akan membahayakan diri sendiri dan orang lain, dengan kembali bekerja tanpa takut menyebarkan penyakit," imbuhnya.

Mantan Komisaris FDA Scott Gottlieb menambahkan, "Jika sebagian besar, masyarakat memiliki perlindungan pihak berwenang lebih percaya diri dan sedikit mengandalkan tindakan invasif."

Baca Juga: Nikahi Pria dari Suku di Pedalaman, 3 Wanita Kota yang Cantik ini Miliki Alasan yang Berbeda-beda, dari Cinta Tulus Hingga Untuk Penelitian

Tes anti coronavirus ini akan memberikan hasilnya dalam 45 menit.

Badan Pengwasan Obat dan Makanan AS telah menyetujui uji diagnostik cepat untuk digunakan di rumah sakit dan ruang gawat darurat di Amerika.

Ini dikembangkan oleh Cepheid, sebuah perusahaan diagnostik molekular yang berbasis di California.

Namun tidak dijelaskan, siapa orang 'kebal' yang dimaksud, apakah mereka yang belum pernah terinfeksi atau mereka yang baru saja pulih dari virus corona.

Sejauh ini penelitian terakhir tentang potensi tertular virus corona menyebutkan, golongan darah A lebih rentan sementara orang dengan golongan darah O lebih minim terinfeksi virus corona.

Semoga kita semua selalu dihindarkan dari wabah dan penyakit ini.

(*)

Artikel ini telah tayang di Intisari online dengan judul,Kabar Gembira, Ternyata Tak Semua Orang Bisa Tertular Corona Karena Kebal! Begini Cara Tes Untuk Mengetahuinya

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya