Usai Tetapkan 2 Tersangka, Polda Metro Jaya Kembali Buru Satu Orang Lagi, Diduga Menyebarkan Video Syur Mirip Gisel Secara Massif di Twitter

Jumat, 20 November 2020 | 09:45
(Kolase TribunStyle.com/ Instagram @gisel_la / Istimewa)

Gisella Anastasia dan ilustrasi video asusila

GridHype.ID - Hingga kini kasus video syur mirip Gisella Anastasia alias Gisel masih terus bergulir.

Penyidik Polda Metro Jaya terus mencari siapa saja pelaku penyebar video syur mirip Gisella Anastasia di media sosial.

Sebelumnya, penyidik Polda Metro Jayatelah menangkap dua pelaku penyebar video syur mirip Gisella Anastasia.

Kini dua pelaku penyebar video syur tersebut telah ditangkap dan menjadi tersangka.

Baca Juga: Usai Pemeriksaan Gisella Anastasia, Polisi Bakal Panggil Saksi Ahli Demi Selidiki Kedua Wajah Pemeran dalam Video Syur

Setelah menangkap dan menetapkan tersangka dua pemilik akun Twitter yang diduga menyebarkan video syur mirip Gisel secara massif, penyidik Polda Metro Jaya kini tengah memburu satu orang lagi pemilik akun twitter lainnya yang juga diduga menyebarkan secara massif video asusila tersebut.

Hal itu dikatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Kamis (19/11/2020).

"Berangkat dari pengembangan tersebut, masih ada satu lagi yang kami lakukan pengejaran terhadap satu pemilik akun Twitter. Sudah kami profiling, mudah-mudahan secapatnya kami bisa amankan yang bersangkutan," kata Yusri.

Baca Juga: Perkembangan Kasus Video Syur yang Diduga Mirip Gisella Anastasia, Pihak Kepolisian Sebut Akan Ada Tersangka Baru

Pemilik akun yang diburu ini kata Yusri juga diduga telah menyebarkan video syur mirip Gisel, lebih massif dari dua pelaku sebelumnya.

Yusri menuturkan dalam kasus ini penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya kembali memeriksa ahli forensik IT pada Kamis (19/11/2020) hari ini.

Dalam pemeriksaan kata Yusri, penyidik Subdit Cyber Crime bersama sang ahli forensik IT memeriksa wajah dalam video syur mirip Gisel itu untuk dapat memastikan siapa profil sebenarnya pemeran dalam video tersebut.

Baca Juga: Kasus Masih Berjalan, Roy Suryo Sesalkan Tindakan Gisel Pilih Diam Usai Diperiksa Polisi Terkait Video Viral

"Hari ini dari forensik IT memeriksa wajah dalam video yang beredar tersebut. Sementara sama-sama melakukan pendalaman bersama tim dari Cyber Crime. Tujuannya untuk mengetahui wajah siapa sih yang ada dalam video itu dan juga alat-alat yang ada di dalam video tersebut," papar Yusri di Mapolda Metro Jaya, Kamis (19/11/2020).

Ia mengatakan diharapkan hasil pemeriksaan itu bisa diketahui, Jumat (20/11/2020).

"Mudah-mudahan kami bisa tahu hasilnya. Kalau kami, awalnya mengharapkan hari ini bisa tahu hasilnya. Tapi sampai dengan saat ini, sudah saya tanyakan masih bekerja. Nanti kami akan sampaikan ke teman-teman semuanya. Kalau bisa selesai, besok bisa, maka akan saya sampaikan bagaimana progres dan hasil pemeriksaan terhadap saksi ahli untuk Forensi," papar Yusri.

Baca Juga: Gisella Anastasia Jalani Pemeriksaan Terkait Video Syur Diduga Mirip Dirinya, Ahli Hukum Pidana Sebut Mantan Istri Gading Marten Bisa Berstatus Tersangka

Dalam kasus ini kata Yusri pihaknya sudah memeriksa pelapor, saksi, ahli bahasa, ahli pidana dan ahli IT.

"Besok, ada dua saksi lagi yang kami panggil dan dijadwalkan diperiksa penyidik," kata Yusri.

Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah menetapkan dua tersangka dan menahannya, dalam kasus penyebaran video syur mirip Gisella Anastasia alias Gisel.

Baca Juga: Bukti Baru Kasus Skandal Video Syur Mirip Gisella Anastasia, Pakar Telematika : Orangnya Ada, Real, dan Kita Sudah Analisis

Keduanya adalah pemilik akun twitter yang menyebarkan video syur itu secara massif di media sosial.

Mereka adalah PP (26) dan MN (24).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan PP diamankan dari kediamannya di Bintaro, Tangerang Selatan dan MN dari Depok, Rabu (11/11/2020) malam.

Baca Juga: Komentari Klarifikasi Adhietya Mukti yang Terseret Skandal Video Syur Mirip Gisel, Pakar Ekspresi : Ragu-ragu atau Ada yang Hal yang Dia Takut

"PP diamankan dari Bintaro dan MN dari Depok, tanpa perlawanan," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jumat (13/11/2020).

Menurut Yusri, PP dan MN diketahui berprofesi sebagai influencer media sosial.

Penangkapan keduanya kata Yusri setelah penyidik melakukan cek profiling terhadap sejumlah akun twitter yang diduga menyebarkan video syur mirip Gisel.

Baca Juga: Gisella Anastasia Dipanggil Polisi, Video Lawas Gading Marten Bahas Perceraian Kembali Disorot

"Mereka menyebarkan secara massif lewat akun twitternya. Dari sana akan diurut siapa penyebar pertama kali video syur itu, sampai ke pembuatnya," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jumat (13/11/2020).

Karenanya kata dia dipastikan masih ada tersangka lain dalam kasus ini. "Kami dalami sampai penyebar video yang pertama kali," kata Yusri.

Menurut Yusri dari pengakuan PP dan MM, mereka mendapat video syur mirip Gisel dari media sosial.

Baca Juga: Berlangsung Selama 5 Jam, Begini Komentar Gisella Anastasia Usai Jalani Pemeriksaan

"Motif keduanya menyebarkan video syur secara massif untuk mendapatkan banyak follower serta karena keduanya mengikuti kuis berhadiah dengan mendapatkan follower," kata Yusri.

Meski begitu kata Yusri pihaknya tak lekas percaya dan penyidik masih mendalami kemungkinan ada motif lain.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Polda Metro Buru Satu Lagi Pemilik Akun Twitter Penyebar Video Syur Mirip Gisel

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Wartakotalive

Baca Lainnya