Kini Jadi Pencipta Lagu Andal, Siapa Sangka Perjalanan Karier Melly Goeslaw Penuh Liku, Sempat Jadi Backing Vocal

Rabu, 18 November 2020 | 06:30
Instagram @melly_goeslow

Unggahan Melly Goeslow

GridHype.ID - Bertahan menjadi penyanyi sesukses seperti sekarang, bukan sesuatu hal yang mudah.

Terlebih meniti karier di belantika musik Indonesia, hal ini pula yang dirasakan penyanyi Melly Goeslaw.

Perjalanan karier Melly Goeslaw menjadi sukses seperti sekarang butuh proses yang panjang.

Tak langsung menjadi sukses dan terkenal seperti sekarang, penyanyi sekaligus pencipta lagu Melly Goeslaw meniti kariernya dari bawah.

Baca Juga: Bikin Heboh, Nia Ramadhani Tertawakan Video Syur Mirip Jessica Iskandar: Lagi Rame nih

Melly Goeslaw pernah merasakan perjuangan hidup untuk menata kariernya menjadi penyanyi terkenal.

Tidaklah mudah, Melly harus terus berlatih dan ikut berbagai perlombaan nyanyi hingga akhirnya terkenal.

Meski ayahnya, Melky Goeslaw adalah penyanyi terkenal di era 60-an, Melly tetap berjuang menjadi penyanyi mulai dari jadi backing vocal hingga akhirnya menyanyi sendiri di atas panggung megah.

Berikut Kompas.com rangkum perjalanan karier Melly Goeslaw.

Baca Juga: Tolak Endorse Ratusan Juta Rupiah, Anak Ketiga Sule Bikin Raffi Ahmad Geleng-geleng Kepala: Wan, Sudah Sultan Kamu Teh atau Apa?

Berawal dari ambisi ibu

Melly Goeslaw mengaku tak pernah terbesit akan terjun di dunia musik dan menjadi penyanyi terkenal seperti saat ini.

Wanita asal Sunda ini mengaku awal mula merambah bidang musik lantaran ambisi ibunya.

Saat itu, kata Melly, ibunya ingin membuktikan bahwa anaknya bisa menjadi penyanyi terkenal seperti sang ayah, Melky Goeslaw.

Baca Juga: Demi Dongkrak Follower dan Ikut Giveaway, Pelaku Ternyata Dapat Video Syur Diduga Mirip Gisella Anastasia dari Sini

Pasalnya, orangtuanya kala itu sudah bercerai dan Melly Goeslaw tinggal bersama ibunya.

"Karena mama sama papa itu sudah pisah. Papa saya kan penyanyi, jadi si mama tuh berkeyakinan kalau 'nih gue bisa ngebesarin anak lu jadi penyanyi tanpa lu'," ujar Melly di akun YouTube 3 Second TV yang dikutip Kompas.com, Senin (16/11/2020).

Karena ambisi ibunya itu, Melly Goeslaw kerap dipaksa ikut latihan hingga perlombaan nyanyi.

Kemudian, agar Melly tampil nyanyi dengan semangat, ibunya menyogok dengan baju baru.

Baca Juga: Bikin Heboh, Pevita Pearce Mendadak Muncul dalam Unggahan Arsyah Rasyid Mantan Maudy Ayunda

"Emang dari dahulu senangnya baju, jadi kalau mau ikut festival disogoknya pakai baju. Sok kalau menang dibelikan baju baru, senang kan, lama-lama dibeliin baju terus (supaya mau nyanyi)," kata Melly.

Dukungan dari ibunya itu pun berbuah manis. Lambat laun, Melly Goeslaw merasakan kesenangan tersendiri saat bernyanyi dan memenangi berbagai perlombaan, termasuk di Pesona Bintang.

Jadi backing vokal

Kemudian, saat SMA, Melly Goeslaw sudah didaftarkan ke Elfa Music Studio, menjadi backing vocal.

Baca Juga: Banjir Komentar Negatif, Raffi Ahmad Jadi Bulan-bulanan Gara-gara Rekam Bagian Tubuh Nagita Slavina

Ia pun mendapatkan honor dari kegiatannya kala itu dan ketagihan.

"Waktu SMA pas jadi backing vokal. Jadi pas SMA tuh biaya sendiri, semua keperluan untuk pribadi sendiri. Jadi ya 'oh memang dinyanyi ya (kemampuannya).' Apalagi pas setelah SMA, kuliah juga dites enggak masuk kan (kuliah negeri), emang sudah dinyanyi. Ya sudah jalanin aja," kata Melly.

Melly Goeslaw akhirnya semakin sering bernyanyi untuk membiayai kehidupannya sendiri dan memutuskan hijrah ke Jakarta untuk mengadu nasib jadi penyanyi.

Di Jakarta, Melly Goeslaw tetap jadi penyanyi latar tanpa pernah berpikir akan menjadi penyanyi utama. Dia menikmati hari-harinya dengan banyaknya tawaran untuk jadi backing vocal.

Baca Juga: Ketatnya Aturan Televisi di Indonesia, Dinar Candy Bakal Fokus Kembangkan Karier DJ di Luar Negeri : Di sini Nggak Bebas

Masuk band Potret

Namun, takdir berkata lain, Melly Goeslaw dipertemukan dengan Arie Ayunir dan Anto Hoed.

Mereka turut mengubah jalan hidup wanita yang lahir di bulan Januari ini.

Melly Goeslow akhirnya memberanikan diri merekam album dan memperdengarkan kepada seorang sahabat, Koh Ahyat yang kemudian mengusulkan konsep band.

Baca Juga: Masih Berlanjut, Nikita Mirzani Tantang Habib Rizieq Lakukan Ini: Coba Biar Nggak Ada Fitnah

Akhirnya, terbentuk band Potret dengan Melly yang jadi vokalis. Band potret beranggotakan, Melly, Anto Hoed, dan Ari Ayunir.

Membawakan genre pop kreatif, Potret yang berdiri sejak 1995 ini sukses menarik perhatian dengan berbagai single ciamik dan unik.

Hingga kini, lagu-lagu Potret masih kerap didengar oleh penikmat musik di Tanah Air.

Jadi pengisi soundtrack lagu Sukses bersama Potret dan dinikahi oleh Anto Hoed pada 1995, karier Melly Goeslaw semakin cemerlang.

Baca Juga: Jawab Tudingan Wanita Tunasusila, Nikita Mirzani : Ya Biasalah Musuh-musuh Gue, Kalau Ngatain Pasti Nggak Jauh dari Itu

Melly Goeslaw semakin percaya diri untuk tampil solo dengan dukungan sang suami dari balik layar.

Bahkan, Melly mulai menulis lagu untuk dinyanyikan orang lain dan merambah mengisi lagu pengiring film.

Hingga akhirnya, Melly Goeslaw dijuluki ratu soundtrack film Indonesia lantaran banyak film booming karena lagu soundtrack yang diciptakannnya.

Sebagai ratu soundtrack film Indonesia, Melly bercerita, ia sangat bangga menjadi pencipta lagu soundtrack film Ada Apa dengan Cinta? ( AADC?).

Baca Juga: Skandal VIdeo Syur Mirip Gisel Temui Titik Terang, Hal Ini yang Jadi Alasan Kedua Pelaku Nekat Lakukan Aksinya

AADC merupakan film remaja yang legendaris dan hits tahun 2002.

Pasalnya, kala itu, film AADC? merupakan film Indonesia pertama yang booming di tengah mati surinya industri perfilman Tanah Air.

"AADC? yang pertama (jadi kebanggaan) karena di saat itu pertama kali film Indonesia setelah mati suri. Lalu film pertama juga yang ada soundtrack-nya," ujar Melly Goeslaw.

Perempuan 56 tahun ini mengaku soundtrack film AADC? sangat mempengaruhi kariernya hingga saat ini.

Baca Juga: Tak Mau Korea Utara Kecolongan, Kim Jong Un Perintahkan Lakukan Pengetatan Sistem Darurat Anti Covid-19

Pasalnya, soundtrack film AADC? dan AADC 2 masih ada di chart platform musik selama belasan tahun. Bahkan, lagu dalam soundtrack itu masih kerap didengar masyarakat hingga saat ini.

Lagu-lagu yang populer dalam film AADC? yakni "Denting", "Suara Hati Seorang Kekasih", dan "Kubahagia".

Dari film AADC? juga, Melly Goeslaw berhasil menjadi Penata Musik Terbaik di ajang Festival Film Indonesia dan menyabet berbagai penghargaan musik lainnya.

Baca Juga: Rayakan Pertambahan Usia ke-30, Gisella Anastasia Terima Kejutan dari Pujaan Hati, Ternyata Ini Harapan Wijin

Tak hanya andal sebagai pencipta lagu dan penyanyi, Melly Goeslaw juga membuat berbagai soundtrack film yang selalu sukses.

Melly Goeslaw juga sukses mengorbitkan artis dan musisi lainnya. Mulai dari Irwansyah, Acha Septriasa, Marcel Siahaan, hingga BBB (Bukan Bintang Biasa).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Perjalanan Karier Melly Goeslaw, Mulai dari Backing Vocal hingga Jadi Ratu Soundtrack

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : kompas

Baca Lainnya