Bantuan Subsidi Upah Termin II Akan Segera Cair, Perhatian 6 Rekening ini Tidak Akan Menerima BSU

Sabtu, 07 November 2020 | 12:15
Tribun Jogja

BSU tahap 5 cair hari ini

Gridhype.id-Bantuan Subsidi Upah (BSU) termin II akan segera disalurkan pada November 2020 ini.

Bantuan sebesar Rp.600.000 yang diberikan setiap bulan dengan total Rp2,4 juta tersebut diasalurkan dalam dua tahap, dengan masing-masing termin sebanyak Rp1,2 Juta.

Gelombang pertama diberikan kepada 2,5 juta pekerja yang disalurkan melalui bank penyalur yang ditunjuk pemerintah, yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BTN.

Baca Juga: Proses Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Ditutup, Berikut Tanda Kalau Kamu Lolos Seleksi

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memastikan bahwa bantuan subsidi gaji atau upah pada termin II akan disalurkan mulai pekan pertama pada November 2020.

Hingga Kamis (5/11/2020) malam, belum ada respons dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) saat dimintai konfirmasi terkait kapan persisnya pencairan BSU termin II tersebut.

Sebelumnya, bantuan ini disalurkan secara bertahap yakni termin I sebesar Rp 1,2 juta pada September-Oktober 2020 dan termin II sebesar Rp 1,2 juta pada November-Desember 2020.

Baca Juga: Angin Segar di Tengah Pandemi Covid-19, Berikut 4 Bantuan Pemerintah yang Cair Bulan Ini

Penjelasan BRI

Sementara itu, Corporate Secretary Bank BRI, Aestika Oryza mengungkapkan penyaluran BSU termin II belum dimulai.

Sejauh ini, pihaknya masih menunggu arahan dari Kemnaker.

"Saat ini penyaluran BSU tahap 2 belum dimulai. BRI sebagai bank penyalur menjalankan tugasnya sesuai dengan instruksi dari Kemnaker," ujar Aestika saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

Baca Juga: Ekonomi Sulit Akibat Pandemi Covid-19, Pemerintah Putuskan UMP Tidak Naik, Begini Nasib Bantuan Subsidi Gaji Tahun 2021

Terkait penyaluran BSU, Aestika mengungkapkan, pada termin II nantinya BRI akan menyalurkan dana BSU kepada 2,9 juta nasabahnya.

"Untuk tahap 2, BRI akan menyalurkan sama seperti dengan tahap 1 yakni sebanyak 2,9 juta rekening," lanjut dia.

Dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker), banyaknya penerima BSU sebanyak 12,4 juta.

Angka tersebut didapat berdasarkan data pekerja yang memiliki rekening aktif dan terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan sampai 30 Juni 2020.

Aestika mengatakan, saat ini pihaknya belum mendapatkan kendala dalam penyaluran BSU. Hanya tinggal menunggu instruksi dari Kemnaker.

Baca Juga: Kisah Orang-orang yang Bangkit dari Kematian, Ungkap Hal yang Mereka Rasakan Saat Jantung Tak Lagi Berdetak

Kendala penyaluran BSU

Diketahui dalam tahap penyaluran bantuan termin pertama pada September-Oktober lalu, ada beberapa kendala yang mengakibatkan dana tidak dapat ditransfer kesejumlah rekening.

Beberapa penyebab kendala tersebut adalah enam kondisi rekening berikut ini:

  • Adanya duplikasi rekening
  • Rekening sudah ditutup
  • Rekening pasif Rekening tidak valid
  • Rekening dibekukan
  • Adanya rekening yang tidak sesuai dengan NIK pada KTP
  • Rekening tidak terdaftar
Terkait adanya sejumlah kendala yang dapat terjadi pada penyaluran BSU, Menaker Ida Fauziyah mengungkapkan ada sekitar 150.000 data yang tidak memenuhi persyaratan.

Apabila ditemui kendala tersebut pada rekening calon penerima BSU, pekerja dapat berkonsultasi pada tim posko penanggulangan BSU.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bantuan Subsidi Upah Termin II Belum Juga Cair? Simak Penjelasan BRI..."

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya