Geger Ditemukan Bayi Hiu Bermata Satu, Warga Sebut Mirip Mata Manusia, Berikut Penjelasannya

Kamis, 22 Oktober 2020 | 14:45
(Dadang Pattikaloba)

Bayi hiu bermata satu ditemukan nelayan di Dusun Jarukin, Desa Maekor, Kecamatan Aru Selatan Utara, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, 11 Oktober 2020 dua pekan lalu. Penemuan bayi ikan hiu itu sempat menggegerkan warga setempat

GridHype.ID - Sebuah penemuan seekor bayi hiu bermata satu gegerkan warga dusun Jarukin, Desa Maekor, Kecamatan Aru Selatan Utara, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

Warga setempat menyebut jika bayi hiu memiliki mata mirip mirip manusia.

Bayi hiu bermata satu itu ditemukan memiliki ukuran panjang sekitar 30 sentimeter dengan motif berwarna putih cerah.

Bayi hiu tersebut ditemukan oleh salah satu nelayan setempat bernama Juman Selfara setelah ia membelah perut ikan hiu yang ia tangkap saat melaut di peraiaran desa tersebut pada dua pekan yang lalu.

Baca Juga: Kisah Allen yang Temukan Cairan Berbau Busuk Terus Mengalir di Dinding Rumahnya, Polisi Terkejut Saat Temukan Sumber dari Cairan Hitam Tersebut

X Learn more Penemuan bayi hiu bermata manusia itu pun sontak membuat warga di sejumlah desa di kecamatan tersebut heboh.

Warga kemudian berbondong-bondong mendatangi rumah Juman untuk melihat dari dekat kejadian tersebut.

Dadang Pattikaloba, menantu dari Juman Selfara menuturkan, awalnya mertuanya itu menemukan induk hiu itu terjerat jaring saat melaut di desa pantai tersebut pada 11 Oktober 2020 lalu.

Induk hiu itu lalu dibawa pulang ke kampung dan dibelah.

“Saat perut ikan hiu itu dibelah ternyata ada empat ekor bayi ikan hiu di dalam,

kebetulan ada seorang anak melihat perut hiu itu dibelah dan dia memberi tahu kepada mertua saya ada satu lagi dan ternyata benar jadi semua ada lima ekor,” kata Dadang, kepada Kompas.com, via telepon seluler, Rabu (21/10/2020).

Dia mengatakan, empat dari lima bayi hiu yang ditemukan di perut induknya itu tampak normal.

Baca Juga: Murah Meriah, Rempah Dapur Ini Ternyata Ampuh Atasi Sakit Gigi, Dijamin Langsung Sembuh

Sementara satu bayi hiu hanya memiliki satu mata dan dinilai mirip dengan mata manusia.

“Kami semua heran saat itu, ada anak hiu bermata satu seperti dajal dan mirip sekali dengan mata manusia.

Itu yang membuat geger sampai warga desa-desa tetangga semua datang ke sini,” ujar dia.

Warga setempat pun meyakini penemuan bayi ikan hiu itu sebagai pertanda, karenanya mereka tidak mau menguburkan bayi ikan hiu tersebut sampai saat ini.

(Dadang Pattikaloba)
(Dadang Pattikaloba)

Bayi hiu bermata satu ditemukan nelayan di Dusun Jarukin, Desa Maekor, Kecamatan Aru Selatan Utara, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, 11 Oktober 2020 dua pekan lalu. Penemuan bayi ikan hiu itu sempat menggegerkan warga setempat

Menurut Dadang, bayi ikan hiu itu saat ini telah diawetkan dengan cara dikeringkan.

“Menurut orang-orang di sini itu sebagai pertanda jadi ikan itu kami tidak kuburkan, kami keringkan dan sampai saat ini masih ada di sini,” ujar dia.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Aru Jongky Gutandjala membenarkan terkait temuan bayi hiu bermata satu itu.

Baca Juga: Jalani Hubungan Terlarang dengan Adik Kandung Sendiri, Tindakannya Terbongkar Usai Warga Pergoki Pelaku Buang Bayi, Begini Nasibnya Kini

"Iya benar, itu anak hiu mata satu itu ditemukan nelayan dua minggu lalu di Jarukin Desa Maekor," ujar dia.

Sedangkan Kepala Sub Seksi Pendayagunaan dan Pelestarian Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (PSPL) Sorong, Hendrik Sombo menuturkan, pihaknya masih terus mengumpulkan informasi terkait penemuan itu.

“Kami juga baru dapat info dari rekan kami di Satker Ambon tadi sore, dan saat ini kami masih terus mengumpulkan informasinya,” ujar dia.

Sementara itu, ahli ikan dari Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan Universitas Pattimura Ambon, Prof J Mosse mengatakan, fenomena ikan hiu bermata satu yang ditemukan nelayan di Aru itu sebagai cyclocephaly atau cyclopia.

“Ini disebut cyclocephaly atau cyclopia karena gagal sejak perkembangan embrio. Kasus ini jarang dan unik,” kata Mosse, kepada Kompas.com via telepon seluler.

Ia mengatakan, kegagalan perkembangan embrio itu menyebabkan anak hiu hanya memiliki satu mata karena perkembangan otaknya tidak sempurna.

Selain itu, ada dugaan telah terjadi kegagalan ekspresi gentik dari protein yang dibutuhkan untuk pembentukan otak pada bayi hiu tersebut.

Baca Juga: Diduga Untuk Persiapan Perang, Pemerintah China Meminta Warganya Untuk Menyiapkan Kebutuhan Darurat

“Akibatnya terjadi hanya satu bola mata yang terbentuk. Ada dugaan juga bahwa faktor lingkungan yang menghambat produksi protein, tapi ini masih dugaan,” ujar dia.

Ia menambahkan, hiu bermata satu sebelumnya pernah ditemukan oleh nelayan di Meksiko pada tahun 2011 silam.

Menurutnya, kasus tersebut tidak hanya terjadi pada hiu tapi juga organisme yg lain seperti, ayam, kambing dan lain-lain.

Hanya saja, kejadian itu jarang.

“Pada 2011 ada kasus yang sama pernah ditemukan di Meksiko juga, dan kasus seperti ini juga terjadi pada orgasme lain, seperti ayam, kambing dan lain-lain tapi memang kejadiannya langkah,” terang dia.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Heboh Bayi Hiu Bermata Satu, Mirip Mata Manusia, Ini Penjelasannya"

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Kompas

Baca Lainnya