Hidup Sederhana dan Tinggal di Rumah Kecil, Pejabat Negara ini Rupanya Sembunyikan Uang Suap Rp622 Miliar di Seluruh Dinding Rumahnya

Minggu, 18 Oktober 2020 | 14:15
Eva.vn

Ada uang di kasur dan dinding rumah Chen Yuhui.

Gridhype.id- Chen Yuhui menjadi salah satu koruptor di China yang menarik banyak perhatian masyarakat.

Sebuah investigasi yang dilakukan pada April 2019 silam berhasil mengungkap kejahatan sejumlah pejabat besar dan menyebut nama Chen Yuhui sebagai tersangka utamanya.

Chen Yuhui sendiri meruapakan satu diantara 17 nama tersebut, dia sebelumnya adalah mantan sekretaris Komite Kerja Distrik Camp, Shang, Xinhai.

Baca Juga: Tinggal di Rumah Kecil Nan Sederhana, Siapa Sangka Dinding Rumah Pejabat koruptor ini Justru Terdiri dari Tumpukan Uang yang Mencapai Triliunan

Sebagai koruptor kelas kakap dan penerima suap dia memiliki uang hingga 317 juta Yuan atau sekitar Rp622 miliar.

Menurut agen investigasi Chen mengambil keuntungan dengan memanfaatkan jabatan dan wewenangnya untuk melindungi seorang gangster bernama Liu.

Chen menerima tawaran yang kini menghancurkan pekerjaanya yaitu mentoleransi geng dan pengunaan bahan peledak ilegal.

Baca Juga: Artidjo Alkostar Diusulkan Jadi Dewan Pengawas KPK, Sosoknya Ternyata Bukan Orang Sembarangan, Bikin Para Koruptor 'Menciut' Dihadapannya

Eva.vn
Eva.vn

Chen Yuhui pejabat korup.

Chen juga menggunakan dana publik untuk membangun perusahaannya sendiri dan menerima suap dari sana sini.

Dari 2006 Chen Yuhui sudah menerima suap sekitar 5,73 juta Yuan (Rp11 miliar) berasal dari gangster Liu.

Dia melindungi Liu dan orang-orangnya sehingga membuatnya bisa berkuasa, dan tak takut dengan pejabat dan pemerintah.

Baca Juga: Dikuburkan Bersama Uang Rp 74 Juta Dalam Peti Matinya, Koruptor ini Tulis Surat Wasiat Ingin Menyogok Tuhan Agar Kabulkan Permintaannya

Liu menebarkan ketakutan dengan wewenang dari Chen, mengamuk di mana-mana, dan memaksa orang-orang tunduk kepadanya.

Sebagai imbalan atas bantuan Chen, Liu juga sering memberinya banyak hadiah seperti minuman langka, barang antik, lukisan, dan perhiasan.

Namun, sejak 2016 dia memutuskan hubungan dengan Chen, karena merasa bahwa dia terlalu serakah dan bejat sehingga cepat atau lambat bisa menyebabkan masalah.

Baca Juga: Kisah Ninig Suryaningsih, Dikabarkan Hilang Tenggelam di Pelabuhan Ratu, 18 Bulan Kemudian Berhasil Pulang dengan Selamat

Chen dituduh menerima suap dan korupsi sepanjang karirnya.

Dia juga menggunakan hal mistis dalam mencari keberuntungan, seperti memakai jimat dari Gunung Dai Dai di Kota Hanzhou, Shanxi, China.

Meski demikian, di hadapan banyak orang dia selalu menunjukkan kehidupannya yang sederhana terbukti dari rumahnya yang kecil dan sederhana.

Dia tinggal di rumah kecil itu sejak 1990-an dan tak ada yang mengira bahwa ada sesuatu yang 'megah' di dalam rumah itu.

Baca Juga: Megahnya Rumah Krisdayanti dan Raul Lemos di Kemang, Bangun Lapangan Badminton demi Penuhi Keinginan Sang Anak

Chen selama ini menghabiskan banyak uangnya untuk memberi rumah mewah dan menabung dengan cara gila.

Saat digeledah, polisi geleng-geleng kepala mengetahui 300 barang antik di rumahnya, bersama barang-barang mahal lainnya.

Eva.vn
Eva.vn

Hal yang paling mengejutkan adalah bahwa dinding kamarnya berlapiskan uang berton-ton, tersusun di dinding dan kasurnya untuk membuatnya tidur nyenyak.

Baca Juga: Berdasarkan Penelitian Berikut 9 Karakter Pria yang Sempurna Untuk Dijadikan Pasangan

Pada Juni 2018 dia diselidiki karena melanggar disiplin agensi dan pelanggaran hukum yang serius, terkait penggelapan, penyuapan, penyalahgunaan kekuasaan, dan upah.

November 2018 dia dikeluarkan dari partai dan diusir dari serikat, kemuidan 2019 dia dijatuhi 18 tahun penjara.

Kasus Chen ini adalah pelanggaran serius dan setelah kasus ini Komite Inpeksi Disiplin Distrik Tan Hai mengawasi pejabat lainnya dan memberikan peringatan. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari online dengan judul,Tinggal di Rumah Kecil dan Sederhana, Ternyata Rumah Kecil Milik Pejabat Koruptor Itu Memiliki Dinding Berlapis Uang Bertonton-ton, Dinding Kamarnya Terbuat Dari Triliunan Uang

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya