Cuman 2 Hari! Agensi BTS Buka Penawaran Umum, Satu Lembar Saham Rp1,7 Juta

Rabu, 07 Oktober 2020 | 11:45
KOMPAS.com

BTS

GridHype.ID - Mulai Senin (05/10/2020) Big Hit Entertainment, agensi manajemen superstar K-pop BTS, mulai berlangganan dua hari untuk penawaran umum perdana (IPO) minggu depan.

Penawaran ini menjadi penjualan saham terbesar di pasar lokal.

Langganan IPO berlangsung Senin hingga Selasa, sebelum perusahaan listing pada 15 Oktober.

Baca Juga: Angkat Bicara Soal Kisruh Omnibus Law UU Cipta Kerja, Krisdayanti Pamer Foto di Gedung DPR : Tidak Ada Niat Memanjakan Pengusaha

Big Hit Entertainment memasang 1.426.000 saham, senilai 192,51 miliar won (USD 165,3 juta), untuk ditawarkan kepada investor ritel.

Saham menyumbang 20 persen dari total penawaran perusahaan kali ini. Sementara, hrga IPO atau per lembar saham ditetapkan pada angka 135.000 Won atau Rp 1,7 Juta.

Agensi tersebut telah dijuluki sebagai salah satu dari tiga kesepakatan IPO besar tahun ini di Korea Selatan.

Mereka bersama dengan blue chip biofarmasi SK Biofarmasi dan raksasa game seluler Kakao Games.

Bulan lalu, investor menyumbang 58,5 triliun won dalam setoran langganan Kakao Games, terbesar dalam sejarah IPO Korea Selatan.

Beberapa ahli memperkirakan bahwa Big Hit Entertainment, dapat memecahkan rekor langganan penerbit game.

Penjualan tahunan perusahaan hampir dua kali lipat menjadi 587,2 miliar won tahun lalu, dengan laba operasi 98,7 miliar won.

Baca Juga: Wajahnya Disebut Mirip Lesty Kejora Sampai Bawa Hoki, Rizky Billar Ogah Lakukan Hal Ini dengan Sang Biduan : Sekarang Sendiri-sendiri Dululah

Perkiraan rumah pialang bervariasi tergantung bagaimana perusahaan akan tampil di pasar hiburan yang dilanda pandemi.

Pada akhir September, agensi memutuskan untuk mengalihkan konser BTS bertajuk ‘BTS MAP OF THE SOUL ON: E’ menjadi acara online.

Beberapa broker mencatat bahwa risiko virus akan berdampak terbatas pada agensi, karena BTS telah mengumpulkan banyak pengalaman dalam aktivitas online.

BTS menyumbang 98,2 persen dari penjualan tahunan agensi pada 2018 dan 97,4 persen pada 2019, menurut data agensi.

Soompi

Kolase foto Bang si Hyuk dan BTS.

Big Hit Entertainment telah membangun kerajaan K-popnya sendiri sejak didirikan pada 2005 oleh mantan produser JYP Entertainment Bang Si-Hyuk.

Setelah debut pasar perusahaan, Bang akan menjadi pemegang saham terkaya ke-14 di Korea Selatan.

Sebagai pemegang saham terbesar perusahaan, kepala agensi memegang 36,6 persen saham senilai sekitar 1,67 triliun won.

Baca Juga: Jadi Aktor Papan Atas Tanah Air, Reza Rahadian Pilih Hidup Tanpa Medsos, Ini Alasannya

Para Army, sebutan untuk penggemar BTS juga mulai bersiap membeli saham Big Hit.

Salah satu penggemar BTS, Kim Eun Hee ingin melengkapi koleksi memorabilia boy band Korea BTS dengan menawar lebih dari USD 120.000 untuk membeli saham di label musik grup Big Hit Entertainment dalam IPO terpanas Korea Selatan.

Perasaan yang menggebu-gebu sedang muncul di antara penggemar fanatik BTS Korea Selatan untuk mendapatkan setidaknya satu saham dari label band K-pop itu.

“Saya menambahkan dukungan saya ke BTS dengan membeli saham, itu akan menambah koleksi saya di sini," kata pria berusia 51 tahun itu di kafe bertema BTS yang dia jalankan di Seoul.

Tribunnews.com

Sebagai pemilik saham tertinggi, Bang Si Hyuk memberikan 68.385 saham pada ketujuh member BTS.

Di kafe itu, ia banyak mengisi dengan merchandise BTS, dari foto Jin anggota band seluas 47 inci hingga mainan yang dirancang oleh kelompok.

Big Hit Entertainment bertaruh bahwa go public akan menjadi sukses besar yang menunggangi kesuksesan band beranggotakan tujuh orang.

Kim dan empat penggemar lainnya yang menawar saham mengatakan mereka akan beruntung mendapatkan hanya satu saham masing-masing, bahkan jika mereka mengajukan penawaran individu untuk puluhan ribu dolar, karena permintaan ritel yang kuat.

Baca Juga: Ungkap Momen Pertama Kali Nembak Cewek di Warung Nasi Goreng, Gading Marten: Terkenal Banget di Anak 90s

Twitter

BTS dan Bang Si Hyuk

Pendaftaran Big Hit juga diharapkan membuat tujuh anggota BTS menjadi multijutawan, karena CEO Bang Si Hyuk pada bulan Agustus memberi mereka masing-masing 68.385 saham.

Beberapa penggemar BTS berencana untuk membeli saham Big Hit pada hari ulang tahun anggota band atau hari jadi lainnya.

“Saya bisa membayangkan diri saya membelinya pada hari ulang tahun V,” kata Alice Park, mengacu pada salah satu anggota band.

Baca Juga: Awalnya Ditolak, Vanessa Angel Bisa Tebus Xanax di Surabaya dengan Resep Jakarta, Modal Foto Bareng Pegawai Apotek

Park, seorang bankir berusia 28 tahun, mengambil pinjaman pribadi sebesar beberapa ratus ribu untuk mengajukan penawaran.

Penggemar membeli saham label musik bukanlah hal baru di kancah K-pop.

Media lokal telah melaporkan bahwa pada tahun 2008, seorang penggemar Girls Generation, membeli saham di labelnya SM Entertainment 041510.KQ seharga 22,5 juta won dan menyaksikannya meningkat lebih dari 2.700% dalam tiga tahun.

( Tribunjogja.com | Bunga Kartikasari )

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Segera Melantai di Bursa, Satu Lembar Saham Big Hit Entertainment Agens BTS Senilai Rp 1,7 Juta

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Tribun Jogja

Baca Lainnya