Terkuak Alasan Orang yang Hidup di Jalanan Lebih Kebal Virus Corona Ketimbang Golongan Menengah ke Atas, Begini Penjelasan dr Tirta!

Rabu, 30 September 2020 | 19:15
twitter/ @Tirta_Hudhi

dr Tirta

GridHype.ID - Penyebaran wabah virus corona semakin hari semakin mengkhawatirkan.

Pasalnya, penularan virus corona (Covid-19) diketahui menjadi hal yang sangat sulit diprediksi.

Tanpa memandang status sosial ekonomi, baik pejabat atau rakyat, baik muda ataupun tua, pria bahkan wanita bisa saja terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Banjir Pujian Saking Cantiknya, Sosok Nenek Yuni Shara Jadi Sorotan : Pantes Cucunya Cantik Semua

Kondisi inilah yang tak sedikit muncul pertanyaan besar bagi orang awam, salah satunya seperti kenapa belum ada laporan mengenai gelandangan atau orang sakit jiwa yang terpapar virus corona.

Padahal akan lebih bahaya jika mereka terkena Covid-19, karena hidup berpindah-pindah tempat.

Mengenai hal itu, dokter relawan sekaligus influencer, dr. Tirta Mandira Hudhi akhirnya memberikan jawaban mengenai masalah tersebut dalam sebuah video.

Baca Juga: Sempat Teror Warga Medan, 7 Kawanan Becak Hantu Diciduk, 3 Diantara Pelaku adalah Perempuan

Video yang diunggah kembali dari postingan netizen itu, menunjukan dirinya yang tengah menjelaskan kenapa mengapa orang-orang yang hidup dijalanan lebih kebal virus corona ketimbang orang golongan menengah ke atas.

“Kenapa covid-19 kebanyakan menyerang orang yang menengah ke atas? Karena tubuhnya belum biasa disikat, bro. Nah dari sini kan kalian tahu kenapa orang gila, gelandangan, orang pasar gak kena (Covid-19)?” terang dokter Tirta, dalam video singkat yang diunggahnya, Senin (28/9/2020).

Menurut dokter Tirta dipostingan selanjutnya, orang-orang yang hidup di jalanan sudah terbiasa hidup dengan kondisi ekstrem sehingga sitem imunya pun lebih kuat.

Baca Juga: Terang-terangan Lebih Pilih Posisi Ini Dibanding Menteri BUMN, Erick Thohir Beberkan Gaji yang Diterima

“Orang-orang yang hidup di jalan terbiasa keras, itu imunnya lebih kuat. Itu alasan kenapa alasan orang gila gak pernah kena, gelandangan gak pernah kena, Jerinx gak kena, kenapa saya gak kena, karena kita pernah hidup keras,” ujar dokter Tirta di unggahan IG Story, Selasa (29/9/2020).

Lebih lanjut ia mengingatkan orang-orang yang terbiasa hidup keras untuk bersyukur, karena dengan adanya wabah ini membuat mereka justru selamat bahaya.

“Karena yang selamat duluan orang kecil. Karena mereka terbiasa hidup keras, hidup susah, makan gak enak, baterainya banyak. Otomatis, tentaranya lebih kuat. Itulah alasannya kenapa saya terangkan dulu pelan-pelan,” lanjut dia.

Baca Juga: Bikin Bergidik Jijik, Ekspresi Sopir Baim Wong saat Dipaksa Makan Belatung dengan Iming-iming Uang Rp 250 Ribu: Lagi Dong...

DokterTirtajuga membeberkan alasan, mengapa orang kantoran lebih mudah terkena Covid-19, dibanding orang kecil atau yang terbiasa hidup di jalanan.

“Kembali lagi, Covid-19 itu antibodi kita, orang kantor cuma duduk dari jam 7 pagi, kerja ngadep laptop, kena AC, jendela tertutup, gak kena matahari, duduk doang. Makan fast food, delivery, pulang jam 8, tidur kurang, main HP terus, kena AC, kalau kena Covid-19 tentaranya lemah,” tegas dia.

Menurut drTirta, itulah alasannya mengapa klaster perkantoran di DKI Jakarta, paling ‘gila’.

Baca Juga: Ikut 'Tergelitik' dengan Absennya Menteri Terawan di Acara Mata Najwa, Bintang Emon Beri Sindiran Pedas: Bercanda Astaga!

“Kenapa DKI paling fatal? Karena orang-orangnya kerja di kantor, imunnya lemah semua,” tutup dokter Tirta.

Di masa pandemi virus corona ini, penting bagimasyarakat untuk selalu menjaga daya tahan tubuhnya tetap baik.

Terlebih menurut Direktur Divisi Penyakit Menular di Universitas Alabama, AS, Jeanne Marrazzo, seperti dikutip dari WebMD, orang dengan sistem imun yang lemah sangat rentan terserang infeksi penyakit termasuk Covid-19.

Artikel ini telah tayang di GridHealth.ID dengan judul Terungkap Alasan Kenapa Orang Sakit Jiwa dan Gelandangan Bisa Kebal Covid-19, Ini Penjelasannya

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Grid Health

Baca Lainnya