Sejak Minggu Malam Warga Ibu Kota Digegerkan dengan Suara Dentuman Misterius, Bunyi Itu Kembali Terdengar Senin Pagi Ini

Senin, 21 September 2020 | 10:45
Pexels.com/Andre Furtado

Ilustrasi: Hujan Petir di Jakarta. Sebagian warga DKI Jakarta pada Ahad (20/9/2020) malam dihebohkan dengan adanya suara dentuman yang terdengar di kawasan Tebet, Pasar Minggu, Kalibata, hingga Cawang.

GridHype.ID - Pada Senin (21/09/2020) pagi suara dentuman yang tak diketahui asalnya gegerkan warga ibukota.

Dilansir dari Kompas.com, suara dentuman itu terjadi sekitar pukul 05.33 WIB. Belum diketahui pasti asal muasal suara dentuman tersebut.

Suara dentuman juga terdengar pada Minggu malam kemarin.

Baca Juga: Kunjungi TPU Pondok Ranggon, Anies Baswedan Ungkap Perjuangan Penggali Kubur yang Pantang Pulang Meski Malam Datang Sampai Ingatkan Hal Ini pada Masyarakat DKI Jakarta

Ardito, salah satu warga Duren Sawit, Jakarta Timur, mengatakan, suara dentuman cukup keras hingga membangunkan tidurnya pada Senin pagi.

"Iya kebangun gara-gara dentuman nih, kedengeran dua kali," ujar Ardito melalui pesan singkat.

Menurut Ardito, suara dentuman tersebut terdengar seperti suatu benda besar yang jatuh.

Bunyi tersebut terdengar sangat cepat, dalam hitungan detik.

"Suaranya kayak suara barang jatuh.

Tidak seperti suara petir yang geruduk-geruduk gitu sih.

Sebentar banget suaranya, tidak sampai 5 detiklah," kata dia.

Baca Juga: Warga di DKI Jakarta Digegerkan dengan Dua Kali Suara Dentuman Misterius hingga Sebabkan Getaran

Annisa (25), warga Manggarai, Jakarta Selatan juga mendengarkan suara dentuman yang tidak diketahui asalnya pada Senin pagi.

"Suara dentuman saya dengar jam 5.30 WIB. saya lagi mau beres-beres rumah.

Saya dengarnya dua kali," katanya.

Menurut Annisa, suara tersebut mengundang perhatian orang-orang di sekitar rumahnya untuk keluar rumah.

Kompas.com

Dentuman yang terjadi tadi malam di Jakarta bukanlah gempa ataupun ledakan, namun adanya petir yang dijelaskan oleh BMKG

BMKG duga detuman terkait fenomena petir

Semalam suara dentuman juga terdengar dua kali pada sekitar pukul 19.45 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) menduga suara dentuman misterius yang terjadi Minggu malam terkait dengan fenomena petir di Gunung Salak, Jawa Barat.

Ketua Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, hasil monitoring pihaknya tidak mencatat adanya aktivitas gempa ketika warga melaporkan adanya peristiwa tersebut semalam.

Baca Juga: Gak Perlu Skincare Mahal Bikin Kulit Wajah Mulus Bebas Komedo, Coba Gunakan Daun Kelor untuk Perawatan Kulit

"Saat warga melaporkan suara dentuman malam ini, BMKG tidak mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta dan sekitarnya," ujar Daryono dalam keterangannya, Minggu malam.

Namun, hasil monitoring petir yang dilakukan BMKG didapati adanya aktivitas di kawasan Gunung Salak sekitar pukul 19.00 - 21.00 WIB saat sejumlah warga mengaku mendengar suara dentuman.

BMKG menduga bahwa dentuman yang terdengar sebanyak dua kali yang menyebabkan terjadinya getaran itu efek dari aktivitas petir tersebut.

"Suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir," ujar dia.

Baca Juga: Belum Kelar Wabah Covid-19, Ribuan Orang di China Terinfeksi Bakteri Brucella, Begini Penjelasannya

Daryono mengatakan, pihaknya tidak ingin berspekulasi lebih jauh mengenai sumber suara dentuman yang terdengar di Ibu Kota, khususnya wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Minggu malam kemarin.

Menurut dia, BMKG hanya mengacu pada data hasil pemantauan dari sejumlah alat deteksi yang digunakan dan mencatatkan adanya aktivitas petir saat peristiwa tersebut terjadi.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suara Dentuman Misterius Kembali Terdengar di Jakarta Senin Pagi"

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Kompas

Baca Lainnya