Kabar Baik, Pemerintah Pastikan BLT UMKM Senilai Rp 2,4 Juta Diperpanjang Sampai Tahun 2021

Kamis, 10 September 2020 | 18:00
Tribunnews.com

Ilustrasi bantuan. Ada 4 bantuan pemerintah yang bisa didapat sampai tahun depan

GridHype.ID - Pemerintah berikan beragam bantuan kepada masyarakat di krisis pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Salah satu sektor yang dibantu pemerintah adalah UMKM.

Kabar baiknya, bantuan untuk UMKM senilai Rp 2,4 juta akan diperpanjang sampai tahun 2021.

Baca Juga: Sering Dilakukan, Siapa Sangka Mencuci Ayam Sebelum Dimasak Ternyata Salah Besar!

Hal ini dinyatakan langsung olehMenteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai ( BLT) sebesar Rp 2,4 juta untuk pengusaha mikro bakal diperpanjang hingga tahun 2021.

"Jika perekonomian nasional pada kuartal I-2021 masih landai, maka bantuan ini kemungkinan besar akan diteruskan," ujar Teten dalam sambutannya melalui virtual pada pembukaan pelatihan bertema "KUKM Eksis dan Mampu Beradaptasi dalam Pandemi COVID-19 dan Era New Normal", Senin (7/9/2020).

Teten mengatakan, bantuan ini diberikan secara cuma-cuma alias hibah untuk membantu para pelaku usaha mikro agar memiliki modal ketika membuka usahanya.

Baca Juga: Sempat Gagal Dipinang Bangsawan Malaysia 7 Tahun Lalu, Artis Cantik ini Tinggalkan Dunia Hiburan Usai Dinikahi Anggota DPRD

Pertamina.com
Pertamina.com

Iustrasi UMKM

BLT ini diberikan kepada pengusaha mikro yang benar-benar memenuhi persyaratanlah yang akan mendapatkan bantuan ini.

Untuk persyaratannya, penerima sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan, pelaku usaha merupakan WNI, mempunyai nomor induk kependudukan (NIK), mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul, bukan anggota aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri, ataupun pegawai BUMN/BUMD.

Baca Juga: Indonesia Berduka, Pendiri Kompas Gramedia Jacob Oetama Tutup Usia

Sementara mengenai caranya, para pelaku pengusaha mikro bisa mengajukan atau mendaftarkan namanya ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) kabupaten/kota di wilayah masing-masing.

Masyarakat yang mengajukan diri akan didata dan dicek satu per satu apakah benar-benar layak mendapatkan bantuan atau tidak.

Setelah itu, pemerintah akan mengirimkan dana sebesar Rp 2,4 juta ke masing-masing rekening.

Baca Juga: Selalu Menyangkal Jadi Duri dalam Rumah Tangga Maia Estianty, Foto Lawas Al El Dul Jadi Bukti Mulan Jameela Rebut Ahmad Dhani 10 Tahun Lalu

"Jadi kami ingin mengajak kepada pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan pembiayaan modal kerja dan investasi dari perbankan untuk ikut aktif mendaftarkan diri melalui dinas koperasi terdekat," jelas Teten.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul BLT UMKM Rp 2,4 Juta Diperpanjang hingga 2021, Ini Syarat untuk Mendapatkannya

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : KOMPAS.com

Baca Lainnya