Nggak Perlu Diservice, Coba Atasi Smartphone yang Lemot dengan 6 Trik Mudah ini

Rabu, 09 September 2020 | 09:30
Freepik

Hampir Selalu Dilarang, Benarkah Sinyal dari Ponsel Bisa Sebabkan Gangguan di Pesawat?

Gridhype.id-Di era yang serba digital seperti sekarang ini, smartphone menjadi hal penting untuk menunjang segala aktivitas harian.
Namun kerap kali performa smartphone yang sering lemot atau lelet menjadi masalah tersendiri bagi kita.Ada berbagai macam faktor yang bisa menyebabkan smartphone menjadi lelet dalam memproses perintah saat digunakan. Tak perlu repot service, kamu bisa mencoba mengatasi smartphone yang lemot dengan beberapa trik mudah.
Baca Juga: Jangan Klik ‘OK’ Jika Muncul Notifikasi ini Pada WhatsApp, iItu Tandanya Akunmu Sedang Dibajak Nyatanya setelah setidaknya dua tahun, kecepatan maupun kemampuan smartphone kamu akan menurun lho.
Ada banyak penyebab yang bisa mempengaruhi lemotnya smartphone kamu. Penyebab tersebut antara lain yaitu karena aplikasi yang tidak diperbarui dan terlalu banyak menginstall aplikasi tak berguna. Lalu, jika sudah begitu apakah kita harus langsung mengganti smartphone kita dengan yang baru? Kamu nggak perlu melakukan hal tersebut jika melakukan cara-cara di bawah ini agar performa smartphone kamu nggak lemot.
Baca Juga: Dulu Digandrungi Hingga Produknya Laku Keras, Namun Kini Orang Indonesia Mulai Ogah Beli Ponsel Merek ini, Simak Alasannya 1. Uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting Semakin banyak aplikasi yang kamu install justru membuat memori internal dan RAM-mu penuh tanpa disadari. Hal tersebut menjadi salah satu pemicu lemotnya smartphone kamu lho. 2. Nonaktifkan bloatware atau aplikasi bawaan pabrik Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi pengaturan ponsel dan masuk ke bagian aplikasi lalu pilih aplikasi mana yang akan dinonaktifkan. 3. Hapus widget yang sudah tidak terpakai Sebab, terlalu banyak widget juga membuat ponsel Anda melambat.
Baca Juga: Ibu Wajib Tahu, Bercak Putih atau Kemerahan Pada Pip Bayi Bukan Karena Sisa Asi, Tetap Bisa Jadi Pertanda Penyakit ini Pada Si Kecil 4. Matikan koneksi data saat tidak digunakan Ntah kamu sadari atau tidak, koneksi data bisa menghabiskan daya bateraimu lebih cepat. Bahkan, bisa memperlambat kinerja ponselmu juga lho. Makanya, matikan saat memang benar-benar tidak diperlukan ya. 5. Matikan atau kurangi fitur Auto-sync Beberapa diantara pengguna Android banyak memasukkan akun berbeda untuk sinkronisasi pada beberapa aplikasi. Namun secara tidak disadari, fitur ini cukup memakan RAM dan tidak terkecuali baterai lho. Oleh karenanya, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk mematikan fitur ini ya.
Baca Juga: Coba 7 Trik Berikut ini Untuk Menghemat Kuota Saat Lakukan Zoom Meeting 6. Reset ke pengaturan pabrik Cara ini bisa dibilang cara jitu sih memang, apalagi bagi kamu yang sudah benar-benar kesal dengan lemotnya kinerja smartphone-mu. Melalui reset pabrik, kondisi ponsel Anda akan kembali ke pengaturan awal bawaan pabrik. (*)
Artikel ini telah tayang di Nextren dengan judulAtasi Lemotnya Smartphone Kamu dengan 6 Cara Ampuh Berikut Ini

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : NexTren

Baca Lainnya