Gridhype.id- Seiring berkembangnya teknologi, banyak sekali merek ponsel dengan berbagai fitur canggih yang ditawarkan.
Mulai dari handphone harga terjangkau hingga produk flagship harga selangit, para produsen ponsel berlomba-lomba menguasai pasar Indonesia.
Salah satu merek handphone yang sempat berjaya di Indonesia adalah Samsung.
Samsung menjadi salah satu brand handphone yang penjualan produknya cukup kuat di Indonesia.
Namun sayang berdasarkan penelitian yang dilakukan Analis Pasar IDC Indonesia, Risky Febrian minat masyarakat untuk membeli handphone Samsung justru merosot.
Iamengungkap alasan merosotnya pamor Samsung di Indonesia pada kuartal 3 2019 (Q3 2019 antara Juli-September 2019).
Menurut Risky, Oppo dan Vivo bisa menyalip pengapalan perusahaan asal Korea Selatan itu lantaran Samsung terlalu terburu-buru meluncurkan ponsel seri As.
Seri As adalah versi perpanjangan dari Samsung Galaxy A yang sudah meluncur sejak awal tahun.
Samsung Galaxy A10s dan A20s adalah contoh dari seri tersebut.
"Seri As yang diluncurkan kuartal ketiga ini memang membawa fitur-fitur yangup-to-date, namunupgradeseri As dianggap terlalu cepat dan peningkatan spesifikasi yang dilakukan tidak terlalu jauh," ujarnya.
Menurut data yang dikumpulkan IDC, Samsung melorot ke posisi 3 disalip oleh Oppo yang menempati posisi pertama dan Vivo di tempat kedua pada Q3 2019.
Sementara Xiaomi menempati posisi empat dan Realme menguntit di posisi lima.
Baca Juga: Hentikan Sekarang Juga, ini 4 Perubahan Mengerikan Pada Tubuh Jika Begadang Sambil Main Hp
Hal ini terungkap dari hasil riset IDC Indonesia yang dirilis Kamis (14/11).
IDC Indonesia memperkirakan stok ponsel seri A dari pengapalan yang lalu masih banyak tersedia di pasar.
Sehingga, memengaruhi performa pengiriman ponsel pada kuartal ketiga ini.
"Selain itu karena stok di kuartal sebelumnya masih banyak di pasar, jadi kuartal ketiga memang cukupdrop shipmentterbarunya," kata Risky.
Sejak awal tahun 2019 Samsung gencar meluncurkan sejumlah ponsel seri A. Seri A ini berjejer mulai dari A10, A20, A30 hingga A80.
Ponsel seri A sengaja dikeluarkan Samsung sebagai bentuk perlawanan balik dari ponsel-ponsel China yang gencar menggempur pengguna di segmen kelas menengah.
Pada Maret 2019, Samsung sempat mengumumkan kalau mereka mengeliminasi ponsel seri J.
Seri J sebelumnya merupakan senjata Samsung untuk ponsel kelas menengah.
Namun, perusahaan Korea Selatan itu akhirnya memilih untuk menurunkan kelas seri A untuk bertempur di segmen kelas menengah.
Persaingan para vendor ponsel untuk berebut pasar pada ponsel kelas menengah memang cukup sengit.
IDC sebelumnya sempat mengungkap kalau pangsa pasar terbesar Indonesia memang ada di kelas ini, dengan ponsel-ponsel di rentang harga Rp2 jutaan.
Strategi Samsung dengan ponsel seri A miliknya sepertinya cukup membuahkan hasil.
Berdasarkan catatan IDC, seri A dinilai cukup sukses mendongkrak pamor Samsung pada kuartal pertama (Januari-Maret) dan kedua (April-Juni) 2019.
Saat itu, Samsung berhasil mempertahankan predikat vendor ponsel nomor 1 di Indonesia.
Pengapalan Samsung di kuartal kedua juga tercatat cemerlang, sebesar 26,9 persen.
(*)
Artikel ini telah tayang di infokomputer.ID dengan judulMengapa Orang Indonesia Mulai Ogah Beli Hape Samsung?