Kemendikbud Gelontarkan Dana Fantastis Demi Mudahkan Proses Belajar, Gratis Selama 4 Bulan

Minggu, 30 Agustus 2020 | 17:15
pixabay

Isu soal pemerintah yang akan berikan kuota gratis ke masyarakat

GridHype.ID - Pemerintah Indonesia gencar memberikan bantuan pada masyarakat di tengah krisis pandemi corona seperti saat ini.

Bahkan,Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan kuota internet gratis, begini cara mendapatkannya.

Bantuan dari pemerintah ini diharapkan dapat membantu kegiatan belajar mengajar jarak jauh yang diterapkan selama pandemi covid-19.

Baca Juga: Bak Angin Segar di Tengah Pandemi, Jokowi Sebut Jika Bantuan Rp 2,4 Juta Masih Kurang, Pelaku UMKM Boleh Minta Tambahan, Begini Caranya

Terlebih,sudah hampir enam bulan, kegiatan belajar mengajar baik di jenjang sekolah maupun perkuliahan, dilaksanakan secara daring.

Melihat pandemi masih terus berlangsung, Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan pun akhirnya memutuskan untuk memberikan subsidi kuota internet gratis kepada guru, siswa, mahasiswa, dan dosen.

Hal tersebut tentu dilakukan untuk memudahkan proses belajar mengajar selama pandemi.

Baca Juga: Girang Akhirnya Ngonser Lagi, Nia Ramadhani Pamer Nonton Konser Drive In Sambil Joget-joget di Mobil

Lantas, bagaimana cara untuk mendapatkan kuota gratis ini ya?

Mengutip dari Tribunnews.com, pemberian kuota gratis dari Kemendikbud ini berlaku selama 4 bulan, yakni mulai September hingga Desember 2020.

Subsisdi pemberian kuota gratis ini berguna untuk mendukung program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: Balas Komentar Nyinyir Soal Kedekatannya dengan Lesty Kejora, Rizky Billar Sebut Rizky Ridho Laki-laki yang Belum Dewasa

Adapun rincian kuota internet gratis yang diberikan, yaitu siswa mendapat 35 GB/bulan, guru mendapat 42 GB/bulan, mahasiswa dan dosen mendapatkan 50GB/bulan.

"Pulsa, pulsa, pulsa, ini adalah (masalah) nomor satu," jelas Nadiem Anwar Makarim pada Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI, yang berlangsung semi daring di Jakarta, Kamis (27/8/2020) dikutip dari Kemdikbud.go.id.

Untuk mendapatkan subsidi kuota internet ini, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, Jumeri, mengatakan bahwa peserta didik yang memiliki nomor ponsel akan didaftarkan oleh sekolah.

Baca Juga: Foto Chadwick Boseman Tampak Lesu Viral Lagi, Kini Penggemar Tahu Fakta Sebenarnya

Nomor ponsel siswa dan guru akan dimasukkan dalam data pokok pendidikan (dapodik).

"Nantinya, dari dapodik akan memilah setiap operator seluler misalnya dari A sampai Z. Setiap nomor, nanti akan diisi pulsa data internet," jelas Jumeri.

Jumeri juga menambahkan, bahwa nomor yang didaftarkan boleh memakai nomor orang tua.

Sebab, terkadang ada anak yang tidak memiliki ponsel pribadi dan memakai nomor orang tuanya.

Baca Juga: Wanita Ini Kesal Bukan Kepalang Saat Tahu Putrinya Lakukan Hubungan Intim dengan 5 Pria

Selain itu, Jumeri pun mengatakan jika nantinya masih ada siswa yang belum mendapatan subsidi kuota internet ini, maka akan dibuka tahapan berikutnya.

Dengan adanya subsidi kuota internet, Jumeri berharap orang tua dapat membimbing dan mengawasi anak-anaknya selama belajar daring.

"Kami berharap, orang tua nantinya mau membimbing dan mengawasi anak-anaknya. Anak tidak boleh dibiarkan. Jadi kalau kuota habis untuk hal-hal lain diluar PJJ, ya bisa meminta kuota orang tuanya," jelas Jumeri seperti dikutip dari Kompas.com.

Artikel ini telah tayang di Nakita dengan judul Mudah dan Cepat, Begini Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Selama 4 Bulan dari Kemendikbud

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Nakita

Baca Lainnya