Jejak Virus Corona Ditemukan Pada Kemasan Makanan Beku di China, Benarkah Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Kemasan Makanan?

Jumat, 28 Agustus 2020 | 06:30
studentlifeguide.co.uk

Gizi makanan beku atau frozen food dibanding makanan segar

Gridhype.id-Masa new normal sudah mulai diberlakukan sejak terjadinya pandemi COVID-19 di seluruh dunia.

Namun hal inimasih menyisakan kekhawatiran bagi masyarakat akan penularan virus COVID-19 melalui berbagai sumber.

Salah satunya seperti baru-baru ini, jejak virus corona ditemukan pada kemasan makanan beku di Cina yang dikirimkan dari Amerika Serikat.

Lantas muncullah kekhawatiran, bisakahvirus coronamenular lewat kemasan makanan?

Baca Juga: Di Tengah Pandemi Covid-19 Sangat Penting Adanya Perencanaan Keuangan

Penjelasan Ahli

Para ahli mengungkapkan secara teori sangat mungkin kita terpapar COVID-19 dari kemasan.

Seperti dikutip dari BBC Indonesia, Jumat(28/08/2020), studi yang dilakukan di laboratorium menunjukkan virus corona bisa bertahan selama beberapa jam di beberapa bahan kemasan, seperti karton dan berbagai jenis plastik.

Apalagi sebagian besar makanan kemasan diangkut dan disimpan dalam suhu rendah, yang memungkinkan virus lebih stabil saat bertahan di suhu yang lebih rendah.

Kendati demikian, ilmuwan masih mempertanyakan apakah hasil penelitian ini dapat direplikasi di luar laboratorium.

Baca Juga: 3 Aktor Korea Selatan Positif Terinfeksi Virus Covid-19 Setelah Ketiganya Saling Kontak, Sejumlah Produksi Drama Dihentikan

Virus Enggak Bertahan Lama

Profesor ilmu pernapasan di University of Leicester, Inggris, Dr Julian Tang mengatakan di dunia luar, kondisi lingkungan dapat berubah dengan cepat.

Artinya, virusenggak dapat bertahan lama.

Sementara itu, Emanuel Goldman, profesor mikrobiologi di Universitas Rutgers juga menunjukkan studi laboratorium menggunakan sampel hingga 10 juta partikel virus.

Sedangkan jumlah partikel virus, misalnya dalam tetesan aerosol ke permukaan, ternyata kemungkinan hanya sekitar 100.

"Kemungkinan transmisi melalui permukaan sangat kecil, dan hanya ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin di permukaan itu, dan orang lain menyentuh permukaan itu tak lama setelah batuk dan bersin (dalam waktu satu hingga dua jam)," kata Goldman dalam makalahnya di jurnal Lancet pada Juli lalu, seperti dilansir dari Kompas.comSenin (24/8/2020).

Baca Juga: Dokter Reisa Broto Asmoro Sebut Jika Kolam Renang Sudah Bisa Dibuka Kembali, Simak 4 Tips Aman Berenang Ditengah Pandemi Covid-19

Cara Penularan Virus dari Kemasan Makanan

Asumsi risiko penularan umumnya didasarkan bahwa pekerja di pabrik pengemasan makanan mungkin menyentuh permukaan yang terkontaminasi, kemudian menyentuh mata, hidung dan mulut mereka.

Namun, saat ini para ilmuwanenggak menganggap bahwa ini adalah jalur utama penularan dari sebagian besar kasus COVID-19.

"Ada kemungkinan seseorang bisa tertular COVID-19 dengan menyentuh permukaan atau benda yang ada virusnya," kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat dalam situsnya.

Namun hal inienggak lantas dianggap sebagai cara utama virus SARS-CoV-2 atau corona menyebar.

Faktanya, virus ini diperkirakan menyebar secara langsung dari orang ke orang.

Dr. Tang menambahkan, untuk membuktikan seseorang telah tertular virus melalui kemasan juga akan sulit.

Penting untuk mengecualikan paparan baru-baru ini dari sumber lain, termasuk kontak sosial tanpa gejala, untuk memastikan bahwa pajanan atau paparan terkait kemasan adalah penyebab sebenarnya dari infeksi.

Baca Juga: Campuran Lada, Garam dan Lemon, Ramuan Herbal yang Ampuh Atasi 10 Masalah Kesehatan, Mulai dari Redakan Asma Hingga Turunkan Berat Badan

Cara Agar Tetap Aman

mediniz.com

Mencuci tangan

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization atau WHO) mengatakan saat ini belum ada kasus terkonfirmasi COVID-19 yang ditularkan melalui makanan atau kemasan.

Akan tetapi, WHO mencantumkan sejumlah tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari kontaminasi silang selain mendisinfeksi kemasan barang.

Salah satunya, menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan yang benar setelah memegang paket makanan dan sebelum makan.

Lalu jika berbelanja bahan makanan, gunakan pembersih tangan sebelum memasuki toko dancuci tangan setelahnya jika memungkinkan.

Cuci tangan juga setelah memegang dan menyimpan produk yang dibeli, serta disarankan untuk mencuci tangan setelah menerima makanan dan pengiriman bahan makan.

Beberapa ahli juga merekomendasikan hanya menggunakan kantong plastik satu kali untuk terhindar dari penularan virus corona. (*)

Artikel ini telah tayang di cewekbanget.id dengan judul,Penjelasan Ahli Soal Virus Corona Menular Lewat Kemasan Makanan!

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : cewekbanget.grid.id

Baca Lainnya