Sempat Jadi Kontroversi, Para Bos Kartu Prakerja Kantongi Gaji Rp 77 Juta dan Sederet Fasilitas Ini

Jumat, 31 Juli 2020 | 19:30
setkap.gp.id

Kartu Pra Kerja

GridHype.ID - Bagaimana dengan kartu prakerja yang kamu miliki?

Seperti yang diketahui sebelumnya, kartu prakerja ini berguna untuk mengurangi pengangguran di Indonesia.

Namun, program dari pemerintah ini malah jadi buah bibir masyarakat.

Ya, baru-baru ini, kehadiran dari kartu prakerja sempat menjadi kontroversi.

Baca Juga: Fantastis! Presiden Jokowi Teken Prepres Gaji Direktur Eksekutif Program Kartu Pra Kerja Senilai Rp 77,5 Juta

Kartu Prakerja sendiri dilansir dari laman resmi Kementrian Ketenagakerjaan an laman Prakerja.go.id, Rabu (25/3/2020), Kartu Pra Kerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.

Tujuan program Kartu Prakerja adalah mengurangi pengangguran maupun mencegah pengangguran kembali.

Kartu ini juga digunakan untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi kerja.

Baca Juga: Pemegang Kartu Prakerja, Program Andalan dari Jokowi Selama Pandemi Terpaksa Telan Pil Pahit Lantaran Dana Insentif Tak Kunjung Cair

Para pemilik Kartu Prakerja nantinya bisa memilih langsung pelatihan atau kursus yang diminati melalui platform digital yang telah disiapkan pemerintah. Akan ada berbagai jenis pelatihan yang disiapkan.

Kartu Prakerja ini diproyeksikan bisa menyasar 2 juta orang peserta yang akan difasilitasi dengan pelatihan vokasi seperti keterampilan di bidang manufaktur, pariwisata, ekonomi digital, dan sebagainya.

Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan gaji para direktur Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja.

Baca Juga: Bak Dapat Durian Runtuh! Selain Gaji ke-13 yang Segera Cair Bulan Agustus, PNS Akan Terima 6 Tunjangan di Luar Gaji Pokok!

Besaran gaji ini sempat jadi kontroversi karena nilainya cukup besar serta kondisi ekonomi yang tengah sulit di masa pandemi Covid-19.

Gaji para direktur Kartu Prakerja diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 81 Tahun 2020 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Direktur Eksekutif dan Direktur pada Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja. D

Dalam Pasal 2 (1) beleid tersebut, hak keuangan bagi Direktur Eksekutif dan Direktur Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja diberikan setiap bulan.

Baca Juga: Fantastis! Presiden Jokowi Teken Prepres Gaji Direktur Eksekutif Program Kartu Pra Kerja Senilai Rp 77,5 Juta

Dikutip dari Pepres tersebut, berikut rincian gaji Direktur Kartu Prakerja:

  • Direktur Eksekutif: Rp 77.500.000.
  • Direktur Operasi: Rp 62.000.000.
  • Direktur Teknologi: Rp 58.000.000.
  • Direktur Kemitraan, Komunikasi, dan Pengembangan Ekosistem: Rp 54.250.000.
  • Direktur Pemantauan dan Evaluasi: Rp 47.000.000.
  • Direktur Hukum, Umum, dan Keuangan: Rp 47.000.000.
Baca Juga: ASN, TNI, dan Polri Bisa Bernapas Lega, Gaji Ke-13 PNS Segera Cair Bulan Agustus, Simak Besarannya!

Gaji yang diterima para petinggi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja tersebut bersifat bersih atau neto.

Hak keuangan bersifat bersih atau neto merupakan hak keuangan yang diterima oleh Direktur Eksekutif dan Direktur pada Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja setelah dipotong pajak.

Pajak gaji bos Kartu Prakerja kemudian dibebankan pada Sekretariat Komite.

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Tukang Las Bawah Laut, Bertaruh Nyawa dengan Gaji Ratusan Juta per Tahun!

Selain gaji, Direktur Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja juga menerima sejumlah fasilitas dari negara antara lain biaya perjalanan dinas yang diberikan dalam bentuk biaya perjalanan dinas apabila melakukan perjalanan dinas.

Fasilitas biaya perjalanan dinas bagi Direktur Eksekutif Kartu Prakerja setara dengan biaya perjalanan dinas Jabatan Pimpinan Tinggi Madya pada kementerian lembaga (K/L).

Sementara fasilitas biaya perjalanan dinas bagi Direktur Operasi, Direktur Teknologi, Direktur Kemitraan, Komunikasi, dan Pengembangan Ekosistem, Direktur Pemantauan dan Evaluasi, dan Direktur Hukum, Umum, dan Keuangan diberikan setara dengan biaya perjalanan dinas Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

Baca Juga: Angin Segar Jelang Lebaran Haji, Gaji Ke-13 ASN Tahun 2020 Bakal Segera Cair, Berikut Besaran Gaji Ke-13 yang Akan Diterima ASN Tahun Ini

Lalu fasilitas lain yang didapat pimpinan Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja yakni berupa jaminan sosial.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky, tidak merespon ketika dihubungi terkait besaran gaji dan fasilitas yang didapat Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, gaji yang diterima oleh para direksi pelaksana program Kartu Prakerja sudah sesuai dengan tanggung jawab yang diemban.

Baca Juga: Terungkap Besaran Gaji Hengky Kurniawan Jadi Wakil Bupati, Nominalnya Sampai Bikin Raffi Ahmad Syok

"Saya kira itu sudah diatur dan sesuai, dihitung berdasarkan beban pekerjaannya," ujarnya di Jakarta.

Menurutnya perhitungan gaji manajemen program Kartu Prakerja sudah diperhitungkan dengan benar meski program tersebut kini terhenti sementara waktu.

"Tentu ini sudah dikalkulasi dengan baik," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di GridPop.ID dengan judul Bikin Ngiler, Tak Hanya Terima Gaji Rp 77 Juta Tiap Bulan, Berikut Sederet Fasilitas yang Diterima Bos Kartu Prakerja

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : GridPop.ID

Baca Lainnya