Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Terjangkit Virus Corona, ini 3 Kelemahan Virus Covid-19 yang Wajib Kamu Tahu

Rabu, 29 Juli 2020 | 08:45
kompas.com

Ilustrasi virus corona (Covid-19).

Gridhype.id-Virus corona yang mewabah di hampir seluruh dunia ini semakin memprihatinkan.

Di Indonesia bahkan dunia, virus Corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 ini membuat kita enggak bisa beraktivitas secara normal.

Berdasarkan data terbaru worldometers.info/coronavirus tanggal29 Juli 2020, tercatat ada 16,883,451 total kasus positif di seluruh dunia.

Baca Juga:Mulai Hari ini Pengguna Kereta Api Bisa Lakukan Rapid Test di Stasiun dengan Harga Rp 85.000, Berikut Syarat-Syaratnya!

Dengan rincian kematian 662,470 kasus, yang sudah sembuh 10,445,764 kasus, dan sisanya masih harus mendapatkan penanganan medis.

Melihat hal itu, belumdapat dipastikankapan berakhirnya pandemi Covid-19 ini, terlebih obat dan virus untuk mengatasi virus coronapun belum juga ditemukan.

Untuk itu, penting bagi kita untuk selalu mencegah infeksi ini semakin meluas salah satunya dengan mengenali kelemahan virus corona ini.

Sebab meski belum ditemukan penawarnya, virus corona rupanya memiliki kelemahan-kelemahan yang bisa kita manfaatkanagar terhindar dari infeksinya.

Baca Juga: Ogah Dipoligami dan Lebih Pilih Jadi Janda, Peyanyi Senior ini Kini Hidup Bahagia di Rumah Mewah dengan Suami Barunya, Ruang Makannya Jadi Sorotan

1. Virus corona mudah mati oleh pelarut lemak.

Salah satu kelemahan dari virus corona adalah akan mati jika terpapar pelarut lemak.

Seperti ketika terkena sabun untuk mandi dan cuci tangan, yakni pelarut lemak yang sering kita pakai setiap hari.

Hal itu dikarenakan susunan virus corona yang terdiri dari DNA atau RNA (inti virus), protein (bahan baku virus untuk menggandakan diri), dan lapisan lemak (pelindung luar).

Nah, ketiga lapisan tersebut sebenarnyatidak terikat dengan kuat.

Jadi, saat lapisan lemak hancur karena sabun, maka virus pun akan ikut mati.

Oleh karena itu, kita diimbau untuk selalu menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama kurang lebih 30 detik.

Baca Juga: Jelang Idul Adha 2020, Yuk Intip Resep Bumbu Sate Untuk Olahan Daging Kurban Nanti, Dijamin Nikmat!

2. Virus corona lemah dengan disinfektan

Keluarga virus corona sejauh ini telah menyebabkan beberapa infeksi penyakit seperti, SARS, MERS, dan Covid-19 yang sekarang menjadi pandemi.

Secara umum karakter keluarga virus corona memiliki kemiripan karena diketahui lemah terhadap disinfektan.

Virus corona bisa menjadi nonaktif jika dihadapkan dengan disinfektan seperti alkohol dengan kadar 60-70%, hidrogen peroksida 0,5%, atau sodium hipoklorit 0,1% dalam waktu 1 menit.

Maka dari itu sebaiknya, kita rajin membersihkan berbagai permukaan benda yang sering disentuh seperti HP, meja, gagang pintu, saklar lampu, dan lain sebagainya.

karena virus corona juga diketahui bisa bertahan beberapa waktu bahkan hari, di permukaan benda seperti metal, kaca, plastik, kardus, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, virus corona disebut tidak akan lagi cukup kuat untuk bisa menimbulkan infeksi, makanya pengiriman pakettidak dilarang.

Tapi, untuk berjaga-jaga, sebaiknya tetap bersihkan paket dengan disinfektan terlebih dahulu saat menerima kirimanya.

Baca Juga: Gampang! Begini Cara Menghilngkan Bau Prengus Daging Kurban, Salah Satunya Dimasak dengan Jahe dan Bawang Putih

3. Antibodi bisa kalahkan infeksi virus corona

Antibodi adalah zat yang dibentuk dalam darah untuk memusnahkan bakteri, virus atau untuk melawan toksin yang dihasilkan bakteri.

Tubuh yang terinfeksi virus corona bisa menunjukkan beberapa gejala. Bahkan ada yang tanpa gejala, gejala ringan hingga parah.

Pada pasien Covid-19 dengan gejala ringan, infeksi virus corona bisa sembuh dengan sendirinya selama daya tahan tubuh terjaga dengan baik.

Sebuah penelitian di Australiamengatakan bahwa salah satu kelemahan virus corona ialah saat berhadapan dengan antibodi yang sehat.

Baca Juga: Corona Mudah Menyebar Lewat Udara, Begini Cara Aman Berkendara Naik Motor Untuk Mencegah Penularan Virus Covid-19

Antibodi yang terbentuk di dalam tubuh seseorang menjadi senjata untuk bisa melawan bahkan mengalahkan virus corona yang menginfeksi tubuh manusia.

Daya tahan tubuh memang sangat penting untuk kita jaga dan terus tingkatkan setiap harinya demi membentengi diri dari sejumlah penyakit seperti Covid-19 ini.

Cara menjaga daya tahan tubuh tetap baik, tentunya dengan menjalani gaya hidup sehat sepertimenjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan tak lupa untuk selalu berolahraga.

Artikel Ini Sudah Tayang di Grid Health dengan Judul "Takut Pada Virus Corona? Ini 3 Kelemahannya, Agar Terhindar dari Covid-19."

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Grid Health

Baca Lainnya