Bak Kelinci Percobaan! Indonesia Terima Vaksin Corona dari China, Masyarakat Tiongkok Justru Tolak Penawar karena Hal Ini

Minggu, 26 Juli 2020 | 11:45
Pixabay

(Ilustrasi) WHO sbeut vaksin covid-19 tidak bisa siap di awal 2021

GridHype.ID - Hingga saat ini, kasus positif virus corona secara global sudah menyentuh angka15 juta pasien.

Pandemi Covid-19 yang pertama kali berasal dari kota Wuhan, China, dan telah menyerang 181 negara.

Sebagai negara pertama yang terjangkit virus corona, China pun mengembangkan vaksin demimelawan pandemi global ini.

Siapa sangka, masyarakat China menjadi penerima vaksin terakhir yang mereka kembangkan sendiri.

Baca Juga: Yakin Cara Jitu Ini Mampu Usir Pandemi Covid-19, Warga India : Kami Menyembah Dewi Corona Setiap Hari Sampai Ia Puas!

Hal tersebut muncul karena ketidakpercayaan masyarakat terhadap vaksin setelah terjadi skandal oleh perusahaan vaksin di China beberapa tahun lalu.

Skandal besar itu terjadi di tahun 2018, yang kemudian membuat kepercayaan masyarakat lokal menurun.

Investigasi yang dilansir dari South China Morning Post menemukan perusahaan vaksin terkemuka, Changchun Changsheng Biotechnology telah dengan sengaja membuat produk vaksin yang kedaluarsa.

Tidak hanya itu, mereka juga melaporkan hasil yang difabrikasi mengenai pembuatan vaksin rabies pada tahun 2018 silam.

Baca Juga: Optimis Wabah Corona Segera Berakhir, 3 Vaksin Covid-19 Ini Dianggap Menjanjikan Salah Satunya di Indonesia!

Perusahaan yang berada di provinsi Jilin, China tersebut mendapat gugatan sebesar 1.3 milyar Dolar Amerika pada Oktober tahun lalu.

Skandal tersebut dibicarakan pada media sosial China dan menjadi debat heboh yang setelah dihimpun oleh tim ilmuwan Amerika, ditemukan lebih dari 11 ribu pesan mengenai kepercayaan rakyat terhadap vaksin.

Bahkan, semenjak insiden tersebut rakyat juga tidak percaya dengan pemerintah mereka.

Kini, perdebatan di Weibo meningkat lagi mengenai tingginya keraguan penduduk dan ketidakpercayaan mereka dengan pemerintah China.

Baca Juga: Kerap Olok-olok Tiongkok Saat Virus Corona Menyerang, Trump Jilat Ludah Sendiri dengan Tawarkan Kerjasama Saat Negeri Tirai Bambu Itu Berhasil Buat Vaksin Covid-19

Hal tersebut disampaikan oleh David Broniatowski, ketua pengambil keputusan laboratorium Universitas George Washington di Amerika Serikat.

"Banyak penduduk China mengutarakan kekhawatiran merekaa terhadap ancaman yang mungkin muncul dari vaksin tersebut. Kekhawatiran tersebut membesar tidak hanya untuk vaksin rabies tetapi semua vaksin yang dibuat dari Changchun Changsheng Biotechnology."

Hal ini jelas mengkhawatirkan. Sebab, jika begitu maka penanganan penyakit Covid-19 di China dapat terhambat hanya karena persepsi masyarakat telah menyamaratakan semua vaksin dan semua perusahaan farmasi.

Pada Juli 2018 silam, pemerintah China menyebut jika perusahaan vaksin tersebut telah melanggar peraturan nasional dan prosedur standar dengan memproduksi 250 ribu dosis vaksin rabies.

Baca Juga: Kabar Baik! Vaksin dari Oxford Disebut Mampu Hasilkan Respon Imun yang Diharapkan Bisa Tangkal Corona

Berita dengan cepat beredar di Weibo tidak lama setelah insiden tersebut, yang membuat pimpinan perusahaan dan 14 pegawainya ditangkap.

Lebih dari pegawai nasional, provinsi dan lokal juga ditahan atas keterlibatan mereka dalam skandal tersebut. Termasuk dari para aparatur negara adalah empat dari Balai Makanan dan Obat China.

Yang membuat warga sulit percaya adalah, mantan pimpinan Balai Makanan dan Obat China tersebut adalah salah satu yang terlibat dalam skandal tersebut.

Broniatowski menyebut meski Covid-19 tidak ada saat skandal tersebut terjadi, tetapi kemungkinan vaksin Covid-19 tidak dipercaya oleh warga China masih sangat tinggi sampai saat ini.

Baca Juga: Secercah Cahaya di Tengah Pandemi Corona yang Melanda Dunia, WHO Bagiakan Kabar Gembira, 2 Minggu Lagi Hasil Uji Klinis Obat Covid-19 Bakal Keluar!

"Hasil kerja sebelumnya menunjukkan kecenderungan jika warga yang memiliki kepercayaan rendah pada pemerintah akan lebih tidak mau untuk mempercayai pihak medis yang mendesak mereka menggunakan vaksin tersebut.

Jika kekhawatiran mereka menyebar luas, maka orang lain akan ragu untuk menggunakan vaksin tersebut, sehingga akan menambah kasus pasien Covid-19."

WHO menemukan keraguan terhadap vaksin sebagai satu dari 10 tantangan terberat mereka di tahun 2019.

Peneliti menyebut pemerintah dan petugas medis di seluruh dunia harus memprioritaskan usaha mengkomunikasikan kesehatan lebih baik lagi.

Baca Juga: Yakin Pandemi Segera Berakhir, China Kembangkan Vaksin Covid-19 yang Sudah Terbukti Efektif Lawan Virus Corona

Pentingnya vaksin saat ini adalah karena beberapa ilmuwan, termasuk Broniatowski, percaya satu-satunya cara mencegah penyebaran virus corona adalah dengan pengembangan "herd immunity".

Herd immunity adalah kekebalan manusia yang terbangun setelah terkena penyakit Covid-19 dan sembuh. Kekebalan juga bisa terbangun melalui vaksinasi.

Jika herd immunity tercapai dengan cara pertama, tingkat kematian yang dicapai sangatlah tinggi dari total populasi seluruh manusia di dunia.

Sementara itu, awal pekan ini (20/07/20), Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan bahwa Vaksin Covid-19 dari perusahaan asal China, Sinovac, sudah tiba di Indonesia.

Baca Juga: Firasatnya Bak Nyata, Wirang Birawa Kembali Bahas Prediksinya Soal Wabah Virus Corona, WHO Umumkan Kandidat Vaksin Covid-19

Vaksin itu akan diujicobakan pada ribuan relawan di Indonesia.

Tetapi pengujian tahap III (percobaan pada manusia) vaksin corona dari China di Indonesia mengundang keprihatinan bagi anggota Komisi III DPR RI Muhammad Nasir Djamil.

Menurutnya, uji coba itu sama saja menjadikan warga negara ini sebagai kelinci percobaan.

Nasir mengaku miris jika kemudian rakyat Indonesia justru dijadikan objek dari vaksin yang belum teruji itu.

Baca Juga: Peneliti Indonesia Sedang Uji Klinis Stem Cell untuk Basmi Covid-19, Kabarnya Bisa Atasi Pasien Kritis

Sebab, kemungkinan vaksin itu gagal dan berakibat buruk bagi manusia sangat terbuka lebar.

“Kan itu trial and error, uji coba namanya. Berarti bisa berhasil dan gagal. Kalau berhasil bagaimana, kalau gagal gimana? Tapi bukan berhasil atau gagal yang kita bicarakan,” ujarnya.

Dia mempertanyakan alasan pemerintah mau menjadikan Indonesia sebagai tempat untuk melakukan ujicoba klinis tahap III.

Padahal di negara Cina sendiri vaksin tersebut belum sempat diujicobakan.

Baca Juga: Pemerintah Beri Kabar Bahagia! Indonesia Mampu Hasilkan Vaksin Sendiri dan Akan Didistribusikan Massal Tahun Depan

“Apa tidak ada negara lain? Kenapa Indonesia menerima itu? Seharusnya Indonesia punya sikap, yang tegas dan jelas, tidak ingin rakyatnya dijadikan “kelinci percobaan”. Seharusnya begitu,” katanya.

Pria asal Aceh ini berharap pemerintah mau mengubah keinginan untuk memberikan vaksinasi Sinovac kepada 1.620 orang atau pasien Covid-19 secara sukarela.

“Saya harapkan, pemerintah bisa mengubah pendiriannya. Jangan sampai rakyat sudah kena pandemik, kena itu lagi (ujicoba), artinya disudutkan lah,”harap Nasir.

Artikel ini telah tayang di GridHot.ID dengan judul Indonesia dengan Bahagia Terima Vaksin Corona dari China, Siapa Sangka, 'Penawar' Tersebut Justru Ditolak Warga Tiongkok di Negara Asalnya, Kita Jadi Kelinci Percobaan?

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : GridHot.ID

Baca Lainnya