Wanita Wajib Tahu, ini 5 Penyakit yang Rawan Menyerang Wanita di Usia 20-an!

Selasa, 14 Juli 2020 | 19:15
vanquishheadacherelief.com

Perempuan memasuki usia 20-an, hal paling umum yang sering mereka dengar adalah menjaga kesehatan dan makan sehat

Gridhype.id-Banyak dari kita yang baru atau sedang berada dalam usia 20-an mulai memperhatikan pola makan sehari-hari.

Meski tubuh masih segar dan muda, namun bukan berarti kita bisa hidup sembarangan tanpa memedulikan kesehatan kita.

Hal ini ditekankan oleh banyak dokter juga karena usia perempuan ini dianggap sangat penting karena perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh.

Baca Juga: Siapa Sangka Cara Memasak Nasi Berikut ini Ternyata Bisa Berdampak Negatif Bagi Kesehatan

Perempuan di usia muda harus tahu bahwa mereka rentan terhadap beberapa penyakit.

Penyakit-penyakit ini dapat diminimalisir dengan secara teratur berolahraga dan mengubah kebiasaan makanan, dan yang lebih penting untuk menghindari makanan cepat saji.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini adalah beberapa penyakit yang umumnya terjadi pada perempuan usia 20-an.

Baca Juga: Coba Jumlahkan Tanggal, Bulan dan Tahun Kelahiranmu, Hasilnya Akan Ungkap Kepribadian yang Terpendam Selama ini

1. Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun yang biasanya menyerang sekitar 1,5 juta orang di Amerika Serikat dan total hampir lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia.

Kebanyakan pasien yang menderita lupus adalah perempuan dan banyak dari mereka yang cukup muda.

Untuk alasan ini, perempuan di usia 20-an harus rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi dengan dokter.

Gejala-gejala untuk lupus bervariasi dari orang ke orang, termasuk ruam, perubahan suasana hati, kelelahan dan sakit kepala.

Ini adalah penyakit yang parah, terutama bagi perempuan yang baru berusia dua puluhan.

Baca Juga: Lulus S2 di Usia 18 Tahun dan Jadi Lulusan Termuda, ini Sosok Cicit Presiden Soeharto yang Nikahi Pujaan Hatinya Sejak SD

2. Fibromyalgia

Para perempuan yang memiliki jenis penyakit ini merasakan rasa sakit yang luar biasa di otot dan sendi mereka dan merasa mudah lelah oleh tugas sehari-hari mereka.

Bahkan aktivitas sederhana, seperti mengendarai mobil atau berjalan menyusuri jalan kecil, dapat menyebabkan rasa sakit.

Sementara banyak orang berpikir bahwa penyakit ini terjadi pada orang tua, tetapi menurut seorang pengamat penyakit ini sering pada perempuan di usia 20-an.

Baca Juga: Jadi Wanita Paling Berbahaya di Penjara Inggris, Pembunuh Berantai ini Gunakan Kecantikannya Untuk Pikat Para Korban

3. Skizofrenia

Gejala dan perilaku skizofrenia biasanya dimulai pada pasien di awal 20-an, sedangkan perempuan lebih sering terkena di usia akhir 20-an.

Sementara beberapa orang mungkin mengalami perubahan kepribadian mendadak ataupun dengan menunjukkan gejala sebelumnya.

Mereka akan mengalami delusi, biasanya tidak menyadari perilaku aneh mereka, sehingga membuka jalan bagi penyakit mental yang mengerikan, yaitu skizofrenia.

Umumnya, gejala skizofrenia dianggap di antara mereka yang memiliki delusi, halusinasi, dan tidak seimbang saat mereka berbicara.

Pasien-pasien ini mungkin juga mengalami kesulitan dalam mengekspresikan emosi mereka dan tampak gelisah atau tidak terorganisir.

Baca Juga: Corona Mudah Menyebar Lewat Udara, Begini Cara Aman Berkendara Naik Motor Untuk Mencegah Penularan Virus Covid-19

4. Crohn's Disease

Crohn's disease atau penyakit Crohn adalah salah satu penyakit radang usus kronis.

Penyakit ini ditandai dengan Kram, kembung, diare, dan sakit perut adalah gejala umum pada tahap awal, dan seiring berkembangnya penyakit, besar risiko terkena kanker usus dan peningkatan malnutrisi.

5. Gejala Kehamilan Non-Viable

Beberapa perempuan di usia akhir 20-an dan bergerak menuju usia 30-an mungkin mengalami komplikasi kehamilan, keguguran atau semacam kehamilan yang tidak dapat berkembang.

Banyak ahli merasa bahwa ini dapat menjadi hasil dari kebiasaan makan, dan sayuran hibrida dan makanan tidak murni yang kita makan hampir setiap hari.

Untuk itu, sebisa mungkin kita harus melakukan pola hidup sehat dan segera konsultasi dengan dokter apa bila terjadi keluhan kesehatan.

(*)

Artikel ini telah tayang di Nova.grid.id dengan judulHati-hati, 5 Penyakit Ini Rawan Terjadi Pada Perempuan Usia 20-an

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : nova.id

Baca Lainnya