Kehilangan Kesabaran, Jokowi 'Tantang' Jawa Timur untuk Segera Turunkan Jumlah Kasus Infeksi Corona dalam Kurun Waktu 2 Minggu

Jumat, 26 Juni 2020 | 15:51
Kolase Tribun News

Ditantang Jokowi Kendalikan Covid-19 Dalam Dua Minggu, Khofifah Akui Sempat Bahagia Tingkat Penularan di Jatim Turun Drastis: Pak Presiden, Sebetulnya...

GridHype.ID - Selama empat bulan sudah Indonesia menghadapi pandemi corona yang melanda dunia.

Hingga detik ini virus ini masih terus merajalela dan menginfeksi banyak orang.

Provinsi Jawa Timur hingga kini masih menjadi salah satu wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Berawal dari Cemburu Lihat Ayahnya Miliki Kedekatan dengan Saudari Tirinya, Gadis Ini Nekat Nikahi Ayah Sendiri, Begini Nasib Hubungan Terlarang Itu

Saking banyaknya kasus yang muncul, Jawa Timur bahkan sampai dijuluki zona hitam dan digadang-gadang menjadi Wuhan-nya Indonesia.

Melihat hal tersebut, Presiden Joko Widodo pun memberikan target waktu selama dua minggu bagi Jawa Timur untuk menurunkan laju penularan virus corona.

Hal itu disampaikan Jokowi saat mengunjungi posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Gedung Grahadi, Surabaya, Kamis (25/6/2020).

"Saya minta dalam waktu dua minggu ini pengendaliannya betul-betul kita lakukan bersama-sama dan terintegrasi dari semua unit organisasi yang kita miliki di sini," kata Jokowi dikutip dari Kompas.com.

"Baik itu di gugus tugas, baik itu di provinsi, baik itu di kota dan di kabupaten seterusnya sampai ke rumah sakit, kampung, desa, semuanya ikut bersama-sama melakukan manajemen krisis sehingga betul-betul kita bisa mengatasinya dan menurunkan angka positif tadi," sambungnya.

Bukan tanpa alasan Jokowi berkata demikian.

Baca Juga: Ramai Soal Bahaya Jamur Enoki, Berikut Gejala Infeksi Listeria yang Perlu Kamu Tahu, Fatal Bagi Para Ibu Hamil dan Lansia

Pasalnya, pada Rabu (24/6/2020) kemarin, Jawa Timur dilaporkan kembali bertambah jumlah pasiennya hingga 183 orang.

Angka tersebut pun menjadi jumlah yang terbanyak di Indonesia.

"Ini terbanyak di Indonesia, hati-hati ini terbanyak di Indonesia," kata Jokowi memperingatkan.

"Enggak bisa Surabaya sendiri, enggak bisa.

Gresik harus dalam satu manajemen, Sidoarjo harus dalam satu manajemen, dan kota kabupaten yang lain.

Karena arus mobilitas itu yang keluar masuk adalah bukan hanya Surabaya, tapi daerah juga ikut berpengaruh terhadap naik dan turunnya angka Covid-19 ini," ucapnya.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Beri Waktu 2 Minggu bagi Jatim Turunkan Angka Positif Covid-19".

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Kompas

Baca Lainnya