Kejutkan Publik Usai Mundur Jadi Perdana Menteri, Mahathir Mohamad Kembali Calonkan Diri di Posisi yang Sama Karena Alasan Ini

Kamis, 25 Juni 2020 | 07:00
Bernama

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad.

GridHype.ID - Mahathir Mohamad membuat publik terkejut telah mengirimkan surat pengunduran diri dari posisinya sebagai Perdana Menteri Malaysia kepada Raja Malaysia Sultan Abdullah.

Mahathir mengirimkan surat pengunduran dirinya sebagai PM Malaysia pada24 Februari 2020 lalu.

Posisi Mahathir Mohamad ini kemudian digantikan oleh Muhyiddin Yassin yang juga menjadi perdana menteri kedelapan Malaysia.

Mahathir kemudian berniat maju kembali menjadi perdana menteri.

Baca Juga: Nekat Nikahi Anak Mantan Menteri Tanpa Restu Orang Tua, Aktor Ini Terpaksa Dijemput Polisi 5 Hari Usai Pernikahan

Jika terpilih, Mahathir akan menjadi perdana menteri yang ketiga kali.

Diwawancarai harian berbahasa China, Sin Chew Daily, Mahathir menuturkan dia ingin kembali menjabat karena para penerusnya mengabaikan nasihatnya dalam memerintah negara.

"Pengalaman saya, ketika saya mencoba menasihat PM, mereka tidak akan mengacuhkan bahkan tidak peduli dengan ucapan saya," jelasnya.

Dia menuturkan pengalaman itu dia dapatkan bersama mantan PM Abdullah Badawi, dan Najib Razak yang dia kalahkan dalam pemilu 2018.

Baca Juga: Tanpa Diketahui Pasangan, Suami Ini Sisihkan Pendapatan dan Ditabung di Tempat Tak Terduga di Rumah, Setelah Dibongkar sang Istri Terkejut Lihat Nominalnya

Mahathir Mohamad memang kembali menjadi PM Malaysia pada 2018.

Namun, dia secara mengejutkan mengundurkan diri pada Februari lalu.

Posisinya kemudian digantikan mantan sekutunya di Partai Bersatu, Muhyiddin Yassin, di mana kini sang veteran hendak mengambil lagi posisinya.

Dikutip Malay Mail Selasa (23/6/2020), Mahathir berujar dia ingin jadi PM Malaysia untuk ketiga kalinya demi "memperbaiki" dugaan korupsi dari pemerintahan Muhyiddin dan Najib.

Baca Juga: Lebih Unggul Dibanding Malaysia, Indonesia Diprediksi Akan Alami Pemulihan Ekonomi Tercepat di Bawah China

Politisi berjuluk Dr M tersebut menyatakan, dia tidak akan mengambil jabatan "Menteri Senior" jika Anwar Ibrahim menjabat.

Mantan PM yang periode pertamanya berkuasa pada 1981 sampai 2003 itu mengklaim, setiap PM ingin membentuk warisannya sendiri daripada mendengarkan dia.

Dia menjelaskan, setiap PM ingin menunjukkan bahwa dia bisa mengontrol Negeri "Jiran", di mana segala ide datang dari dia.

"Dia tidak mungkin mengatakan 'Ok, warisan politik saya berasal dari Mahathir'," ujar politisi yang pernah bergabung dengan koalisi Barisan Nasional itu.

Baca Juga: Ngaku Bisa Habiskan 3 Kardus Mi Instan dalam 3 Minggu, Pria Ini Hadapi Kenyataan Pahit Kerongkongan dan Lambung Seperti Terbakar, Ini yang Ia Alami

Malaysia tidak pernah mempunyai jabatan menteri mentor.

Posisi itu pertama kali digagas oleh negara tetangga Singapura.

Jabatan tersebut muncul setelah putra mendiang Lee Kuan Yew, Lee Hsien Loong, naik sebagai orang nomor satu Singapura pada 2011.

Posisi itu menyeruak ketika Channel News Asia mewawancarai Anwar Ibrahim, di mana dia mengungkapkan terbuka untuk mendiskusikannya.

Baca Juga: Baim Wong Dibuat Kelimpungan Paula Verhoeven yang Berubah Sampai Harus Angkat Kaki dari Rumah : Keluarga Kalau Baru Seumur Jagung

Dr M menuturkan, dia menawarkan diri menjadi PM selama satu tahun.

Tapi karena tak disetujui Anwar, dia kemudian menguranginya menjadi enam bulan.

"Setelah enam bulan, saya akan mundur. Saya tak akan lagi menjadi PM. Anda tahu, saya sudah terlalu tua. Sangat, sangat tua," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Setelah Mendadak Mundur, Mahathir Ingin Kembali Jadi Perdana Menteri Malaysia untuk Ketiga Kalinya, Alasannya?

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya