Wajib Tahu, Setelah Makan Semangka Sebaiknya Jangan Minum Air Putih, Jika Tak Ingin Hal Buruk ini Terjadi Pada Tubuhmu

Rabu, 10 Juni 2020 | 19:15
freepik.com

Semangka.

Gridhype.id-Sebagai negara tropis dengan cuaca panas, buah semangka memang menjadi makanan yang menyegarkan.

Namun mengonsumsi semangka juga tidak boleh sembarangan.

Kamu harus memahami beberapa aturan saat mengonsumsi semangka, salah satunya untuk tidak minum air putih setelah makan semangka.

Shilpa Arora, ahli gizi makrobiotik dan praktisi kesehatan mengatakan semangka memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Selalu Berpergian dengan Kendaraan Umum, Pasangan Selebriti ini Mengaku Tak Miliki Mobil Pribadi, Garasinya Justru Jadi Tempat Gym

"Semangka mengandung lycopene, potasium, dan banyak nutrisi lainnya. Ia memiliki serat yang menjaga proses pencernaan berlangsung," ungkapnya dilansir dari ndtv.

Bahkan, menurut buku Healing Foods, kandungan citrulline, asam amino dalam daging semangka, dapat merangsang produksi oksida nitrat yang mengatur tekanan darah dan meningkatkan aliran darah.

Kitadapat memakannya langsung, ditambahkan ke salad hingga dibuat jus.

Akan tetapi, banyak orang menyarankan agar tidak minum air setelah makan semangka.

Baca Juga: Dibuang Begitu Saja, Siapa Sangka Minum Rendaman Air Biji Semangka Bisa Cegah Kita Dari Penyakit Mematikan Nomor Satu di Indonesia

Beberapa orang percaya buah semangka mengandung 96 persen air, oleh sebab itu tidak perlu lagi minum air setelah mengonsumsinya karena dapat menghambat sistem pencernaan dengan mengencerkan cairan pencernaan.

Sebagian lainnya mengatakan, semangka banyak mengandung air dan gula dalam bentuk fruktosa, dan minum air setelah makan semangka berisiko terkena infeksi perut.

Sementara itu, Dr. Anju Sood, ahli nutrisi dari Bangalore menyarankan untuk tidak minum air setelah makan semangka.

"Ini dapat mempengaruhi saluran pencernaan Anda. Semangka mengandung banyak air, gula dan serat. Mikroba atau bakteri membutuhkan air dan gula untuk berkembang dan berkembang.

Baca Juga: Jika Temukan Tanda ini Pada Semangka, Sebaiknya Jangan Dimakan, Berisiko Terkena Tumor Jika Terus Mengkonsumsinya

Jadi, jika Anda minum air setelah makan semangka, ada lebih banyak kemungkinan mikroba menyebar di saluran pencernaan Anda," paparnya.

Minum air setelah mengonsumsi semangka juga tidak dianjurkan oleh ahli gizi karena bisa menimbulkan masalah di perut.

“Semangka itu sendiri penuh dengan air, tidak masuk akal untuk minum air setelah memakannya," ungkap Shilpa Arora.

Lebih dari itu, Ayurveda juga menyarankan untuk menghindari air atau bahkan mengonsumsi makanan lain bersamaan dengan makan semangka.

Baca Juga: Benarkah Susu Baik Untuk Kesehatan Tulang? Jangan Sampai Salah, Ketahui 4 Mitos Soal Susu Berikut ini

Karena, ketika semangka dimakan bersama dengan makanan lain, itu memperlambat penyerapan dan proses pencernaan di perut yang mengakibatkan perut asam.

Beberapa orang dengan perut sensitif mengalami kegelisahan ketika minum air setelah makan buah.

Meski tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk membuktikan jika semangka dan air tidak kompatibel, namun sebaiknya hindari minum air setelah makan semangka. (*)

(Poetri Hanzani/Nakita)

(Artikel ini pernah tayang diNakitadengan judul"Ini Sebabnya Tak Boleh Minum Air Setelah Makan Semangka, Berisiko Terkena Infeksi Perut!")

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : nakita

Baca Lainnya