Kondisi Amerika Serikat Kian Mencekam, Kerusuhan dan Penjarahan Terjadi di Penjuru Negeri, Komisaris Kesehatan Khawatirkan akan Adanya Ledakan Kasus Virus Corona

Selasa, 02 Juni 2020 | 19:35

Warga Minneapolis melakukan aksi demonstrasi atas kematian George Floyd

GridHype.ID - Protes besar-besaran pasca kematian George Floyd masih terus digelar di hampir seluruh Amerika Serikat.

Kondisi mencekam menyelimuti penjuru Amerika Serikat.

Kerusuhan dan penjarahanpun tak terhindarkan.

Terlebih saat ini negeri Paman Sam itu juga tengah dipusingkan dengan terus bertambahnya kasus virus corona (Covid-19).

Baca Juga: Gemar Koleksi Tas Mewah, ini 5 Tas Branded Milik Krisdayanti yang Berhagra Fantastis, Ada yang Mencapai Hampir Rp 1 Miliar

Diketahui Amerika Serikat kini menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia mengalahkan China, tempat virus pertama kali ditemukan.

Dari data worldometer disebutkan hingga Senin (1/6/2020) tercatat ada sebanyak 1.837.170 kasus Covid-19 yang terkonfirmasi di Amerika Serikat.

Dimana jumlah kematian pasien disana sudah mencapai angka 106.195 pasien.

Dengan semakin mencuatnya berbagai aksi protes kematian George Floyd di berbagai daerah di Amerika Serikat, membuat banyak pihak disana khawatir akan ledakan gelombang baru virus corona.

Sejumlah pemimpin pun meminta para pendemo tetap tenang, menghindari kerumunan serta tidak menghancurkan toko dan mobil polisi.

Pada beberapa malam terakhir, mereka bahkan membagikan masker dan memperingatkan para demonstran bahwa mereka berada dalam risiko penularan besar Covid-19.

Dilansir The Associated Press via Kompas.com, Wali Kota Atlanta, Keisha Lance Bottoms pada Sabtu sore (30/5/2020) mengatakan, jika kalian ikut dalam demo protes semalam, kalian kemungkinan harus mengikuti tes Covid-19.

Baca Juga: Ajaib, Simpan Bawang Putih di Bawah Bantal Sebelum Tidur Ternyata Bermanfaat, Ini Khasiatnya

"Masih ada wabah di Amerika yang membunuh orang kulit hitam dan cokelat dalam jumlah yang lebih tinggi," katanya.

Senada, Gubernur Minnesota menuturkan, terlalu banyak pengunjuk rasa yang tidak melakukan physical distancing atau memakai masker wajah.

Padahal beberapa pengunjuk rasa mengaku ada yang dalam kondisi yang tidak sehat.

Salah satunya Ingram (25) yang mengenakan masker wajah itu mengaku menderita asma dan khawatir tertular virus.

Tribunnews

Protes besar-besaran di Amerika terjadi setelah kematian George Floyd.

Tapi dia berkata sebagai wanita kulit hitam, dia selalu merasa bahwa hidupnya berada di bawah ancaman dari polisi dan dia perlu memprotes hal itu.

Para ahli kesehatan khawatir dan mulai takut bahwa pembawa virus yang asimptomatik alias tidak memiliki gejala tanpa disadari dapat menginfeksi orang lain pada demo protes.

"Apakah mereka bersemangat atau tidak itu tidak mencegah mereka terkena virus," kata Bradley Pollock, ketua Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat di University of California, Davis.

Baca Juga: Tewaskan Satu Orang Penambang Belerang, Ahli Pastikan Jika Gelombang Setinggi 3 Meter di Gunung Ijen Adalah Tsunami

Bahkan untuk banyak pengunjuk rasa yang telah memakai masker, mereka tidak dijamin terlindung dari virus corona.

(Sumber: AFP/KEREM YUCEL) via KompasTV
(Sumber: AFP/KEREM YUCEL)

Kericuhan disertai pembakaran terjadi saat aksi demo menentang kematian George Floyd di dekat sebuah kantor polisi di Minneapolis, AS, Kamis malam (28/5/2020).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS merekomendasikan masker kain karena bahan kain dapat membuat lebih sulit bagi orang yang terinfeksi untuk menyebarkan virus.

Sementara itu, Komisaris kesehatan negara telah memperingatkan beberapa hari sebelumnya bahwa protes besar-besaran hampir pasti akan memicu kasus baru infeksi virus corona.

Minnesota melaporkan 35 angka kematian pada Kamis, tertinggi dalam satu hari sejak awal wabah, dan 29 lainnya pada Jumat.

Tapi itu bukan hanya pengunjuk rasa saja yang berisiko, tapi petugas tanpa masker wajah yang berdiri dalam jangkauan lengan dari demonstran yang berteriak juga berisiko terpapar.

(*)

Artikel ini telah tayang di GridHealth.ID dengan judul Amerika Semakin Mencekam, Kerusuhan Pasca Kematian George Floyd Picu Ledakan Virus Corona Gelombang Baru

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : GridHealth.ID

Baca Lainnya