Angin Segar, Kalbe Farma Segera Uji Klinis Vaksin Covid-19 di Indonesia Bulan Depan

Sabtu, 30 Mei 2020 | 17:00
Fresh Daily via Tribunnews.com

Angin Segar, Pengujian Vaksin Covid-19 Membuahkan Hasil, Vaksin Ini Bisa Deteksi Virus Corona dan Melawannya

GridHype.ID - Peningkatan kasus virus corona di Indonesia terus meningkat, tapi ada kabar gembira.

Pasalnya,PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) baru saja menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan bioteknologi asal Korea Selatan, Genexine untuk mengembangkan vaksin Covid-19.

Vaksin merupakan salah satu bentuk upaya untuk mengatasi penyebaran wabah virus corona.

Baca Juga: Miris! Seorang Ayah Tega Tebas Leher Anaknya Hingga Tewas dengan Alasan Demi Menjaga Kehormatan

Vaksin ini dijadwalkan uji klinis di Indonesia pada Juni 2020.

Uji klinis vaksin dengan nama GX-19 mencakup pengembangan vaksin DNA terhadap virus corona baru oleh konsorsium Genexine, Binex, the International Vaccine Institute (IVI), GenNBio, the Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST), dan Pohang University of Science & Technology (POSTECH).

“Kerja sama pengembangan vaksin Covid-19 ini merupakan kontribusi Kalbe untuk membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia," kata Sie Djohan, Direktur Kalbe Farma melalui siaran media, Jumat (29/5/2020).

Baca Juga: Dikenal Ceplas-ceplos Hingga 3 Kali Kawin Cerai, Siapa Sangka Nikita Mirzani Kepincut Ariel NOAH

Sie Djohan berharap dengan penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19 bisa membuahkan hasil, sehingga kebutuhan vaksin di Indonesia dapat terjamin ketersediaannya.

Riset vaksin ini sebelumnya telah dilakukan kepada primata, dan telah terbukti menghasilkan antibodi yang mampu menetralisir virus Corona Baru, sehingga tahap berikutnya akan diuji kepada manusia.

Sie Djohan juga menambahkan, Kalbe akan menggandeng lembaga pemerintah untuk berkolaborasi mengembangkan vaksin Covid-19 ini sehinggga proses penelitiannya berjalan lancar dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Bukti Plesiran Pernah Bocor di Akun Gosip, Sosok Inilah yang Jadi Saksi Mata Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting Berduaan di Pesawat Menuju Belanda

Sebagai informasi, PT Kalbe Farma Tbk Menjalin kerja sama dengan Genexine Inc, perusahaan obat biologi asal Korea Selatan, membentuk PT Kalbe Genexine Biologic (KGBio), sebuah perusahaan joint venture dalam mengembangkan dan membuat bahan baku obat-obatan bioteknologi di Indonesia.

Hingga Kamis Kamis (28/5/2020) pukul 12.00 WIB, pasien yang positif terinfeksi virus corona di Indonesia tercatat 24.538 kasus.

Dari jumlah tersebut, pasien sembuh mencapai 6.240 orang dan 1.496 pasien Covid-19 meninggal dunia.

Baca Juga: Dengan Alasan Kebijakan Pemerintah di Tengah Pandemi Sulit Diterima Akal Sehat, Mantan TNI yang Dipecat Ini Minta Presiden Jokowi Mundur

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, kenaikan jumlah kasus Covid-19 paling tinggi terjadi di Jawa Timur.

Berdasarkan data pemerintah, penambahan kasus di provinsi tersebut mencapai 171 kasus.

Artikel ini telah tayang di GridHits.ID dengan judul Satu Kabar Baik, Setelah Terbukti Sukses Beri Kekebalan Corona Pada Primata, Pada Juni 2020 Kalbe Farma Akan Ujicoba Vaksin di Indonesia

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Grid Hits

Baca Lainnya