Dulu Dikenal sebagai Milyader Kaya Berharta Rp419 Miliar, Nasib Pengusaha Ini Berakhir Tragis Jadi Gelandangan hingga Ajal Menjemput

Senin, 18 Mei 2020 | 04:45
24h

La Trieu Huy bersama salah satu kekasihnya.

GridHype.ID - Di tahun 1964 namanya dikenal sebagai salah satu milyader kaya asal Hong Kong.

Ya, dia adalah La Trieu Huy seorang pengusaha sukses di Hongkong.

Kesuksesannya mencapai puncak di tahun 1990, dimana ia dapat mengantongi kekayaan sebesarmencapai 200 juta Yuan atau setara Rp419 miliar dalam kurs saat ini.

Namun kehidupan tentu ada naik turunnya, di akhir hidupnya dia menjadi gelandangan dan tinggal di rumah yang kumuh hingga meninggal dunia.

Baca Juga: Salah Satunya Turunkan Tekanan Darah, Berikut 5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

La Trieu Huy dikatakan sebagai seorang milyader yang berawal dari tangan kosong.

Awalnya dia mengembangkan bisnis real estate, pada saat itu real estate sangat menjanjikan di Hong Kong.

Namun, yang membuatnya menjadi milyader adalah, ketika usia 30 tahun dia beralih menjadi penjual obat tradisonal.

Berkat akuisisi Dong Phuong Hong Corporation, tahun 1999 aset La Trieu Huy meningkat tajam, setelah perusahaan internasional itu mengambil alih sahamnya.

Merasa bisnis real estate tidak cukup besar, Huy pindah ke pasar saham, dia memperdagangkan saham dan bertemu dengan milyader lainnya.

Berkat jembatan ini dia memperluas bisnisnya dan pada puncak karirnya dia berhasil mendapatkan kekayaan besar hingga 200 juta Yuan (Rp419 miliar).

Namun, kekayaannya itu justru membuatnya mulai main wanita.

Baca Juga: Pemerintahnya Lebih Pilih Habiskan Uang Buat Nuklir dan Roket, Rakyat Kim Jong Un Terpaksa Bunuh Keluarga Sendiri untuk Bertahan Hidup

Dengan kekayaannya, dia mempublikasikan kehidupan bohemiannya dengan orang-orang cantik.

Daftar pacarnya sangat banyak, sehingga sangat sulit dihitung, bahkan milyader muda itu mengklaim uangnya cukup untuk menghabiskan malam dengan wanita manapun.

Wanita paling terkenal yang pernah dekat dengannya adalah Ton Giai Quan, seorang Miss Singapore tahun 1994, yang mewakili Miss World Country.

Dia berkencan dengan Huy dan melakukan serangkaian foto intim seperti berciuman mesra.

Pada saat itu, kisahnya menjadi gosip panas di Asia, pasangan itu mengaku telah berpacaran selama 3 tahun, padahal saat itu Huy diketahui sudah menikah.

Tak hanya Tin Giai Yuan, sejumlah aktris Tiongkok juga pernah terlibat asmara dengan milyader ini.

Mereka dimanjakan dengan uang, dan pesta, dan segalanya yang berbau kemewahan.

Baca Juga: Ramai Tagar Indonesia Terserah Sebagai Bentuk Kekecewaan Tenaga Medis pada Kebijakan Pemerintah

Dia juga memiliki hobi merekam adegan mesranya dengan wanita-wanita tersebut, dan menyewa kapal pesiar untuk pesta dengan para wanita.

Padahal istri Huy, bernama Lan Yian, awalnya Huy bukanlah orang yang suka membuang uang, dia lebih banyak memberikan kasih sayang daripada uang.

Hingga akhirnya karir dan kekayaanya mulai runtuh akibat kebiasaan bejat yang dilakukannya.

Pada tahun 2000-an, ekonomi mengalami fluktuasi yang membuah harga saham Huy goyang, harganya terjun bebas dan banyak bisnis real estat hilang dari pasaran.

Intisari
Intisari

Huy di saat jatuh miskin

Huy sampai meminjam uang 300 juta Dollar HK, dan menjual semua asetnya tapi itu masih belum cukup.

Tahun 2000, La Trieu Huy mencoba bunuh diri, dengan melepaskan gas beracun di kapal pesiar pribadi, tapi berhasil digagalkan.

Saat itu dia diselamatkan, dan berjanji akan memulai kembali karirnya. Hingga tahun 2007, dia justru ketahuan mengonsumsi narkoba bersama tiga wanita.

Baca Juga: Beda dengan Indonesia! Kasus Infeksi Menurun dan Pemerintah Longgarkan Aturan Lockdown, Warga di Filipina Tetap Pilih Tinggal di Rumah

Dia akhirnya dipenjara, setelah keluar dia kembali memulai bisnis real estat namun gagal.

Pada Januari 2011, dia dilaporkan meninggal dunia, saat ditemukan kondisinya sangat tragis, pria 47 tahun itu meninggal karena serangan jantung.

Kondisinya tidak terurus dan tinggal di sebuah rumah kumuh sebagai seorang gelandangan, dia hanya memiliki satu kakak laki-laki.

Saat kematiannya, tidak ada satu orang pun yang mengucapkan belasungkawa, setelah masa ketenaran itu La Trieu Huy meninggal dalam kemiskinan tanda ada orang disisinya.

(*)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Kisah Tragis Milyader Berharta Rp419 Miliar, Hartanya Ludes Hingga Jadi Gelandangan Sampai Mati Gara-Gara Dihabiskan Untuk Kencani Wanita

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Intisari

Baca Lainnya