Craig Lewis, Jadi Manusia Pertama yang Berhasil Hidup Tanpa Jantung Akibat Penyakit Langka ini

Sabtu, 09 Mei 2020 | 19:15
gtgoodtimes.com

Kisah Craig Lewis, Orang Pertama di Dunia yang Hidup Tanpa Jantung karena Mengidap Penyakit Langka

Gridhype.id-Jantung merupakan salah satu organ vital yang memiliki fungsi penting bagi tubuh.

Bisa dikatakan, seseorang tak lagi bernyawa jika jantungnya tak berdetak.

Kerusakan pada jantung bisa berakibat fatal, bahkan berujung kematian.

Baca Juga: Kisah Gadis Kanibal Berusia 12 Tahun, Ceritakan Rasanya Memakan Otak dan Jantung Manusia ke Teman Sekolahnya

Namun, kisah unik terjadi pada Craig Lewis, orang pertama yang hidup tanpa memiliki jantung karena penyakit kronis yang ia derita.

Diketahui saat itu kondisi Craig Lewis sangatlah memprihatinkan, bahkan alat pacu jantung pun disebut tidak bisa menyelamatkan hidupnya.

Sejumlah dokter dan ahli penyakit jantung pun membuat terobosan yang revolusioner, dimana mereka menciptakan sebuah alat yang bernama pompa aliran kontinu.

Alat inilah yang menggantikan peran jantung menyuplai darah ke seluruh tubuh. Perangkat ini bekerja dengan baling-baling yang berfungsi untuk memompa darah terus menerus di seluruh tubuh.

Baca Juga: Miliki 4 Penyakit Langka, Wanita ini Habiskan 13 Tahun Hidupnya Mengisolasi Diri di Dalam Ruang Kaca, Tak Bisa Bersentuhan dengan Suami dan Keluargnya

Sebelum diterapkan pada Craig Lewis alat ini telah di uji coba pada 55 anak sapi.

Hasilnya, setelah dipasang pada sapi-sapi percobaan tersebut ternyata mereka dapat berprilaku normal seperti biasa, meski hidup tanpa jantung.

Melihat kembali kondisi awal Craig Lewis memang sangat mengkawatirkan, dimana ia divonis mengidap penyakit amiloidosis yang sudah parah.

Dikutip dari Mayo Clinic amiloidosis merupakan penyakit langka yang dapat mempengaruhi berbagai organ dan menyebabkan gagal organ yang mematikan.

Baca Juga: Meski Dibutuhkan, Nayatanya Tidur yang Berlebihan Bisa Berbahaya Untuk Jantung Hingga Sebabkan Risiko Kematian Dini

Immunoglobulin light chain (AL) amyloidosis adalah jenis paling umum dari amiloidosis, juga dikenal sebagai amiloidosis primer.

Kondisi ini merupakan akibat dari antibodi abnormal yang dihasilkan oleh sumsum tulang yang dapat mempengaruhi hati, ginjal, jantung, kulit dan saraf seperti yang dialami Craig Lewis.

Akibat penyakit yang dideritanya itu, Craig Lewis bahkan divonis hanya mampu bertahan hidup selama 12 jam.

Baca Juga: Andrea Dian di Beri Obat Chloroquine, Ungkap Rasakan Efek Samping yang Cukup Banyak, Mulai dari Jantung Berdebar Hingga Mual

Harapan datang setelah dua dokter, yakni dokter Dr. Bud Frazier dan Dr. Billy Cohn merekomendasikan jantung buatan mereka ini.

Alhasil, setelah diberi izin keluarga, jadilah alat pompa aliran kontinu ini dipasangkan pada tubuh Craig Lewis, yang tentunya akan melekat kemanapun Lewis pergi, seumur hidupnya.

Setelah operasi ini selesai dilakukan, istri Lewis pun sangat senang dan takjub bahwa ia bisa melihat suaminya masih hidup meskipun tidak mempunyai detak jantung. (*)

Artikel ini telah tayang di Grid Health dengan judulMengidap Penyakit Langka, Pria Ini Menjadi Manusia Pertama yang Hidup Tanpa Jantung

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Grid Health

Baca Lainnya