11 Poin yang Bisa Diambil dari Manfaat Konsumsi Buah Kurma Ajwa, Cocok untuk Menu Buka Puasa dan Sahur

Rabu, 29 April 2020 | 03:15
http://www.friedchillies.com

Kurma Ajwa atau disebut juga 'kurma Nabi'

GridHype.ID - Bulan ramadan adalah bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia.

Memasuki hari ke-4 puasa ramadan tentunya kamu harus tetap semangat ya.

Mulai dari sahur hingga buka puasa kita harus menahan rasa haus dan lapar ketika menjalankan ibadah puasa ramadan.

Baca Juga: Suka Gorengan? Yuk Intip Tips Jitu agar Tetap Aman Mengonsumsinya saat Bulan Ramadan

Ketika berbuka puasa, umat muslim pun dianjurkan untuk mengonsumsi buah asal timur tengah, buah kurma.

Nabi Muhammad (ﷺ) berkata: "Jika seseorang mengambil tujuh kurma Ajwa di pagi hari, sihir atau racun tidak akan melukainya pada hari itu." Sahih al-Bukhari 5779.

Al-Quran dan Hadits sangat menekankan manfaat mengonsumsi kurma Ajwa.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Sunnah Nabi, Ini yang Menjadi Alasan Mendahulukan Makan Kurma Saat Berbuka Puasa

Menjadi Muslim, adalah keyakinan bahwa setiap kata yang dikatakan oleh Nabi Muhammad (ﷺ) adalah benar sehingga Hadis ini tentang kurma Ajwa tidak bisa salah.

Mempertimbangkannya, banyak penelitian telah dilakukan tentang manfaat makan kurma Ajwa.

Berikut ini seperti dilansir dari muslimvillage, adalah beberapa poin yang bisa diambil dari penelitian tersebut.

Baca Juga: Jadi Buah Khas Ramadan, ini Dia Deretan Kurma Termahal di Dunia Berikut Keistimewaanya

1. Science memberi tahu kita bahwa kurma ini dipenuhi dengan mineral penting dan berbagai nutrisi lain yang membantu tubuh kita tumbuh, sembuh, dan terus berfungsi secara normal.

Nutrisi ini terdiri dari kalium yang penting untuk kehidupan dan vital bagi jantung. Kurma Ajwa juga mengandung magnesium yang membantu menjaga ritme jantung tetap dan membuat tulang kuat.

2. Kurma Ajwa juga mengatur tekanan darah dan membantu fungsi ginjal lebih baik.

Baca Juga: Bulan Ramadan Telah Tiba, Ini 5 Alasan Kenapa Buah Kurma Wajib Ada saat Buka Puasa

3. Kalsium yang baik untuk tulang dan gigi dan memainkan peran penting seperti transmisi sinyal saraf juga ditemukan dalam kurma Ajwa.

4. Makan Ajwa tanggal setiap hari dapat melindungi terhadap penyakit seperti aterosklerosis yang merupakan faktor utama dalam sebagian besar serangan jantung dan stroke.

5. Mengonsumsi kurma Ajwa juga membantu meringankan rasa sakit saat melahirkan.

Dibandingkan dengan makanan normal yang kita makan setiap hari kita memperoleh lebih banyak nutrisi dan mineral serta asam amino per sajian.

Baca Juga: Bulan Ramadan Telah Tiba, Ini 5 Alasan Kenapa Buah Kurma Wajib Ada saat Buka Puasa

6. Kurma Ajwa juga mengandung persentase tinggi karbohidrat, 15 garam dan mineral, 14 jenis asam lemak, 23 asam amino, enam vitamin dan banyak serat makanan.

7. Menurut survei baru-baru ini di bidang medis, secara umum diakui bahwa konsumsi kurma Ajwa juga membantu mencegah kanker perut.

8. Kurma membantu menenangkan perasaan lapar saat nutrisi dari kurma diserap. Kurma Ajwa juga merupakan salah satu makanan paling serbaguna yang membantu proses pencernaan.

9. Dipercaya bahwa konsumsi kurma Ajwa membantu menjaga mata sehat sepanjang hidup dan membantu mencegah kebutaan malam.

Baca Juga: 5 Khasiat Rutin Konsumsi Jus Kurma, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker!

10. Energi yang ditemukan dalam kurma Ajwa dapat digunakan oleh pasangan untuk membantu mereka hamil dan sangat meningkatkan libido mereka.

11. Kurma Ajwa juga merupakan alternatif yang bagus untuk minuman olahraga dan minuman berenergi yang orang makan di gym.

Penggemar olahraga dapat menikmati milkshake Ajwa tanggal dasar yang akan memberi mereka lebih banyak kekuatan dan perbaikan otot daripada protein shake atau minuman olahraga yang ditemukan di pasar.

Tidak lupa, mereka bebas dari bahan pengawet dan bahan kimia dan tidak akan membahayakan tubuh, dalam jangka panjang, sesuatu yang dilakukan minuman olahraga ini pada tubuh.

Baca Juga: Tak Banyak Orang Tahu, 8 Makanan Ini Tahan Bertahun-tahun Meski Tanpa Bahan Pengawet

Pentingnya kurma dalam Islam

Pentingnya kurma dalam Islam dapat dilihat ketika umat Islam di seluruh dunia berbuka puasa dan menutup puasa dengan makan kurma dan air, ini membantu mencegah umat Islam makan berlebihan setelah tidak makan atau minum apa pun dari matahari terbit sampai matahari terbenam.

Islam telah mengajarkan kepada kita hal-hal yang sejalan dengan sains sehingga baik sains maupun agama tidak dapat setuju pada kenyataan bahwa salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk diri sendiri adalah mengkonsumsi kurma dalam bentuk apa pun yang paling kamu sukai, dan itu adalah salah satu investasi untuk diri kamu sendiri yang tidak ingin kamu lewatkan.

Artikel ini telah tayang di Intisari-Online.com dengan judul Memasuki Bulan Ramadhan, Ini Manfaat Kurma Ajwa Madinah, Salah Satunya untuk Kesehatan Jantung karena Kandungan Mineral ini di Dalamnya(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : intisari-online.com

Baca Lainnya