Pertajam Daya Ingat hingga Buat Tidurmu Lelap, Beragam Manfaat yang Jarang Diketahui dari Kebiasaan Menulis Buku Harian!

Senin, 27 April 2020 | 08:55
Freepik.com

Ilustrasi menulis buku harian

GridHype.ID - Mungkin di zaman ini kebiasaan menulis buku harian atau buku diary mulai ditinggalkan.

Tak semua orang memang menyukai kegiatan menulis.

Namun di masa yang serba tak pasti ini tak ada salahnya untuk mulai membuat jurnal kita sendiri.

Baca Juga: Meski Sehat, Namun Bagi Kamu yang Memiliki Kondisi ini Sebaiknya Jangan Mengkonsumsi Bawang Putih, Bisa Sebabkan Pendarahan yang Berlebih

Berbagai manfaat menulis buku harian untuk diri sendiri ini rupanya sayang untuk dilewatkan, lho!

Mengenal Diri Sendiri

Ada beberapa momen ketika kita merasa hidup terlalu monoton atau enggak menarik, sedangkan kita sendiri enggak tahu apa yang sebetulnya sedang pengin kita lakukan.

Nah, dengan menulis di buku harian atau jurnal, kita bisa pelan-pelan menemukan tujuan hidup dan hal-hal lainnya mengenai diri kita sendiri yang selama ini mungkin enggak kita sadari.

Cobalah menulis hal-hal yang kita sukai atau enggak disukai, daftar aktivitas yang pengin dilakukan, kelebihan dan kekurangan diri sendiri, cara kita memandang hidup, dan sebagainya.

Dengan demikian, kita akan mulai lebih memahami diri sendiri.

Meredakan Stres

Saat stres, isi kepala kita seakan penuh sesak dan kadang kita bingung mengatasinya, apalagi ketika enggak ada orang yang mampu mendengarkan segala curhat kita.

Baca Juga: Terancam Dipecat Gara-gara Pernyataan Soal Hamil karena Berenang, KPAI Bakal Rekomendasikan Pemecatan Sitti Hikmawatty Meski Telah Minta Maaf

Kalau begitu, tulislah berbagai hal atau keluh kesah kita di buku harian agar kita dapat merasa sedikit lebih tenang dan suasana hati menjadi lebih baik.

Bagi orang-orang dengan kondisi mental tertentu, rutin menulis dan menuangkan perasaan di buku harian juga baik untuk memperbaiki kondisi psikologis.

Menajamkan Ingatan

Ada beberapa orang yang melatih dan mengasah kemampuan ingatannya dengan menulis.

Menulis buku harian juga dapat membantu kita untuk mengingat hal-hal kecil dan terperinci dengan lebih baik dan tajam.

Kita jadi dapat mengingat detil suatu kejadian jika kita menuliskannya dengan segera, termasuk waktu dan lokasi di mana momen itu terjadi.

Melatih Daya Pikir

Selain daya ingat, daya pikir kita juga ikut terasah berkat kebiasaan menulis.

Baca Juga: Demam Drama Korea 'The Wold of The Married', Ahli Ungkap Jika Sekali Orang Berselingkuh akan Kambuh di Kemudian Hari

Kemampuan berpikir kita akan terbentuk secara langsung maupun enggak langsung saat kita menulis secara kronologis dan terperinci, juga menambahkan berbagai keterangan yang mungkin akan kita butuhkan di masa mendatang.

Sementara itu, kita pun akan membuat otak bekerja lebih baik saat memikirkan pemilihan dan penempatan kata-kata yang tepat dalam tulisan kita.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Rupanya menulis jurnal atau buku harian bisa membuat tidur kita lebih nyenyak!

Gangguan atau kesulitan tidur biasanya disebabkan oleh stres, kegelisahan, atau kecemasan yang kita alami.

Menulis dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut.

Baca Juga: Usai Dapat Pujian, Pemerintah Tiongkok Rupanya Banyak Manipulasi Data Soal Virus Corona, Selain Kecilkan Jumlah Korban yang Meninggal Akibat Covid-19, Ternyata Tiongkok Juga Tak Jujur Ungkapkan Hal Ini

Coba tuliskan hal-hal positif atau apapun yang ada di pikiran kita di atas kertas hingga kita merasa lebih rileks dan tenang.

Dengan demikian, tidur kita akan lebih nyenyak dan berkualitas.

(*)

Artikel ini telah tayang di Cewek Banget dengan judul Redakan Stres & 4 Manfaat Lain Bisa Didapat dari Kebiasaan Menulis Buku Harian!

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : cewek banget.id

Baca Lainnya