Makan Sepotong Timun yang Disimpan di Dalam Kulkas, Nasib Bocah 4 Tahun ini Berakhir Kritis, Ternyata Hal ini yang Jadi Penyebabnya

Minggu, 19 April 2020 | 07:05
Kolase Grid.ID

Anak Berusia 4 Tahun ini Berkahir Kritis Usai Makan Sepotong Mentimun

Gridhype.id– Seorang bocah berusia 4 tahun ini nyaris kehilangan nyawanya usai diketahui mengonsumsi sepotong mentimun.

Bocah yang diketahui berasal dariXiamen, Tiongkok ini berakhir dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Melansir Tomson Health melalui Toutiao (26/7/19),iamenerima tranfusi darah sebanyak 7 kali karena kondisinya.

Baca Juga: Nggak Perlu Repot ke Klinik Kecantikan, Hilangkan Noda Bekas Jerawat di Wajah dengan Masker Alami Berikut ini, Semua Bahannya Ada di Dapur

Awalnya dokter mencurigai penyebabnya adalah penyakit serius, namun dia menyimpulkan bahwa penyebab sebenarnya adalah setengah mentimun yang dimakannya.

Rupanya, dia menyimpan setengah mentimun yang disimpan di lemari es, dan kemungkinan terinfeksi oleh jamur mematikan listeria.

Keracunan listeria bisa menyebabkan demam tinggi yang menyebabkan sakit kepala muntah dan gejala lainnya, hal ini bisa menyebabkan konsekuensi parah dan berbahaya seperti sepsis dan meningitis.

Baktei ini bisa menyebabkan keracunan makanan di musim panas jauh lebih banyak daripada listeria, dan banyak pembunuh tak kasat mata yang bersembunyi di meja Kamu.

Baca Juga: Sering Disepelekan, Padahal Kesemutan Bisa Jadi Pertanda Jika Kamu Terkena 5 Penyakit Berikut ini, Salah Satunya Mematikan

womenshealthmag.com
womenshealthmag.com

Ilustrasi mentimun

Juga lemari es adalah tempat terbaik untuk membiakkan bakteri, apalagi Kamu menyimpan buah yang sudah terkupas kulitnya di dalam lemari es.

Itu tentu akan sangat membahayakan, banyak bakteri yang bisa bertahan pada suhu lemari es.

Sederhananya, mulai bakteri ringan yang menyebabkan diare, sakit perut, hingga menyebabkan infeksi usus seperti termifilik, e coli dll.

Dianjurkan bagi Kamu untuk tidak menyimpan potongan buah terlalu lama di dalam lemari es, dan hanya dianjurkan hanya 12 hingga 24 jam.

Baca Juga: Ahli Gizi Rekomendasikan 16 Jenis Makanan ini Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Terinfeksi Corona

Namun, jika terpaksa untuk menyimpannya di lemari es, Kamu sebaiknya membungkusnya dengan plastik khusus untuk menyimpan buah, dan pastikan kebersihannya.

Meskipun, pada dasarnya tidak dianjurkan untuk menyimpannya dengan pembungkus plastik sembarangan.

Bungkus dengan plastik bening yang biasanya untuk membungkus buah dengat erat dan pastikan untuk memeriksa suhu pendingin lemari jaga suhunya di bawah 4 derajat celcius.

Untuk makanan dalam lapisan cold storage, waktu penyimpanan tidak boleh terlalu lama, jika disimpan terlalu lama bisa membeku.

Kulkas Kamu juga harus sering dibersihkan, makanan yang telah memburuk di dalam kulkas sebaiknya dibuang dan dibersihkan. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari online dengan judul,“Makan Potongan Mentimun, Bocah Ini Berakhir Kritis, Kebiasaan Sepele Saat Makan Mentimun Ini Jadi Penyebabnya”

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya