Sebelum Menghilang Usai Ungkap Rahasia Besar Virus Corona, Ilmuwan China Beri Peringantan Ini!

Sabtu, 18 April 2020 | 15:45
whatdidyousay.org

Ilmuwan Shi Zhengli di laboratorium.

GridHype.ID - Kasus virus corona memang muncul pada akhir tahun 2019, sebelum virus ini merebak ke seluruh dunia.

Bahkan laboratorium di Wuhan China dilaporkan pernah melakukan percobaan pada kelelawar dari gua yang dianggap sebagai ground zero, pandemi virus corona bertahun-tahun lalu.

Menurut laporan, ilmuan dari Institute Virologi di Wuhan telah menyelidiki mamalia terbang itu dari gua-gua Yunnan sejak 2011 silam.

Di mana virus mematikan itu muncul dari hewan itu.

Baca Juga: 4 Warna Lipstik Paling Cocok Berdasarkan Golongan Darah, Yuk Kepoin!

Kemudian, penelitian itu menerbitkankannya pada November 2017 dengan judul "Penemuan gen yang kaya virus corona terkait SARS yang memberikan wawasan baru tentang SARS."

Ilmuan yang meneliti kasus pertama virus corona adalah Dr Shi Zhengli, dari China.

Dia adalah ilmuan luar biasa yang berhasil mengungkap detail soal virus corona.

Sayangnya, menurut laporan Daily Star, Dr Shi Zhengli dinyatakan menghilang, usai membuat penelitian tersebut.

Shi Zhengli sendiri adalah peneliti pertama Covid-19 yang membuka kode genetik penyakit ini, bahkan sudah memperingatkan dunia untuk mencegah wabah di masa depan.

Baca Juga: Terdengar Gemuruh Disangka Pesawat Jatuh, Ternyata Patung Raksasa Tertinggi di Asia Tenggara Runtuh!

Dalam periode 7 hari krusial, China justru menahan informasi itu tentang krisis yang terjadi pada seluruh dunia, karena saat itu banyak orang China mulai meninggal di Wuhan, ungkap Dr Shi Zhengli.

Dia mengklaim bahwa jika dia tidak melaporkan temuannya akan memicu kekhawatiran akan ditutup-tutupi oleh pihak berwenang.

Memiliki 16 tahun pengalaman, Shi Zhengli disebut sebagai salah satu pakar virus corona yang paling terkenal di dunia.

Dia mengurutkan penyakit dari tahap awal, dan menemukannya mirip dengan SARS yang mematikan yang telah mengancam China pada tahun 2000-an.

Baca Juga: Cantik dan Menawan, Siapa Sangka 5 Artis ini Rupanya Miliki Darah Biru, Masih Keturunan Bangsawan

Dr Shi Zhengli mengidentifikasi virus corona baru hanya dalam waktu 3 hari dan diurutkan menemukan 96% mirip dengan virus di kelelawar Yunnan, yang diteliti sejak 2011 silam.

Awalnya dia takut jika virus itu mulai membunuh banyak orang di kota dan bocor dari labnya di Wuhan.

Dia mengatakan, "Saya tidak pernah berharap hal seperti ini terjadi di Wuhan, di China Tengah, saya berpikir bisakah mereka datang dari lab kami?"

Namun dia sebelumnya telah memberikan peringatan sebelum akhirnya keberadaannya diberangus, tetapi lapora rahasia mengatakan pejabat China turun tangan untuk menghentikannya berbicara.

Sebelum menghilang, wartawan Gao Yu mewawancarai Dr Shi Zhengli yang terkunci di Wuhan memberi tahu bahwa semuanya ditutup-tutupi, lapor Daily Mail.

Baca Juga: Kapan Social Distancing akan Berakhir? Begini Hasil Studi Harvard

Dr Shi Zhengli mengatakan, "Kami mengetahui bahwa lembaganya menyelesaikan tes sekuensing gen terkait pada 2 Januari tetapi diberangus."

Temuan sejak saat itu dirilis dan sedang digunakan sebagai bagian dari upaya dunia untuk menemukan vaksin.

Kelelawar, diyakini oleh banyak ilmuwan sebagai jantung dari 6 wabah virus corona, termasuk pandemi Covid-19 yang kini sedang berlangsung.

Namun, tidak jelas bagaimana bisa menyebar sampai ke manusia.

Pesan terakhir Shi Zhengli sebelum menghilang adalah, krisis saat ini adalah seruan untuk membangun dunia, tindakan harus diambil sekarang untuk mencegah pandemi global terjadi.

Baca Juga: Bikin Video Pura-pura Kesurupan dan Hanya Pakai Celana Dalam, Youtuber Medan Ini Diserbu Ormas, Lantaran Dianggap Hina Umat Muslim

"Apa yang kami temukan adalah sebagian kecil, misi harus berlanjut, virus corona ditularkan oleh kelelawar akan menyebabkan lebih banyak wabah dan kita harus menemukannya, sebelum mereka menemukan kita," katanya.

Sementara itu China sendiri merevisi jumlah kematian, karena didesak dunia telah menutupi jumlah korban sebenarnya.

Jumlahnya meningkat 50% dari jumlah korban awal, dengan tambahan seribu lebih korban dinyatakan meninggal dunia.

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Menghilang Usai Mengungkap Rahasia Besar Virus Corona, Ilmuwan China Ini Sempat Berikan Peringatan Terakhir Soal Virus Corona, Begini Bunyinya

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya