Jadi Negara dengan Infeksi Virus Corona Tertinggi di Dunia, Amerika Serikat Justru Diprotes Demonstran Bersenjata untuk Segera Cabut Lockdown Karena Alasan Ini

Sabtu, 18 April 2020 | 15:30
Instagram/CBSnews

Bak Siap Perang, Sambil Menenteng Senapan Canggih, para Demonstran di AS Menentang Lockdown, 'Kita Tak Bisa Kalahkan Virus Ini'

GridHype.ID - Amerika bisa dikatakan sebagai negara yang saat ini menjadi episentrum kasus virus corona.

Bagaimana tidak kasus infeksi virus corona di Amerika sudah mencapai 700 ribu lebih.

Bahkan saat ini, Amerika Serikat dihadapkan pada masalah baru.

Para gubernur AS sedang sibuk mempertimbangkan tentang rencana untuk mulai mengurangi segala pembatasan terkait dengan pandemi Corona.

Baca Juga: Cantik dan Menawan, Siapa Sangka 5 Artis ini Rupanya Miliki Darah Biru, Masih Keturunan Bangsawan

Hal ini seiring dengan pernyataan dari Presiden AS Donald Trump yang menyatakan bahwa segala pembatasan terkait pandemi Corona akan berakhir lebih cepat sebelum 1 Mei.

Namun, beberapa warga Amerika Serikat nampaknya sudah sangat tidak sabar dengan pembatasan tersebut.

Mereka mendesak para gubernur untuk melonggarkan aturan ketat mengenai perdagangan, pekerjaan dan kehidupan sehari-hari, yang menurut departemen kesehatan sepatutnya dihindari karena dapat membahayakan nyawa.

Di Michigan, ribuan demonstran yang dimobilisasi oleh kelompok-kelompok konservatif menciptakan kemacetan lalu lintas di jalan-jalan di sekitar State Capitol di Lansing.

Baca Juga: Ramai Beredar Foto Ariel Noah Berpakaian Tenaga Medis Bak Relawan Covid-19, Ternyata Inilah yang Ia Lakukan Sebenarnya

Mereka mengatakan pembatasan untuk mencegah penyebaran virus menghancurkan bisnis kecil.

Di Frankfort, Ky., puluhan orang berteriak melalui jendela gedung Capitol, hampir menenggelamkan Gubernur Andy Beshear, seorang Demokrat, ketika ia mengadakan konferensi pers.

Sementara di Raleigh, N.C., setidaknya seorang wanita ditangkap selama protes yang menarik lebih dari 100 orang yang menentang aturan tinggal di rumah, The News & Observer melaporkan.

Protes-protes lain diperkirakan akan bermunculan di beberapa wilayah, termasuk Texas, Oregon dan California, karena dampak ekonomi dan kesehatan dari virus corona meningkat di seluruh negeri.

Dalam empat minggu terakhir, lebih dari 22 juta orang Amerika telah mengajukan tunjangan pengangguran.

Baca Juga: Kapan Social Distancing akan Berakhir? Begini Hasil Studi Harvard

Sementara para ahli kesehatan masyarakat memperingatkan bahwa kembali ke perilaku normal terlalu cepat - terutama dengan kelangkaan tes yang terus menerus - dapat memperburuk penyebaran virus, yang telah menewaskan lebih dari 30.000 orang di Amerika Serikat.

Instagram/CBSnews
Instagram/CBSnews

Bak Siap Perang, Sambil Menenteng Senapan Canggih, para Demonstran di AS Menentang Lockdown, 'Kita Tak Bisa Kalahkan Virus Ini'

Demonstrasi tersebut mencerminkan frustrasi ekonomi dan perpecahan politik. Pada aksi unjuk rasa baru-baru ini di Ohio, New York dan Michigan, banyak organisator dan demonstran, beberapa datang lengkap dengan senjata, disejajarkan dengan aktivis anti-pemerintah di kelompok kanan dan libertarian.

Baca Juga: Terdengar Gemuruh Disangka Pesawat Jatuh, Ternyata Patung Raksasa Tertinggi di Asia Tenggara Runtuh!

Setidaknya satu pemrotes di Michigan mengibarkan bendera Konfederasi dengan gambar pistol. Yang lain melambaikan spanduk untuk mendukung Trump dan memprotes Gubernur Gretchen Whitmer, seorang Demokrat yang telah menjadi sasaran kemarahan Trump, dengan meneriakkan, "Kunci dia."

Lebih banyak memilih pembatasan

Jajak pendapat menunjukkan bahwa kebanyakan orang Amerika mendukung pembatasan yang dimaksudkan untuk memerangi virus.

Dalam survei Pew Research baru-baru ini, 66 persen responden mengatakan mereka khawatir pemerintah negara bagian akan mencabut pembatasan terlalu cepat.

Baca Juga: Bikin Video Pura-pura Kesurupan dan Hanya Pakai Celana Dalam, Youtuber Medan Ini Diserbu Ormas, Lantaran Dianggap Hina Umat Muslim

Instagram/cbsnews
Instagram/cbsnews

Bak Siap Perang, Sambil Menenteng Senapan Canggih, para Demonstran di AS Menentang Lockdown, 'Kita Tak Bisa Kalahkan Virus Ini'

Tetapi, di beberapa negara bagian seperti Michigan warga justru sangat mendesak penghentian pembatasan karena benar-benar merasa tersiksa secara ekonomi.

Demonstrasi berlangsung saat gubernur di seluruh negeri menghadapi tekanan yang meningkat untuk melonggarkan beberapa pembatasan.

Di Michigan saja, lebih dari 1 juta orang - kira-kira seperempat dari angkatan kerja negara bagian - telah mengajukan tunjangan pengangguran.

Baca Juga: Unggah Foto Mantan Istri dan Anak dengan Caption Menyentuh Hati, Gading Marten Diserbu Netizen!

"Inti dari kekhawatiran ini adalah bahwa, lihat, kita tidak bisa mengalahkan virus ini tanpa vaksin atau kekebalan komunitas," kata Greg McNeilly, seorang konsultan Partai Republik.

"Dan sekarang ini rasanya seperti para pembuat kebijakan kita, negara bagian dan federal, lebih memilih rasa takut daripada mengatakan, 'Bagaimana kita bisa hidup dengan aman dengan ini?'"

"Itu adalah kampanye politik yang akan membahayakan nyawa orang karena inilah tepatnya bagaimana Covid-19 menyebar," kata Whitmer di MSNBC.

Banyak aksi unjuk rasa di seluruh negeri mencapai orang-orang melalui halaman Facebook yang konservatif dan kepribadian yang mempromosikan acara tersebut.

Suzzanne Monk, seorang aktivis politik di Washington, D.C., yang mengadvokasi Trump, mengatakan bahwa ia telah menciptakan halaman ReOpen America di Facebook, dan komite aksi politik yang sesuai, setelah mendengar dari orang-orang yang kehilangan pekerjaan karena lockdown.

Di halamannya, dia membagikan video dari kalangan konservatif dan mempromosikan pembuatan acara khusus negara.

Baca Juga: Hindari 7 Kesalahan Memakai dan Memilih Celana Dalam, Berpotensi Sebabkan Kanker

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Bak Siap Perang, Sambil Menenteng Senapan Canggih, para Demonstran di AS Menentang Lockdown, 'Kita Tak Bisa Kalahkan Virus Ini'

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya