Dianggap Sepele, 5 Kebiasaan Saat Bangun Tidur Pagi ini Justru Bisa Jadi Pemicu Kita Terkena Kanker

Minggu, 12 April 2020 | 10:30
freepik.com

Waspada, ini 5 Kebiasaan Pagi yang Dianggap Sepele Namun Bisa Meningkatkan Risiko Penyakit Kanker

Gridhype.id- Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja.

Untuk itu, membiasakan diri dengan pola hidup sehat sangat diperlukan.

Bukan hanya mengatur pola makan dan rajin olahraga, ada beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya kita hindari.

Contohnya kebiasaan di pagi hari berikut ini yang sebaiknya tak lagi kamu lakukan karena bisameningkatkan risiko penyakit kanker.

Nah, berikut beberapa gaya hidup serta kebiasaan kita di pagi hari ini yang wajib kamu waspadai.

Baca Juga: Penelitian Terbaru Sebut Pasien Virus Corona yang Sembuh Berpotensi Alami Kerusakan Tubuh Sepanjang Hidup

1. Melewatkan sarapanHasil penelitian menunjukkan bahwa melewatkan sarapan dikaitkan dengan meningkatnya risiko kematian akibat penyakit peredaran darah dan kanker pada perempuan maupun laki-laki.Japan Collaborative Cohort (JACC) Study for Evaluation of Cancer Risks melakukan penelitian tersebut di Jepang.Tidak sarapan juga dihubungkan dengan penyebab lain yang bisa menambah kemungkinan terkena kanker seperti kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, aktivitas fisik, durasi tidur, status perkawinan, jadwal kerja, asupan energi total, waktu makan malam, dan frekuensi makanan ringan.

Baca Juga: Kisah Colleen Stan, Diculik dan Disekap dalam Peti Mati Selama 7 Tahun Hingga Jadi Budak Seks, Saat Bebas Justru Ingin Kembali Pada Sang Penculik

2. Tidak memakai tabir surya

Cultura RF
Sporrer/Rupp

Smiling woman applying sunscreen to face

Terkadang banyak yang melupakan hal penting ini di pagi hari, terutama saat cuaca mendung atau matahari belum terik.Padahal,memakai tabir surya begitu penting untuk mencegah kanker kulit.Saat cuaca mendung misalnya, sebetulnya radiasi ultraviolet masih sampai ke bumi sekitar 40%.

Untuk mendapatkan manfaat penuh, oleskan tabir surya sekitar 15 sampai 30 menit sebelum menuju ke luar ruangan.Moms juga sebaiknya mengaplikasikan kembali setiap dua jam, atau setelah berenang maupun berkeringat.Tabir surya yang disarankan ialah yang mengandung SPF diatas 30.

Baca Juga: Berakibat Fatal, Jangan Lagi Taruh Atau Letakkan 5 Benda ini di Dekat Kulkas, Bisa Picu Ledakan

3. Mengonsumsi minuman panasWHO mengatakan bahwa minuman panas seperti kopi, teh dan coklat termasuk dalam daftar penyebab kankerBadan Internasional untuk Riset Kanker (IARC), terdiri dari 23 ilmuwan dari 10 negara, mengkaji sekitar 1.000 studi yang menyelidiki hubungan antara minuman dengan suhu tinggi dan potensi keterkaitannya dengan kanker.Berdasarkan bukti yang ada, mereka menyimpulkan bahwa meminum minuman yang sangat panas dikaitkan dengan risiko kanker kerongkongan yang lebih tinggi.Minuman panas yang dimaksud ialah yang bersuhu 65 derajat celcius.

Baca Juga: Jangan Lagi Malas Ganti Sprei Temopat Tidur, Jika Tak Ingin 5 Dampak Buruk Berikut ini

4. MerokokKebiasaan merokok sudah jelas bisa menyebabkan berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, hati, dan ginjal.Pagi hari merupakan saat yang tepat untuk memberi asupan yang baik untuk memulai hari.Bila rokok yang dikonsumsi pertama kali, tubuh akan terbebani karena kontaminasi berbagai zat berbahaya.

Baca Juga: Rumah Mewah 3 Lantai Presenter Kondang ini Disebut Punya Aura Mistis Hingga Dihuni Belasan Mahkluk Gaib, Tetangga Ungkap 'Sosok' yang Kerap Muncul

5. Bangun tidur di depan TV

Pexels/Lisa Fotios
Pexels/Lisa Fotios

Ilustrasi menonton televisi

Seseorang yang terbiasa tertidur didepan TV atau komputer, lalu masih terbangun dengan kondisi TV yang masih menyala, bisa berisiko terkena kanker, Moms.Studi menunjukkan bahwa mengekspos tubuh ke TV pada malam hari meningkatkan risiko kanker tertentu, seperti payudara dan prostat.Penelitian ini dimuat dalam jurnal Environmental Health Perspectives.

Baca Juga: Dari Temboknya Mengalir Cairan Kental dan Berbau Busuk, Betapa Terkejutnya Pria ini Saat Tau Sumber Cairan Tersebut Berasal dari Mayat

6. Mengonsumsi daging yang dimasak dengan tidak tepat.Mengonsumsi daging yang dimasak dengan suhu sangat tinggi pun berisiko terkena kanker, terutama saat dikonsumsi di pagi hari.Pemasakan seperti itu bisa menghasilkan HCA (amina heterosiklik) dan PAH (hidrokarbon aromatik polisiklik), bahan kimia yang telah terbukti menyebabkan perubahan pada DNA yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Penelitian pada hewan menyebabkan perkembangan tumor di payudara, usus besar, prostat, dan organ lainnya.Nah Moms, hindari 6 jenis kebiasaan di atas ya agar tidak meningkatkan risiko kanker. (*)Artikel ini pernah tayang di Nakita.grid.id dengan judul6 Kebiasaan Pagi Hari Ini Jadi Penyebab Kanker, Nomor 3 Enggak Nyangka

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : nakita

Baca Lainnya