Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Cegah Corona, Berikut Dosis Vitamin C yang Tepat untuk setiap Orang

Senin, 30 Maret 2020 | 11:55
Freepik

Vitamin C cegah virus corona

GridHype.ID - Di tengah merebaknya virus corona (Covid-19) di Indonesia, pemerintah mengimbau agar kita melakukan social distancing.

Yakni melakukan isolasi mandiri, belajar, bekerja, dan beribadah di rumah.

Namun, selain isolasi mandiri, kita juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh tetap sehat.

Baca Juga: Vitamin C Sulit Didapat karena Jadi Incaran di Tengah Kepanikan Virus Corona? Tenang, Berikut Vitamin yang Tak Kalah Ampuh untuk Tingkat Daya Tahan Tubuh

Salah satu asupan gizi yang kita perlukan adalah vitamin C.

Vitamin C dinilai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu mencegah terserang penyakit termasuk Covid-19.

Selain melalui suplemen, vitamin C dapat kita dapatkan dari berbagai macam makanan, seperti jeruk, tomat, kentang, jabu biji, dan sebagainya.

Baca Juga: Ahli Virus Ungkap Konsumsi Vitamin Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Guna Memerangi Corona

Meski begitu, kita harus mengetahui terlebih dahulu dosis dan kebutuhan konsumsi vitamin C setiap orang.

Kebutuhan tubuh akan vitamin C berbeda-beda setiap orang, tergantung dengan kondisinya.

Dilansir dari GridHealth, beberapa orang yang kekurangan vitamin c biasanya akan menunjukan gejala.

Baca Juga: Ikhlas Batalkan Acara Tahlilan 40 Hari karena Corona, Bunga Citra Lestari Berharap Teman-temannya Bisa Mendoakan Almarhum Meski di Rumah Masing-masing

Sebut saja, kulit kering atau berisik, lambat dalam penyembuhan luka, gusi berdarah, mimisan, memar, peningkatan berat badan, mudah lelah penurunan sistem kekebalan tubuh, penglihatan kabur, dan sendi membengkak atau mengalami peradangan.

Ahli gizi Katherine Zeratsky, RD, LD di Mayo Clinic mengatakan bahwa orang dewasa disarankan mengonsumsi vitamin C sebanyak 65 hingga 90 miligram (mg) dalam sehari, di mana batas atasnya adalah 2.000 mg sehari.

Perempuan yang berusia 14-18 tahun, Katherine mengatakan untuk mengonsumsi 80 mg vitamin c setiap harinya.

Baca Juga: Dokter Tirta Optimis Virus Corona Segera Berakhir Bila Warga Patuhi Kebijakan Pemerintah untuk Isolasi Diri di Rumah

Sementara untuk perempuan hamil, asupan vitamin c setiap harinya bertambah, yaitu 85 mg per hari.

"Batas atas aman untuk vitamin C adalah 2.000 miligram per hari, dan ada rekam jejak hebat dengan bukti kuat bahwa mengonsumsi 500 miligram setiap hari adalah aman," ujar Mark Moyad, MD, MPH dari University of Michigan.

Jika kamu memiliki anak berusia 4-8 tahun, kita bisa memberikan asupan vitamin c sebanyak 25 miligram per hari.

Baca Juga: Kasus Terus Bertambah Tiap Harinya! Dua Sosok Ini Malah Sebut Virus Corona Tak Akan Bertahan Lama dan Segera Berakhir

Selain dari suplemen, ada pun jumlah makanan yang dapat memenuhi jumlah vitamin C dalam tubuh, yaitu blewah (1 cangkir= 59 mg), jus jeruk (1 cangkir= 97 mg), brokoli (1 gelas= 74 mg), kubis merah (1/2 cangkir= 40 mg), kiwi (1 buah= 70 mg), atau jus tomat (1 cangkir= 45 mg).

Catatan penting lainnya, jangan terlalu banyak mengonsumsi vitamin C karena dapat menyebabkan diare, mual atau muntah, mulas, kram perut, sakit kepala, atau insomnia.

Artikel ini telah tayang di NOVA.ID dengan judul Tingkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Cegah Covid-19, Ini Dosis Vitamin C yang Tepat untuk Setiap Orang(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Nova.ID